alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581abaeadc06bd7f1a8b4567/keanehan-petugas-p2tl-rumah-ane-dikenakan-denda-oleh-pln
Poll: apa benar petugas bermain curang?
. 0% (0 votes)
. 0% (0 votes)
keanehan petugas p2tl, rumah ane dikenakan denda oleh PLN
keanehan petugas p2tl, rumah ane dikenakan denda oleh PLNkeanehan petugas p2tl, rumah ane dikenakan denda oleh PLN

assalamuallaikum wr. wb.


misii agan" dan sista" se tanah air
sesuai judul thread yg di atas ane mau minta saran dan pengalaman" agan yg sama atau pernah berkaitan dgn petugas p2tl pln.

kemarin lusa tepatnya hari senin 31/10/2016 ane di kenakan denda oleh pihak pln sebesar 2.5 jt di karna kan penyalah gunaan panel kwh pd rumah ane.

kronologis ceritanya begini:
pd hri kamis tgl 27/10/2016 waktu siang di daerah bekasii j*ti *sih. rumah ane di satroni oleh petugas p2tl untuk mengecek kwh rmh ane. Kwh ane 900wat klo ga salah. . pas di dpn rumah, pintu rumah ane di ketok" tuh sama petugas. nyokap masih di dlm abis nyuci piring, pas di buka pintu rmh tiba" tuh petugas udh naek tangga dan kondisi sedang mengotak ngatik kwh. nyokap keluar baru lah petugas ngomong lg mau di cek gitu pdhal itu org yg 1 nya udh di atas kwh, kata nyokap iya" aja soalnya kan ga ngerti apa". bbrpa dtik kmdian di temukan lah abnormality pd kwh ane, di temukan jarum dan lidi di dlm nya.
singkat cerita, itu panel kwh lngsung di ganti pke yg baru, dan di buat lah surat undangan gitu suruh dtng ke pln. abis beres" kwh dirumah ane itu petugas langsung pergi.
.
hari senen kmren bokap gue ke pln dan ternyata kwh ane udh di vonis penyalah gunaan kwh. di kenakan denda sebesar 2.5jt. dan bayarannya bisa di cicil tiap bulan..
.
pertanyaannya. apa kah sop p2tl di rumah ane udh bener atau tidak?
apa ada unsur permainan pd petugas p2tl?
pd saat petugas p2tl ngotak ngatik kwh ane. apa jdi nya klo nyokap gue ga keluar rumah?
3thn lalu rmh ane sempet di kontrakin sama temen ane, tp kan itu udh 3thn lalu? knp ga dri dlu ketauannya?

pdhal harusnya kan minta izin dlu sama yg punya rumah. ?
klo ane tlp 123. pihak pln ga bisa ngasih informasi yg kuat. info nya kan rmh ane doang yg di cek sama petugas, klo misalkan opal semua rmh bkl di cek" in sama die.. krna cuma rmh ane doang jd sepertinya ada mengadukan bahwa rmh ane bermaslah. -__-
ane jg nanya terkait pembayaran per bulan. dan itu normal" aja ga ada yg aneh gann-__-
langsung ke kantor cabang aja emoticon-Traveller
Aja ke wc gan emoticon-Leh Uga
nah emoticon-EEK!
Sehabis ganti kwh yg baru itu. Bokap dpt undangan gitu ke cabang pln dkt rmh aen. Dan aneh nya di suruh datengin seusai pic nya. Itu yg di tulis di kertas biru. Di vonis denda 2.5 dan bisa di cicil sealam 10 bln. Bokap ane dp 50rb. Tp ga di kasih Invoice nya.
emoticon-Wow
BETUL2 PUKIMAK ITU PETUGAS METERAN PLN. SOALNYA MERTUA SAYA JUGA MENJADI KORBAN YANG HARUS DENGAN TERPAKSA MEMBAYAR 7 JUTA (TERPAKSA DI CICIL TIAP BULAN 1 JUTAAN LEBIH) HANYA UNTUK METERAN BARU YANG ITUPUN TIDAK DI SEDIAKAN OLEH PETUGAS PLN DENGAN MEMAKAI BAJU BIASA YANG DATANG MEMAKSA GANTI METERAN. PELANGGAN HARUS MELAPOR SENDIRI KE KANTOR PLN BIADAB ITU(MENTANG2 TAK ADA PERUSAHAAN PESAINGNYA AJA)

