alexa-tracking

Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581b039cdac13e6d3b8b4568/perekonomian-tak-terpengaruh-rencana-demonstrasi
Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi
Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi
Sejumlah anggota Brimob beraktivitas di aula kantor Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (1/11). Demonstrasi yang akan digelar Jumat (4/11) besok diperkirakan tak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian.
Rencana demonstrasi Jumat 4 November 2016 di Jakarta dinilai banyak kalangan tak berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Menurut Bank Indonesia (BI), faktor-faktor global dan arus modal asing lebih berpengaruh jika dibanding faktor internal.

"Jadi faktor-faktor global, arus modal asing masuk ini yang tadi akan memberi sentimen positif terhadap rupiah," kata Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di Kantor BI, Jakarta Kamis (3/11), seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Menurut Perry, penguatan rupiah dipengaruhi oleh arus modal yang masuk sejak awal tahun hingga akhir pekan lalu yang mencapai Rp157 triliun. "Kami tak melihat ada tanda-tanda (modal asing) itu kembali ke asing," tambahnya.

Perry mengatakan, saat ini rupiah tidak melemah dan bahkan cenderung menguat. Sebab pasar dan investor asing memandang ekonomi Indonesia sudah pulih sejak pertengahan tahun lalu.

Bahkan, Perry memperkirakan, arus modal masih akan masuk sehingga rupiah yang stabil dan penguatan rupiah masih akan berlanjut hingga akhir tahun.

Analis PT Danareksa Sekuritas Lucky Bayu Purnama menuturkan, keamanan memang menjadi salah satu alat ukur investasi. Keberadaan demonstrasi besok akan memberikan sentimen negatif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pergerakan nilai tukar rupiah.

Tapi pengaruh negatif ini tak akan lama. "Demonstrasi 4 November itu hanya memberikan sentimen jangka pendek saja," ujar dia seperti dinukil dari Liputan6.com.

Menurutnya, pelaku pasar membatasi kegiatan transaksi perdagangan saham. Mereka menunggu kondisi terbaru untuk antisipasi demonstrasi besok.

Pusat perbelanjaan dan mal di jalur demonstrasi seperti kawasan Thamrin dan Bundaran Hotel Indonesia juga akan tetap buka. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan, asosiasi mengimbau pengelola mal tetap buka. "Nggak ada yang tutup. Saya percaya besok aman, yang mau belanja ya belanja saja," ujarnya kepada detikFinance.

Sejumlah pedagang di kawasan bisnis Glodok, Tamansari, Jakarta Barat mengaku tidak akan terpengaruh dengan rencana demonstrasi. Mereka tetap akan membuka tokonya.

Menurut Jacky Setiono, Ketua Paguyuban Kota Tua yang juga pedagang di Glodok Lindeteves, sebagian besar pedagang tetap akan membuka toko. "Kan sudah dijamin oleh pemerintah keamanannya. Apalagi nantinya di kawasan Glodok akan ditempatkan aparat Brimob," kata dia kepada Poskota, Selasa (2/11).

Kantor pemerintahan akan tetap buka. Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta PNS di Jakarta tetap masuk kerja.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian PAN-RB Herman Suryatman ketentuan ini diatur dalam sudah diatur dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Aturan ini mengikat semua PNS. "Siapapun tanpa terkecuali," kata dia kepada Liputan6.com.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa lalu mengatakan pemerintah menjamin keamanan masyarakat Jakarta. "Polisi dan tentara sudah siap-siap. anda baca bahwa Brimob dari luar Jakarta juga sudah didatangkan," ujar Kalla seperti dinukil dari Tribunnews.
Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...na-demonstrasi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi Kabar bohong merayap jelang aksi 4 November

- Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi Penurunan Patung Buddha dan spanduk intoleran di Tanjungbalai

- Perekonomian tak terpengaruh rencana demonstrasi Mengenang Tsar Bomba, bom nuklir terbesar yang pernah diledakkan