alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581ac093c1cb17ed5c8b4588/sertifikasi-tukang-tingkatkan-mutu-profesi-pekerja
Sertifikasi Tukang Tingkatkan Mutu Profesi Pekerja
Sertifikasi Tukang Tingkatkan Mutu Profesi Pekerja

Mataram, GATRAnews - Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi, menegaskan, sertifikasi terhadap para tukang bangunan di NTB sangat penting. Sebab, hal tersebut akan meningkatkan keterampilan tukang di bidang konstruksi guna meningkatkan kompetensi dan daya saing mereka.

“Para guru-guru, kan sudah ada program sertifikasinya. Nah, jika sekarang tukang-tukang disertifikasi, maka itu jelas akan menambah keprofesionalan, keahlian dan kompetensi mereka,” tegasnya disela-sela serah terima pinjam pakai mobile training unit (MTU) dan pelepasan sebanyak 15 orang peserta lomba kompetisi tenaga kerja konstruksi tingkat nasional di halaman kantor Gubernur NTB (1/11). Zainul mengatakan, terdapat tiga hal yang akan menjadi manfaat dalam proses sertifikasi tukang di NTB. Yakni, dari sisi pekerjaan kontruksi akan menjamin tugas tukang karena mereka telah memiliki sertifikat kompetensi yang cukup. Berikutnya, aspek mutu, karena akan berkolerasi tugas kontruksi bangunan yang bakal kian meningkat sehingga memberikan kenyamanan bagi para penggunanya yakni, pemda, swasta dan masyarakat. Selanjutnya, sisi kemanfaatan dimana, aspek bangunan yang mereka hasilkan dari karya dan produk para tukang itu akan bisa lebih tahan lama, tidak mudah retak dan tidak miring. “Kalau di NTB, tukang-tukang kita yang sudah tersertifikasi ada sekitar 30%. Jumlah ini lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya pada kisaran 16-17 persen secara nasional,” ujar Gubernur. Terkait masih banyaknya para tukang-tukang di pelosok NTB yang belum tersertifikasi hingga kini. Gubernur mengaku, mereka akan disasar pelatihannya melalui fasilitas dari pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum. “Mobil bantuan pinjam pakai mobile training unit (MTU) ini akan turun ke semua desa-desa di NTB mengajarkan para tukang yang ada di perkampungan untuk bisa memperoleh sertifikasi tukang dalam waktu dekat ini,” kata Gubernur. Diketahui, persyaratan kompetensi tukang secara nasional telah diatur dalam UU Nomor 18 Tahun 1999 tentang kewajiban pekerja konstruksi harus memiliki sertifikat. Dimana, semua tukang bangunan dan seluruh pekerja konstruksi lainnya harus memiliki sertifikasi sebagai pengakuan formal atas kapasitas dan keterampilan yang dimiliki untuk mendukung profesionalitas dalam pekerjaannya.

Reporter: Hernawardi
Editor: Nur Hidayat

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/bali-...rofesi-pekerja

---


- Sertifikasi Tukang Tingkatkan Mutu Profesi Pekerja Ruhut Sebut Pola Pikir Ibas Kayak Tukang Parkir
Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi, menegaskan, sertifikasi terhadap para tukang bangunan di NTB sangat penting. Sebab, hal tersebut akan meningkatkan keterampilan tukang di bidang konstruksi guna meningkatkan kompetensi dan daya saing mereka.
×