alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581ad77c98e31bd04f8b4567/ngintip-program-iddc-tempat-ngumpulnya-desainer-amp-pelaku-usaha-di-indonesia
Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia
Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia

Sebenarnya nih gan, kalo ngelihat produk yang dimiliki pelaku usaha di Indonesia itu pada punya potensi yang perlu dikembangin nih gan! Sayang aja kalo karya atau produk mereka Cuma nangkring di dalam negeri aja, padahal kalo sebuah produk bisa nembus hingga diekspor ke luar negeri pastinya jadi sebuah kebanggan karena ga cuma dapetin uang aja, tetapi juga nama produk-produk Indonesia jadi makin cetar mendunia emoticon-Big Grin. Meskipun produknya sendiri harus memenuhi standar kualitas tersendiri agar biasa di ekspor.

Dan kalo ngomongin produk tentunya ga Cuma kualitas nya aja sih gan, tapi juga gimana dengan pengemasan dan strategi melihat peluang dan tren yang ada di pasaran juga penting. Makanya para pelaku usaha ini harus dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni buat ngebikin dan ngembangin berbagai produknya. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan bergabung bareng Indonesia Design Development Center (IDDC), karena melalui wadah yang satu ini agan bisa join untuk bisa menggunakan fasilitas dan pelayanan yang dimiliki Indonesia Design Development Center (IDDC) yang pastinya berguna buat pengembangan produk yang agan punya. Kebetulan karena ane udah pernah merapat langsung ke TKP dari IDDC, maka kali ini ane bakalan kasih bocoran tentang pelayanan yang ada di IDDC, yuk langsung cekidot info lengkapnya di bawah ini.
Quote:

Klinik Desain

Ini dia salah satu program yang ada di Indonesia Design Development Center (IDDC), sebuah kebanggan buat ane yang pernah meluncur ke TKP langsung sehingga bisa ngerasain kerennya kantor IDDC. Tapi hal ini sekeren dengan program Klinik Desain, program ini sebagai salah satu program andalan IDDC yang ngebantu pelaku usaha bertemu dan berkonsultasi tentang peningkatan nilai tambah serta daya saing produk melalui pengembangan desain. Melalui progam ini apabila agan sebagi pelaku usaha, agan bisa ketemu langsung dengan para Desainer. Agan bisa berkonsultasi atau mungkin bisa petunjuk untuk bisa membuat/ngembangin produk yang agan miliki. Nggak Cuma itu aja sih gan, agan juga bisa konsultasi tentang keahlian di bidang desain produk, grafis proses desain, hak desain, dan pengembangan usaha. Pastinya berguna banget buat ngembangin para pelaku usaha Indonesia karena bisa dapetin pengetahuan dari konsultasi dengan para Desainer terkait.
Buat agan yang rumahnya jauh, gak usah khawatir karena klinik ini juga melayani konsultasi online via BBM dan WA.

Seminar / Workshop Desain

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia
Berikutnya untuk menunjang fungsi dari IDDC, juga menghadirkan program Seminar / Workshop Desain Internasional yang bertujuan untuk bisa menginspirasi kreativitas desainer dan pelaku usaha yang menjadi peserta workshop dalam menciptakan/mengembangkan produk. Dan sejauh ini sih gan, salah satunya seminar/workshop yang diadakan pada tanggal 18 Maret 2016 di kota Cirebon, melalui seminar/workshop yang bertaraf Internasional ini udah ngedatengin Julian Reuter pemenang Gold German Design Award 2016 untuk kategori Excellent Product Design.

Pendampingan Desain / Design Dispatch Service

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia
Sebenarnya sih ga cuma kasih fasilitas dan layanan yang udah ane sebutin di atas aja gan, Indonesia Design Development Center (IDDC) ini juga memberikan fasilitas pendampingan desain dengan cara :
Peningkatan daya saing dan nilai tambah produk melalui pengembangan desain dengan mengirimkan desainer ke pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk membuat prototype produk baru sekaligus sebagai media untuk transfer ilmu desain dari desainer ke pelaku usaha.
Penciptaan prototype yang dibuat tentunya memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar tujuan ekspor, melalui pengembangan potensi lokal melalui program Pendampingan Desainer / Designer Dispatch Service (DDS).
FYI aja nih gan bahwa program ini sudah berjalan sejak tahun 2012, Nah, di tahun 2016 ini Program Pendampingan Desainer / Designer Dispatch Service (DDS) berfokus pada Produk Homedecor, Furniture dan Handicraft yang melibatkan pelaku usaha dari NTT, Palangkaraya, Bogor, Solo, Purwakarta, Jambi, Medan, Cilacap, jogjakarta, Surabaya dan Sawahlunto. Desainer yang ikut program inipun merupakan desainer yang dipilih lewat proses seleksi yang ketat buat ngejaga kualitas desain yang dibuat.
Hasil dari program pendampingan desain ini dipamerin di Trade Expo Indonesia yang merupakan pameran skala Internasional yang mengundang buyers dari seluruh dunia.

