alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581af38ce0522789388b4581/situs-megalitikum-termegah-indonesia-ini-membawamu-kembali-ke-zaman-purba
Situs Megalitikum Termegah Indonesia Ini Membawamu Kembali Ke Zaman Purba
Situs Megalitikum Termegah Indonesia Ini Membawamu Kembali Ke Zaman Purba


Pagi pagi makan pasta
Makan pasta bareng maya
Halo Agan dan Sista
Selamat datang dithread saya

emoticon-welcome emoticon-welcome


Situs Megalitikum Termegah Indonesia Ini Membawamu Kembali Ke Zaman Purba

Quote:Indonesia pernah mengalami dua kali zaman megalitikum, pertama pada tahun 2500-1500 SM. Pada zaman megalitikum Tua ini kebudayaan dari manusia sudah semakin tinggi dan meninggalkan benda-benda seperti menhir, punden berunak, dan arca yang bentuknya masih statis. Memasuki milenium pertama sebelum masehi muncullah zaman megalitikum muda ini kebudayaan sudah semakin maju dan mengenal adanya kepercayaan-kepercayaan. Zaman ini meninggalkan kubur baru, dolmen, sarkofagus, dan arca yang lebih dinamis.

Quote:Seiring dengan berjalannya waktu, dua zaman ini akhirnya hilang dan berganti kebudayaan baru dimulai dari munculnya kerajaan-kerajaan. Kawasan yang dulu digunakan untuk peradaban megalitikum ini akhirnya berubah menjadi sebuah situs sejarah yang tidak hanya indah tapi juga penuh misteri yang harus dipecahkan sesegera mungkin.emoticon-cystg

Berikut situs megalitikum termegah di Indonesia yang patut kamu kunjungi dan jelajahi seluruh isi di dalamnya.

Quote:1.Situs Gunung Padang – Cianjur, Jawa Barat
Situs Gunung Padang adalah sebuah kawasan purbakala terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas sekitar 900 meter persegi. Berada di ketinggian 885 mdpl, situs ini berisi batuan kuno yang berserakan. Beberapa peneliti yang memeriksa kandungan karbon mengatakan bawah bangunan ini berusia 4.700-10.900 tahun. Lebih tua dari piramida Giza yang ada di Mesir.
Spoiler for situs purba:

Para ilmuwan memperkirakan bahwa situs ini merupakan punden berundak yang sangat besar. Namun, satu fakta yang tidak bisa dielakkan adalah kawasan Indonesia memiliki peradaban kuno yang bahkan sejarah pun tidak mencatatnya. Bisa jadi peradaban itu jauh lebih maju di masa lalu sebelum akhirnya hancur dan ditemukan dalam bentuk reruntuhan.


Quote:2.Situs Lembah Bada – Poso, Sulawesi Tengah
Spoiler for buka sitik:

Situs megalitikum Lembah Bada terletak di Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Tengah. Di hamparan padang rumput yang ada di sini berdirilah beberapa batuan yang dipahat menyerupai manusia. Dari penelitian yang dilakukan, situs ini diperkirakan dibuat pada tahun 1.000 SM oleh penduduk di kawasan Semenanjung Malaka.


Quote:3.Situs Megalitikum di Pulau Nias, Sumatra Utara
Spoiler for situs di Nias:

Hingga sekarang, kebudayaan batu besar atau megalitikum masih ada di kawasan Pulau Nias. Hal ini terlihat dari kebiasaan penduduk yang masih menggunakan batu sebagai bagian dari tradisi. Misal lompat batu dan juga makam batu. Meski kebudayaan ini sudah mulai modern namun tradisi dari masa lalu masih dipertahankan dan terlihat sangat unik.