METERAN LISTRIK YANG LAMA DI PAKSA GANTI KARENA ADA BOLONGNYA. PADAHAL BOLONGNYA ITU BUKAN DI BIKIN OLEH KELUARGA MERTUA. RUMAH YANG DI HUNI OLEH MERTUA ITU ADALAH RUMAH BEKAS ORANG LAIN. 1 KOMPLEKS MENJADI KORBAN PETUGAS PLN BAJU BIASA BIADAB YANG TIDAK SIAP DENGAN METERAN BARU.
Cb laporin ke surat pembaca di koran2 daerah ente, biasanya nnti dibales bbrp hari di koran edisi berikutnya.
wah , Ane ga paham ... emoticon-Hammer (S)
dijelasin kronologisnya bray

kalo cuma foto gitu gak jelasemoticon-Cool
Ga ke copas td gan sory".. Kaya gini ceritanya.
assalamuallaikum wr. wb.


misii agan" dan sista" se tanah air
sesuai judul thread yg di atas ane mau minta saran dan pengalaman" agan yg sama atau pernah berkaitan dgn petugas p2tl pln.

kemarin lusa tepatnya hari senin 31/10/2016 ane di kenakan denda oleh pihak pln sebesar 2.5 jt di karna kan penyalah gunaan panel kwh pd rumah ane.

kronologis ceritanya begini:
pd hri kamis tgl 27/10/2016 waktu siang di daerah bekasii j*ti *sih. rumah ane di satroni oleh petugas p2tl untuk mengecek kwh rmh ane. Kwh ane 900wat klo ga salah. . pas di dpn rumah, pintu rumah ane di ketok" tuh sama petugas. nyokap masih di dlm abis nyuci piring, pas di buka pintu rmh tiba" tuh petugas udh naek tangga dan kondisi sedang mengotak ngatik kwh. nyokap keluar baru lah petugas ngomong lg mau di cek gitu pdhal itu org yg 1 nya udh di atas kwh, kata nyokap iya" aja soalnya kan ga ngerti apa". bbrpa dtik kmdian di temukan lah abnormality pd kwh ane, di temukan jarum dan lidi di dlm nya.
singkat cerita, itu panel kwh lngsung di ganti pke yg baru, dan di buat lah surat undangan gitu suruh dtng ke pln. abis beres" kwh dirumah ane itu petugas langsung pergi.
.
hari senen kmren bokap gue ke pln dan ternyata kwh ane udh di vonis penyalah gunaan kwh. di kenakan denda sebesar 2.5jt. dan bayarannya bisa di cicil tiap bulan..
.
pertanyaannya. apa kah sop p2tl di rumah ane udh bener atau tidak?
apa ada unsur permainan pd petugas p2tl?
pd saat petugas p2tl ngotak ngatik kwh ane. apa jdi nya klo nyokap gue ga keluar rumah?
3thn lalu rmh ane sempet di kontrakin sama temen ane, tp kan itu udh 3thn lalu? knp ga dri dlu ketauannya?

