alexa-tracking

5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580af35c96bde6e5068b4572/5-hal-yang-harus-ada-didalam-serial-kamen-rider
5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER
5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER

Siapa yang tidak kenal tontonan tv satu ini. Meskipun awalnya ditujukan untuk anak-anak dan remaja, nyatanya sekarang peminat Kamen Rider telah merambah pada hampir semua kalangan kecuali ibu-ibu rumah tangga, kakek-kakek dan nenek-nenek. Belum pernah saya melihat sekumpulan orang tua ber-uban menghadiri serta berfoto diacara cosplay tokusatsu.

Seperti halnya makanan 4 sehat tanpa susu tidak akan jadi 5 sempurna, atau naik haji yang harus melakukan beberapa kegiatan untuk menjadi haji mabrur, atau dangdut tanpa goyang ibarat sayur tanpa garam, maka serial Kamen Rider pun rasanya tidak akan menjadi Kamen Rider yang sempurna, mabrur dan terasa hambar kurang sedap apabila terdapat satu saja kekurangan dari 5 hal ini.

Saya hanya akan memaparkan Kamen Rider utama bukan Kamen Rider pendukung (kedua, ketiga ataupun Kamen Rider sebagai musuh), serta serial Kamen Rider original bukan versi remake ataupun the movie.

Sampai artikel ini terbit, serial Kamen Rider yang masih disiarkan adalah Kamen Rider Ghost. 5 hal dibawah ini adalah murni opini saya jadi tidak ada yang mutlak benar maupun salah, kalau kita berbeda pendapat itu justru bagus karena tandanya ada dua otak yang berpikir. Ini dia 5 hal yang harus ada didalam serial Kamen Rider:

1. KOREO - HENSHIN.

Ini adalah yin-yang’nya Kamen Rider. Sebuah gerakan dan kata ‘magis’ dalam artian filosofis maupun artian sebenarnya. Karena gerakan dan kata inilah yang paling ditunggu - tunggu serta mempunyai (lagi-lagi) daya magis yang sangat memikat penontonnya. Dimulai dari sang tokoh datang, memunculkan atau memasang belt, diikuti koreo atau gerakan yang super indah, lalu terakhir ‘henshin’, maka berubahlah kepompong itu menjadi kupu - kupu.

Dari Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Ghost koreo sebelum ‘henshin’ selalu berubah - ubah namun tetap punya tujuan sama yaitu keindahan Kamen Rider itu sendiri.

Seluruh penonton pasti sudah tahu bahwa kata ‘henshin’ adalah bahasa jepang yang artinya adalah ‘berubah’, namun tak lantas kata itu bisa dialih-artikan kedalam bahasa lainnya, karena kata ‘henshin’ memang paling cocok digunakan tanpa diubah kedalam bahasa lain. Telinga kita sudah sangat terbiasa dengan kata magis itu, khususnya untuk para penonton yang sudah sering menyaksikan serial Kamen Rider asli keluaran jepang yang belum ternoda versi dubbing.

Dulu Kamen Rider Black RX dan Kuuga pernah di dubbing kedalam bahasa Indonesia sehingga ‘henshin’ menjadi ‘berubah’, namun itu masih masuk ditelinga saya meskipun terdengar maksa. Kamen Rider Bima yang diperankan, berbahasa dan syuting di Indonesia pun menggunakan kata ‘berubah’. Yang paling aneh adalah saat di dubbing kedalam bahasa melayu menjadi ‘menjelma’, entah kenapa otak saya langsung mengkhayal siluman ular putih bukannya Kamen Rider.

Koreo - Henshin adalah ciri khas yang harus ada didalam tiap serial Kamen Rider. Untuk koreo sebelum ‘henshin’ hampir tidak ada masalah karena memang dari Kamen Rider ichigo sampai Kamen Rider ghost semuanya memakai koreo sebelum berubah. Hanya ada satu yang mengganggu dan tidak jelas yaitu Kamen Rider wizard karena menggunakan aksesoris berupa cincin sehingga menimbulkan gerakan yang ribet dan tidak efisien, anda tidak akan mengerti maksud saya sebelum menonton videonya.