Quote:4.Situs Megalitikum Kampung Bena, NTT
Spoiler for coba buka:

Kampung Bena adalah sebuah kawasan pemukiman megalitikum yang masih bertahan hingga sekarang. Seperti halnya pemukiman yang ada di Nias, penduduk di sini masih mempraktikan kebudayaan dari masa lalu, misal untuk pembuatan bangunan dan penggunaan batu untuk sebuah makam dan juga tempat persembahan.


Itulah situs megalitikum yg masih ada di Indonesia, kita harus merawatnya jangan sampai peninggalan bersejarah itu hilang dan Kita patut berbangga sebagai orang Indonesia, karena Indonesia memiliki berbagai sejarah yg sangat unik dan menarik untuk di telitiemoticon-I Love Indonesia

Situs Megalitikum Termegah Indonesia Ini Membawamu Kembali Ke Zaman PurbaQuote:Sekian thread dari ane. Apabila ingin menambahkan lagi silahkan dikomenemoticon-Smilie
Jangan lupa di
emoticon-Rate 5 Star

Ane terima kalo diberiemoticon-Blue Guy Cendol (L) tapi gak terima kalo dikasihemoticon-Blue Guy Bata (L)

Jika ada yang share silahkanemoticon-Peace

Apabila ada yang ingin merekomendasikan trit ini jadi HT, silahkan klik Rekomendasi HT

emoticon-terimakasih


Silahkan mampir ke thread ane yg lainnya emoticon-Peace

Quote:"Bung Kecil" Dari Padang Panjang
7 Kejadian "MENGERIKAN" Yang Akan Terjadi Di Masa Depan
Ternyata 7 Tempat Kuman Ini Lebih Jorok Dari Toilet, Yuk Lihat Apa Aja Yg Termasuk
Sejarah Hari Ini (8 Agustus): Terbentuknya ASEAN
Sembuh Dari Penyakit Demam Berdarah Dengue



Situs Megalitikum Termegah Indonesia Ini Membawamu Kembali Ke Zaman Purba
bangga menjadi orang Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


tambahan dari kaskuser
Quote:Original Posted By morguev
nyumbang situs juga emoticon-Malu
Spoiler for :


Situs Sokoliman merupakan situs kepurbakalaan yang terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, tidak jauh (sekitar 5 km) dari objek wisata Gua Pindul. Situs ini berfungsi sama seperti situs Bleberan, di Kecamatan Playen, Gunungkidul, yaitu menampung dan mengamankan benda-benda cagar budaya, terutama yang bersifat megalitik, khususnya yang ditemukan di Desa Bejiharjo. Lokasinya berbatasan dengan lahan milik Perhutani yang ditanami kayu putih.

Di situs berukuran luas 2000 meter persegi ini dikumpulkan ratusan menhir (termasuk menhir arca), batu-batu penyusun kubur batu, serta punden yang sebelumnya terserak di kebun-kebun penduduk atau di lahan milik Perhutani. Sampai tahun 2014 terdapat 137 menhir, lima kubur batu (tidak lengkap), dan tujuh papan kubur batu. Selain itu terdapat satu punden yang dipindahkan dari sumber air di dusun tersebut, yang tiap tahun didatangi penduduk dalam rangka "bersih desa". Terdapat pula menhir arca "Mbah Gandhok" yang dipindahkan dari lahan milik penduduk untuk menghidari vandalisme.

Adanya peninggalan purbakala di kawasan ini diketahui setelah dilakukan penelitian awal oleh J.L. Moens dan van der Hoop pada tahun 1934. Mereka melaporkan adanya bekal kubur yang berbentuk manik-manik, alat-alat besi, fragmen gerabah, dan benda-benda perunggu di kawasan Dusun Gunungbang, Desa Bejiharjo, tempat ditemukannya beberapa kubur batu (sampai sekarang masih di lokasi).