pdhal harusnya kan minta izin dlu sama yg punya rumah. ?
klo ane tlp 123. pihak pln ga bisa ngasih informasi yg kuat. info nya kan rmh ane doang yg di cek sama petugas, klo misalkan opal semua rmh bkl di cek" in sama die.. krna cuma rmh ane doang jd sepertinya ada mengadukan bahwa rmh ane bermaslah. -__-
ane jg nanya terkait pembayaran per bulan. dan itu normal" aja ga ada yg aneh gann-__-
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Ane juga pernah gan,,, dulu dendanya 2,2 juta.
alasan mereka adalah ada ketidak singkronan antara KWH meter di struk pembayaran dengan yang ada di meteran. dan katanya lagi itu sudah berlangsung sejak sekian tahun yang lalu. pada saat mereka periksa pun sama dengan ente. dirumah cuma ada nyokap yang ga ngerti apa2 dan dikash surat untuk segera urus ke PLN setempat. dan akhirnya mereka yang tetep menang, coz secara bukti fisik memang ga sama antara apa yang ada dimeteran dan di bukti pembayaran. yang mash ga jelas di ane adalah, kenapa justru tidak samanya antara meteran dan bukti kertas/struk pembayaran setelah mereka datang dan pegang2 tu meteran. sementara versi orang yang bertugas setiap bulan untuk mencatat bahwa kwh selalu sama dakhr bulannya.

balik lagi emang, PLN punya hak monopoli, jadi kta ga bsa apa2 pada saat sifat binatang mereka keluar,,,
Ane juga pernah gan,,, dulu dendanya 2,2 juta.
alasan mereka adalah ada ketidak singkronan antara KWH meter di struk pembayaran dengan yang ada di meteran. dan katanya lagi itu sudah berlangsung sejak sekian tahun yang lalu. pada saat mereka periksa pun sama dengan ente. dirumah cuma ada nyokap yang ga ngerti apa2 dan dikash surat untuk segera urus ke PLN setempat. dan akhirnya mereka yang tetep menang, coz secara bukti fisik memang ga sama antara apa yang ada dimeteran dan di bukti pembayaran. yang mash ga jelas di ane adalah, kenapa justru tidak samanya antara meteran dan bukti kertas/struk pembayaran setelah mereka datang dan pegang2 tu meteran. sementara versi orang yang bertugas setiap bulan untuk mencatat bahwa kwh selalu sama dakhr bulannya.

balik lagi emang, PLN punya hak monopoli, jadi kta ga bsa apa2 pada saat sifat binatang mereka keluar,,,
pembayarannya gimana itu gan?? Langsung cash atau di cicil dan di tf ke rek pln sendiri?
Secara pembayaran ane ga ada yg abnormal. Listrik ane kan 900wat sebulan itu kena 80rb an tv kulkas sanyo mejikom selalu di Pake. Apa itu wajar Perbualan kena 80rb am. Sblm ada perabotan elektronik ane cuma kena 40-50rb /bln gan.
Kata tmn" ane si yg Pake 1300wat itu perbulan kena 400an tergantung pemakaian jg Karna tmn ane ada ac dan sanyo nya Pake jetpam mknnya aga mahal. Hmmm emoticon-No Hope
Ane juga pernah kejadian hampir mirip gan..

Cwrita nya, waktu itu kantor mini ane bermasalah meteran Token nya.. Ane telp Layanan Gangguan Pelanggan PLN.. Dan siang nya datang petugas untuk mengecek ntu meteran. Ternyata emang meteran nya bermasalah dan harus di ganti.. Dan untuk penggantian, ane di kenakan biaya Rp 1.800.000 ribu karena daya ane 2200 watt..

Masalah nya, saat itu meteran dengan daya segitu lagi kosong di Cab PLN daerah ane.. Dan petugas tsb bilang mungkin ane harus nunggu 1 atau 2 minggu.. Lha, ane komplain lha.. Masak selama 2 minggu kantor ane nggak pakai listrik.. Kalo emang gitu, bagus ane bayar meteran nya pas udah ada aja.. Dan duit nya ane minta dikembalikan.. Tapi, entah karena apa, tu petugas biro pelayanan, bilang Bapak bisa pake listrik selama menunggu.. Nanti aliran listriknya dilansungkan aja tanpa melalui meteran dan ane hanya di minta mengganti MCB dengan yang agak besar.. Ane tanya lah, emang aman dan nggak apa-apa gitu.. Nggak masalah kata nya.. Kan yang memasang kami Biro PLN resmi..

