alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581aa6e11854f7be3b8b4568/menko-pmk-kebudayaan-eratkan-persahabatan-ri-tiongkok
Menko PMK: Kebudayaan Eratkan Persahabatan RI-Tiongkok
Pagelaran balet yang berjudul “Raise The Red Lantern” oleh National Ballet of China di Indonesia menjadi jembatan emas bagi Indonesia dan Tiongkok untuk mempererat hubungan diplomatik kedua negara.

Apalagi, kesenian balet itu sudah sangat tersohor dan telah dipentaskan lebih dari 400 kali dan mendapat sambutan baik di negara-negara yang dikunjungi.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri pagelaran balet itu mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diundang secara khusus oleh Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng.

Puan mengatakan, setiap negara memiliki beraneka ragam seni dan budaya yang merupakan ekspresi estetis dan filosofis yang membangun identitas dan karakter suatu bangsa. Kekayaan budaya itu sangat bermanfaat dalam membangun ”persahabatan melalui kebudayaan” antarbangsa di dunia.

"Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi bangsa Indonesia mendapat kesempatan melihat pergelaran balet karya agung 'Raise The Red Lantern' oleh National Ballet of China. Diplomasi kebudayaan yang penuh damai antarnegara, seperti melalui pagelaran balet ini, dapat membawa dampak positif untuk perdamaian dunia yang kita idamkan bersama," ujar Puan.

Selain Menko PMK, turut hadir dalam acara ini, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menko PMK menjelaskan, hubungan baik Indonesia dan Tiongkok memiliki sejarah yang sangat panjang. Bahkan, hubungan persahabatan itu sudah terjadi jauh sebelum kedua negara meraih kemerdekaan. Kapal-kapal Tiongkok dan Indonesia, maupun bangsa lain telah melayari jalur perdagangan di dunia yang dikenal sebagai ”Jalur Sutra Laut” selama ribuan tahun yang lalu.

"Meskipun pelayaran tersebut utamanya dalam rangka perdagangan, namun interaksi dari kegiatannya telah membawa pengaruh budaya yang timbal balik antarnegara khususnya antara Tiongkok dan Indonesia," imbuhnya.

Sejarah mencatat, hubungan antara kedua negara sangat berkontribusi atas suksesnya pelaksanaan Konferensi Asia Afrika I pada 18 April 1955 di Indonesia. Hal itu terwujud melalui peran kunci Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Zhou Enlai dan Presiden RI Ir Soekarno.

Kedua tokoh tersebut selama masa hidupnya menunjukkan keteladanan sikap yang saling menghargai dalam perbedaan dan sikap penuh komitmen atas apa yang diucapkan dan ditetapkan. "Keduanya bahu membahu dalam mewujudkan kesetiakawanan negara-negara Asia-Afrika yang baru merdeka dan dalam membangun hubungan antarnegara di dunia yang adil dan sederajat," imbuh Puan.

Hubungan persahabatan RI-Tiongkok terus terbina dengan baik hingga saat ini. Hubungan baik itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya kerja sama, terutama dalam bidang investasi, perdagangan, dan kegiatan kunjungan wisata. "Salah satu hubungan diplomatik yang baik antara RI dan Tiongkok itu dibuktikan juga dengan kebudayaan yang penuh damai antarnegara, seperti halnya melalui pagelaran balet saat ini," lanjutnya.

Karena itu pula, Menteri Puan menyampaikan apresiasi kepada rakyat dan Pemerintah RRT, khususnya kepada Duta Besar RRT untuk Indonesia, Xie Feng, atas inisiatif menggelar pagelaran balet “Raise The Red Lantern” itu.

"Kami yakin bahwa pergelaran balet ini, yang merupakan perpaduan gerakan, nada, dan ekspresi seni tari tradisional dan modern, sangat menghibur kita semua yang ada di sini. Semoga ke depan kerja sama antara pemerintah Tiongkok dan Indonesia bersama negara-negara sahabat lainnya semakin baik dan bermakna dalam rangka memelihara ketertiban dan perdamaian dunia yang abadi," ujar Puan.




Asni Ovier/AO

BeritaSatu.com


http://www.beritasatu.com/hiburan/39...itiongkok.html

persahabatan gan
Menteri paling ga berguna....

Masih hidup rupanya

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By anak.mario
Menteri paling ga berguna....

Masih hidup rupanya

emoticon-Ngakak


Masih ada gunanya kok...
Sebagai hadiah politik dan katup pengaman, di tempat yang tepat.
Jaman Mbah saya dulu....emoticon-Wakaka
ada bagus nya memperat hubungan ke tiongkok... calon negara adidaya baru
Mentri kesayangan kami semua yang ada di Kaskus emoticon-Angel
loh udah nggak minum jamu lagi mbak puan?