alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581abc5b14088d49738b458f/pelopor-pertanian-ntb-raih-penghargaan-nasional
Pelopor Pertanian NTB raih Penghargaan Nasional
Pelopor Pertanian NTB raih Penghargaan Nasional

Mataram, GATRAnews - Tiga kelompok tani di Nusa Tenggara Barat meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian sebagai pelopor pertanian karena mampu menciptakan inovasi dan berkontribusi terhadap produksi pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Nusa Tenggara Barat (NTB) Husnul Fauzi, di Mataram, Rabu (2/11), mengatakan penghargaan diberikan kepada Kelompok Tani Renga di Kecamatan Wanasaba, Kelompok Tani Horsela di Sembalun, dan petani cabai di Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. "Penghargaan diberikan oleh Presiden Joko Widodo pada acara Hari Pangan Se-Dunia di Boyolali, Jumat (28/10)," katanya. Dikataka Husnul, Kelompok Tani Renga memperoleh penghargaan karena mampu berinovasi dalam meningkatkan produktivitas tanaman jagung menjadi 8,3 ton per hektare (ha) dari rata-rata produksi sebanyak 7,2 ton/ha. Total lahan garapan kelompok tani tersebut mencapai 250 ha dengan kategori lahan kering. Inovasi lain yang dilakukan adalah memanfaatkan tongkol jagung sebagai pakan ternak dengan proses fermentase. "Ketua kelompok tani Syafi`i, juga tergolong muda masih di bawah 40 tahun. Makanya dapat kategori pelopor pertanian terbaik nasional," ujarnya. Untuk Kelompok Tani Horsela Sembalun di bawah koordinasi Minardi selaku ketua memperoleh penghargaan karena mampu melakukan kemitraan dengan perusahaan pengolah kentang. Kelompok tani tersebut menyuplai bahan baku berupa kentang segar untuk perusahaan di luar NTB, setiap tahunnya dengan harga yang sudah disepakati dan menguntungkan para petani. Begitu juga halnya dengan petani cabai di Kecamatan Suralaga, di koordinasikan oleh H Subhan. Para petani cabai di kecamatan tersebut dinilai berkontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan cabai nasional dan untuk perusahaan, sehingga memperoleh penghargaan. Total lahan tanam cabai mencapai 400 hektare dengan pola tanam di luar musim, sehingga tetap memasok untuk kebutuhan lokal dan nasional ketika suplai cabai dari berbagai daerah menurun pada musim hujan. "H Subhan menggerakkan kelompoknya untuk memproduksi cabai di luar musim atau pada saat musim hujan," kata Husnul. Atas prestasinya tersebut, kata dia, ketiga kelompok tani tersebut memperoleh bantuan traktor dari Kementerian Pertanian. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB akan terus mengawal kelompok-kelompok tani yang potensial untuk berkembang melalui berbagai inovasi yang diciptakan, sehingga NTB diharapkan terus mendapatkan penghargaan pelopor pertanian setiap tahun.

Reporter : Hernawardi
Editor: Nur Hidayat

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/bali-...rgaan-nasional

---


- Indonesia Gandeng Taiwan Kembangkan Produk Pertanian
Tiga kelompok tani di Nusa Tenggara Barat meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian sebagai pelopor pertanian karena mampu menciptakan inovasi dan berkontribusi terhadap produksi pangan nasional.