Yaudah kata ane, mana bagus nya ajalah.. Dan mereka pun memasang aliran langsung tanpa lewat meteran dan ane dikenakan biaya 600 ribu+ 1,8 jt buat pemesanan meteran baru.. Dan mereka membikinkan formulir pemesanan serta kwitansi tanda terima duit.. (Ini yang bikin ane menang nanti nya pas di sidang)

Setelah 6 bulan ane menunggu, meteran yang ane pesan pun nggak ada kabar nya dari tu Biro PLN dan ane selama itu tetap makai listrik dengan aliran langsung.. Dan karena kesibukan urusan proyek-proyek, ane dan pegawai lain nya nggak ada yang nanyain masalah meteran itu..

Pas bulan ke 8, mendadak paginya listrik di kantor ane diputuskan PLN dan ada sepucuk surat cinta yang diselipkan dibawah pintu.. Isi nya ane selaku pemilik bangunan, harus datang ke kantor PLN cabang kota ane untuk mempertanggung jawabkan perbuatan yang dityduhkan pLN.. Pencurian Listrik.. Kalo nggak datang sebelum tgl sekian ane akan dipidanakan..

Panik lah ane.. Dan ane minta lah ma pegawai arsip buat cari copian formulir pemesanan mteran dan kwitansi serah terima uang yang dulu.. Untung masi ketemu.. Dan berbkal itu ane dtang ke kantor PLN dan menunjukan kepada Kepala Bagian (bagian nya ane lupa). Mereka nggak mau terima gan.. Tetap menuduh ane mencuri listrik.. Dan meminta ganti rugi + denda dengan total 12 jta an.. Ane nggak mau dan akhir nya ane di laporkan melakukan pencurian listrik ke pihak berwajib..

Laporan diterima Polisi dan berkas-berkas di serahkan ke Kejaksaan.. Untung selama proses sampai ke pengadilan ane kagak ditahan.. Cuman di kenakan Tahanan Kota serta wajib lapor.. Dipengadilan ane menang.. Kerugian PLN bukan kesalahan ane.. Tanggung jawab Biro PLN.. Dan Biro tersbut lah yang mengganti kerugian PLN.. Dan Pengadilan juga mewajibkan PLN memasang kembali Mteran serta listrik di kantor ane..

Ane sebenar nya ingin menuntut balik PLN, tapi kata pengacara ane nggak usahlah.. Nanti malah PLN nya mutung dan mereka nggak mau memasang listrik lagi di kantor ane.. Kan ane juga yang rugi.. Kecuali, ada perusahaan selain PLN yang menyediakan listrik nggak apa-apa menuntut balik PLN.. emoticon-Big Grin
Waduh ane kurang ngerti ni emoticon-Hammer2 bawah ane mungkin paham emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By mr.do3
Ane juga pernah kejadian hampir mirip gan..

Cwrita nya, waktu itu kantor mini ane bermasalah meteran Token nya.. Ane telp Layanan Gangguan Pelanggan PLN.. Dan siang nya datang petugas untuk mengecek ntu meteran. Ternyata emang meteran nya bermasalah dan harus di ganti.. Dan untuk penggantian, ane di kenakan biaya Rp 1.800.000 ribu karena daya ane 2200 watt..

Masalah nya, saat itu meteran dengan daya segitu lagi kosong di Cab PLN daerah ane.. Dan petugas tsb bilang mungkin ane harus nunggu 1 atau 2 minggu.. Lha, ane komplain lha.. Masak selama 2 minggu kantor ane nggak pakai listrik.. Kalo emang gitu, bagus ane bayar meteran nya pas udah ada aja.. Dan duit nya ane minta dikembalikan.. Tapi, entah karena apa, tu petugas biro pelayanan, bilang Bapak bisa pake listrik selama menunggu.. Nanti aliran listriknya dilansungkan aja tanpa melalui meteran dan ane hanya di minta mengganti MCB dengan yang agak besar.. Ane tanya lah, emang aman dan nggak apa-apa gitu.. Nggak masalah kata nya.. Kan yang memasang kami Biro PLN resmi..

