alexa-tracking

Tiongkok Berikan Pinjaman Dan Menggarap Proyek Jalur Pantai Timur Malaysia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581aaae7642eb6231b8b4567/tiongkok-berikan-pinjaman-dan-menggarap-proyek-jalur-pantai-timur-malaysia
Tiongkok Berikan Pinjaman Dan Menggarap Proyek Jalur Pantai Timur Malaysia
Salah satu rencana ambisius perkeretaapian jangka panjang negeri jiran Malaysia yakni proyek jalur pantai timur Malaysia akan dibangun dan menggunakan dana pinjaman dari Tiongkok. Proyek ini sendiri akan digarap oleh BUMN konstruksi asal Tiongkok, yakni China Communication Construction Company Ltd (CCCC), sedangkan untuk pendanaan akan menggunakan pinjaman dari Export-Import Bank of China (EXIM).

Menurut Ketua Setiausaha Perbendaharaan Malaysia, Tan Sri Dr Mohd Irwan Serigar Abdullah, bunga pinjaman yang diberikan Tiongkok lebih rendah dan kompetitif dibandingkan dengan dari negara lain.

“Proyek ini mempunyai beberapa poin positif. Kota kecil seperti Mentakab, Dungun dan Tumpat di sepanjang jalur ini akan mendapat manfaat dari segi pembangunan,” katanya kepada media setelah menyambut kedatangan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak di Hotel China World.

Mohd Irwan berkata, penandatanganan kontrak kerja dan pinjaman akan ditandatangani pada lawatan Perdana Menteri ke Tiongkok. Proyek ini sendiri digarap mulai tahun 2017 mendatang.

Proyek jalur pantai timur Malaysia ini sendiri akan membentang sepanjang 620 km dari Prot Klang hingga Tumpat di perbatasan Malaysia dengan Thailand. Dengan adanya jalur ini diharapkan akan memudahkan arus ekspor dari berbagai kawasan industri ke pelabuhan utama Malaysia di Selat Malaka, Port Klang. Jalur ini juga penting untuk kepentingan Tiongkok, mengingat jalur ini akan melalui kawasan industri bersama Malaysia -Tiongkok di negara bagian Pahang.

https://www.kaorinusantara.or.id/new...timur-malaysia

keren gan
emoticon-Angkat Beer ya, TSnya juga keren
Tiongkok Berikan Pinjaman Dan Menggarap Proyek Jalur Pantai Timur Malaysia
Quote:


Dari negara2 federalnya spt : Port Klang , Seremban sdh langsung bisa menuju Kuala Lumpur via moda transportasi KTM (Blm lama ini , kira2 kurang dr 6 bulanan , baru aja kelar projectnya).

Skrng mo ngejar pembgnan di daerah yg berbatasan dgn Thailand (Tumpat , Kelantan) ,..setelah kota2 di negara bagian Kedah (yg juga berbatasan dgn Thailand , juga pesat perkembangannya.

Setelah , tentunya : kawasan Iskandariah di JB & JB Premium Outlets (Luxury Brands & Goods) & Legoland Malaysia yg memulai pembgnannya sejak berdekade lampau.

Ironisnya , Kepri (Yg diwakili Batam , Bintan dan Tanjung Pinang) ,..perkembangan daerahnya : gak lebih mjd tmpt pembuangan brng2 2nd Hand penduduk Singapura ,..yg kalau pindah rumah ,...brng lamanya dibuang / ditinggal begitu saja.

Atau mjd basis : wisata minuman beralkohol murah dan seks dgn apartemen istri muda simpanan warga Singapura setiap Weekendnya. Sejak zamannya Fannie Habibie (Otorita Batam) sejak puluhan thn silam. Ironis

Kawasan Iskandariah di Johor Bahru , yg baru dicanangkan sekitaran sepuluhan thn silam (berbanding pencanangan Batam , sbg : Zona Ekonomi Khusus / Kawasan Ekonomi Eksklusif / Khusus , sejak tahun 1980an) , saja : sdh jauh sgt maju pesat perkembangannya , ketimbang Batam sendiri.emoticon-norose