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia

Ngintip Program IDDC, Tempat Ngumpulnya Desainer & Pelaku Usaha di Indonesia

IDDC juga memberikan fasilitas untuk para desainer mengikuti kompetisi desain Internasional, di tahun 2016 udah ada dua produk yang dikirimkan ke kompetisi RED DOT di Jerman,
Selain program di atas yang udah berjalan, sebenarnya masih ada program menarik yang akan digelar di tahun depan yaitu program Seleksi Desain Nasional / Good Design Indonesia yang akan terkoneksi dengan Good Design Award – Jepang, dimana akan dipilih produk-produk dengan desain terbaik yang pemenangnya secara otomatis diberikan fasilitas untuk mengikuti kompetisi Good Design Award. FYI aja nih gan, Good Desain Indonesia ini sendiri merupakan suatu bentuk seleksi desain nasional untuk memilih produk yang memiliki daya saing. Nah, bagi yang punya desain terbaik, maka berhak diikut sertakan dan seluruh biayanya di tanggung oleh Indonesia Design Development Center (IDDC). Kalau produk agan menang di Good Design Award Jepang, maka produk agan berhak untuk pakai logo G-MARK yang bisa jadi penambah nilai jual produk-produk agan sekalian.
Spoiler for foto:



Gimana gan, setelah nyimak program IDDC, apakah agan udah kepingin join di Indonesia Design Development Center (IDDC)? Nyok gan, ajak saudara ataupun tetangga yang bergerak sebagai desainer atau pelaku usaha untuk gabung di IDDC karena sederet fasilitas dan program jadi tempat yang pas buat berkonsultasi dan dapetin update tren demi kemajuan usaha.
Itulah dia sedikit info tentang program yang dimiliki Indonesia Design Development Center (IDDC), buat agan aganwati yang masih penasaran dengan IDDC langsung aja meluncur ke TKP di :

website: iddc.kemendag.go.id
twitter: @id_designcenter
instagram: @id_designcenter
facebook: Indonesia Design Development Center

Sekian Info Dari Ane gan, Semoga Para Desainer dan Pelaku Usaha Indonesia Makin Sukses!
Thanks Kaskuser
pertamax!!!
wah seru tuh gan
jadi pengen mampir
emoticon-Ngacir
Dengan adanya program ini semoga produk dalam negeri lebih banyak lagi yang di ekspor emoticon-I Love Indonesia
Semoga desainnegeri ini akan selalu jadi juara...Aaamiinn
Keren tas nya emoticon-Toast
mantabh sukses terus emoticon-Angkat Beer
semoga sukses yah gan
wah keren emoticon-Matabelo
ntu klinik desain nya free gan? emoticon-Big Grin
apakah ada ketentuan produk yg mau dikonsultasikan harus produk yg sudah produksi massal atau bisa yg baru prototype / konsep doang gan ? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bogreeek
Dengan adanya program ini semoga produk dalam negeri lebih banyak lagi yang di ekspor emoticon-I Love Indonesia


Sip gan, nanti suatu ketika ekspor itu menjadi barang yang jos. Kemudian bagi para kreator, bisa membuat produk unik bermanfaat. Dan tentunya sampai nanti ketika uang itu sudah masuk tong sampah, bisnis adil makmur akan segera terjadi.
wah ane pengen dong gabung
klo bisa mengolah dan mempromosikan ke luar beuhhhh, bisa jaya indonesia sama budaya"a
wih keren tempat talenta2 berbakat emoticon-Matabelo
kok ane kepikir jurusan temen ane gan
namanya desain produk industri
Trus trus gan ? Lanjutin gan .. emoticon-Malu
Mantap semoga sukses ya
mantap emoticon-2 Jempol
Tempat org2 kreatif tuh emoticon-Toast
hmm emoticon-Cool
gmbk ya