Yaudah kata ane, mana bagus nya ajalah.. Dan mereka pun memasang aliran langsung tanpa lewat meteran dan ane dikenakan biaya 600 ribu+ 1,8 jt buat pemesanan meteran baru.. Dan mereka membikinkan formulir pemesanan serta kwitansi tanda terima duit.. (Ini yang bikin ane menang nanti nya pas di sidang)

Setelah 6 bulan ane menunggu, meteran yang ane pesan pun nggak ada kabar nya dari tu Biro PLN dan ane selama itu tetap makai listrik dengan aliran langsung.. Dan karena kesibukan urusan proyek-proyek, ane dan pegawai lain nya nggak ada yang nanyain masalah meteran itu..

Pas bulan ke 8, mendadak paginya listrik di kantor ane diputuskan PLN dan ada sepucuk surat cinta yang diselipkan dibawah pintu.. Isi nya ane selaku pemilik bangunan, harus datang ke kantor PLN cabang kota ane untuk mempertanggung jawabkan perbuatan yang dityduhkan pLN.. Pencurian Listrik.. Kalo nggak datang sebelum tgl sekian ane akan dipidanakan..

Panik lah ane.. Dan ane minta lah ma pegawai arsip buat cari copian formulir pemesanan mteran dan kwitansi serah terima uang yang dulu.. Untung masi ketemu.. Dan berbkal itu ane dtang ke kantor PLN dan menunjukan kepada Kepala Bagian (bagian nya ane lupa). Mereka nggak mau terima gan.. Tetap menuduh ane mencuri listrik.. Dan meminta ganti rugi + denda dengan total 12 jta an.. Ane nggak mau dan akhir nya ane di laporkan melakukan pencurian listrik ke pihak berwajib..

Laporan diterima Polisi dan berkas-berkas di serahkan ke Kejaksaan.. Untung selama proses sampai ke pengadilan ane kagak ditahan.. Cuman di kenakan Tahanan Kota serta wajib lapor.. Dipengadilan ane menang.. Kerugian PLN bukan kesalahan ane.. Tanggung jawab Biro PLN.. Dan Biro tersbut lah yang mengganti kerugian PLN.. Dan Pengadilan juga mewajibkan PLN memasang kembali Mteran serta listrik di kantor ane..

Ane sebenar nya ingin menuntut balik PLN, tapi kata pengacara ane nggak usahlah.. Nanti malah PLN nya mutung dan mereka nggak mau memasang listrik lagi di kantor ane.. Kan ane juga yang rugi.. Kecuali, ada perusahaan selain PLN yang menyediakan listrik nggak apa-apa menuntut balik PLN.. emoticon-Big Grin


Wih, ngeri amat ya cara kerja PLN, kalo orang awam yang ga ngerti hukum dan ga punya kenalan orang yang ngerti hukum cuma bisa gigit jari tuh kalo kena kasus kaya agan.
emoticon-Takut
Sodara gue juga pernah kena nih. B*jingan emang oknum yang kaya gitu. Kasusnya sama. Meteran error, karena pake token, sedangkan listrik ga boleh mati karena dia ada usaha yang butuh listrik 24 jam. Panggil petugas, sama petugas dilangsungin. Dibilang ga apa2. Tau2 datang surat denda. B*ngsat ga tuh. Padahal yang ngelangsungin petugas dia juga. Gua bilang perkarain aja. Ga usah takut. Gue juga ada kenalan pengacara publik kok. LBH maksudnya. Jadi bukan pengacara mahal. Dianya ga mau repot.
Makanya kalo panggil petugas, biasakan ;
1. Tanya surat tugasnya. Kalo ga ada jangan diterima.
2. Foto orangnya.
3. Rekam segala pembicaraan dengan dia. Jadi kalo ada apa2 dan kita perlu bertindak secara hukum, kita ada bukti.
keanehan petugas p2tl, rumah ane dikenakan denda oleh PLN
terselubung bang
nyimak gan