Baik situs Sokoliman maupun situs Bleberan menunjukkan bahwa pada masa lalu, kawasan tepi Sungai Oya, yang membentuk Cekungan Wonosari (Wonosari Basin), telah menjadi tempat hunian manusia yang mengusung tradisi megalitik. Benda-benda yang terkumpul mengisyaratkan ritual yang terkait dengan kematian/penguburan. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya beberapa kerangka manusia di dekat penemuan menhir serta batu kubur tersebut.

pengen ke situs gunung padang emoticon-Mewek
TS Org purba juga kah ? emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By bodepelfada
pengen ke situs gunung padang emoticon-Mewek

emoticon-Traveller ayo kesana

Quote:Original Posted By rizalshinoda
TS Org purba juga kah ? emoticon-Leh Uga


ane orang masa depan yg dikirim sekarangemoticon-Cool
unik ya msih ad mpe skrng emoticon-Embarrassment
Ts nya ni homo ky nya..
Homo sapiens lehuga
Ane pernah tuh ke gunung padang, jalan menuju lokasinya keren, lewat bukit bukit gitu emoticon-Jempol


Mampir sini gan emoticon-Ngacir
[FR]Perjalanan Ane Ke Gunung Padang Yang Lebih Tua Dari Piramida Giza
mantap mantap situsnya ya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By poisonchiki
unik ya msih ad mpe skrng emoticon-Embarrassment

emoticon-Traveller udah pernah kesana cik?emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By shinehaterss
Ts nya ni homo ky nya..
Homo sapiens emoticon-Leh Uga

kok tau sih?emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By bogreeek
Ane pernah tuh ke gunung padang, jalan menuju lokasinya keren, lewat bukit buki gitu emoticon-Jempol

mantapemoticon-Wow
sayangnya ane belum kesana

Quote:Original Posted By handstylez
mantap mantap situsnya ya emoticon-Matabelo

emoticon-Toast situs yg menarik

Quote:Original Posted By sambal.ijo

emoticon-Traveller udah pernah kesana cik?emoticon-EEK!


kok tau sih?emoticon-EEK!


mantapemoticon-Wow
sayangnya ane belum kesana


emoticon-Toast situs yg menarik



keliatan sih dari ahsudahlah emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By sambal.ijo

emoticon-Traveller udah pernah kesana cik?emoticon-EEK!


kok tau sih?emoticon-EEK!


mantapemoticon-Wow
sayangnya ane belum kesana


emoticon-Toast situs yg menarik



blm pernah sih. . .
kmu mw ngjakin ngga?? emoticon-Malu
Quote:Original Posted By shinehaterss
keliatan sih dari ahsudahlah emoticon-Leh Uga

emoticon-Ngakak penghinaan nihemoticon-dor

Quote:Original Posted By poisonchiki
blm pernah sih. . .
kmu mw ngjakin ngga?? emoticon-Malu


ayo kesana barengemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By sambal.ijo

emoticon-Ngakak penghinaan nih:dor



ayo kesana barengemoticon-Traveller


mau kapan??
tpi jauh2 eh dri tempatq emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By poisonchiki
mau kapan??
tpi jauh2 eh dri tempatq emoticon-Embarrassment



yaudah gak jadi dehemoticon-Traveller
TS nya juga purba nih emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By sambal.ijo



yaudah gak jadi dehemoticon-Traveller


ih kamujahat kmu phpin aq emoticon-Frown
Quote:Original Posted By Abrakada.Blaze
TS nya juga purba nih emoticon-Leh Uga

emoticon-dor mungkin ente yg purba

Quote:Original Posted By poisonchiki
ih kamujahat kmu phpin aq emoticon-Frown


emoticon-Ngakak lagian tadi gak mau karena jauh
Quote:Original Posted By sambal.ijo

:dor mungkin ente yg purba

emoticon-Ngakak lagian tadi gak mau karena jauh


gpp sih jauh asal kmu jemput emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By poisonchiki
gpp sih jauh asal kmu jemput emoticon-Malu (S)



wogh rugi 2 kali itu namanyaemoticon-dor
×