Kembali ke ‘henshin’, ternyata tidak semua serial Kamen Rider meneriakkan kata ‘henshin’ sebelum berubah, entah karena sengaja dengan alasan inovasi mencoba hal baru ataupun karena faktor - X. Sebut saja Kamen Rider era Showa yaitu serial Kamen Rider jadul generasi pertama sebelum tahun 2000. Kamen Rider Showa seri ketiga adalah Kamen Rider Amazon (bukan remake tahun 2016) yang tidak menyebutkan kata ‘henshin’ tapi justru cekikikan berteriak ‘AA-MAAA-ZOOON’. Lalu adapula Kamen Rider Shin, ZO dan J yang tidak menyerukan kata ‘henshin’.

Untuk Kamen Rider era Heisei yaitu serial Kamen Rider generasi kedua diatas tahun 2000, ternyata masih terdapat kesalahan yang sama seolah mereka belum belajar padahal telah memproduksi serial Kamen Rider selama lebih dari 30 tahun, yaitu Kamen Rider Hibiki. Dalam Kamen Rider Hibiki sang pengguna hanya menyentuhkan alat perubahnya berupa garpu tala ke benda lain sampai mengeluarkan bunyi lalu diarahkan ke dahi, maka berubahlah sang kodok menjadi pangeran.

Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa situs lain, Hibiki ini sebenarnya tidak diperuntukkan masuk kedalam serial Kamen Rider melainkan berdiri sendiri sebagai kategori berbeda, namun TOEI (rumah produksi yang membuat serial Kamen Rider, maaf kalau saya salah) tetap ingin memasukkan Hibiki sebagai penerus Kamen Rider selanjutnya. Dan masih berdasarkan informasi yang sama, adanya pergantian staf produksi yaitu produser Shigenori Takaheda digantikan oleh Shinichiro Shirakura, penulis naskah Tsuyoshi Kida - Shinji Ooishi digantikan oleh Toshiki Inoue - Shouji Yonemura. Rumornya penyebab pergantian itu karena penjualan mainan serta aksesoris Hibiki tidak mencapai angka yang ditargetkan. Pergantian staf tersebut juga menyebabkan bergantinya Opening Song dari serial ini.

ada juga hal lucu yang lain seperti pengucapan ‘henshin’ semacam orang ngeden yaitu ‘hennnn...shin’ oleh Kamen Rider Ichigo, meskipun hanya di beberapa episode saja. Ada juga yang memotong kata ‘henshin’ dengan jeda yang yang sangat lama ‘hen....(jeda 1 abad)....shin’. Koreo - henshin yang paling saya sukai adalah Kamen Rider kuuga.

youtube-thumbnail



2. RIDER BELT.

Belt/gesper/ikat pinggang canggih yang berfungsi sebagai ‘penghubung’ agar si pengguna dapat berubah karena dari situlah kekuatan Kamen Rider berasal. Disini saya akan membagi pembahasan belt kedalam 2 bagian yaitu prinsip belt dan bentuk belt.

A. Prinsip Belt.
Sejatinya, sebuah belt hanya untuk dan bisa digunakan oleh satu orang saja karena belt itu memang telah memilih, menyatu dan terikat dengan si pengguna itu saja. Justru sangat aneh kalau sebuah belt bisa dipakai apalagi digilir oleh banyak orang serta menjadi bahan rebutan. Mengacu pada prinsip diatas, belt yang bisa atau pernah dipakai oleh lebih dari satu orang adalah belt Kamen Rider 555/Faiz. Untuk era Showa ternyata ada yang tidak menggunakan belt sebagai media untuk berubah melainkan belt hanya sebagai aksesoris pendukung yaitu Kamen Rider Amazon, Shin, ZO dan J, untuk era Heisei adalah Hibiki.

B. Bentuk Belt
Sedari Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Agito, semua bentuk belt tetap sama yaitu belt biasa yang menyatu dengan penggunanya. Saya paham tanpa inovasi maka penonton bisa jenuh dan industri akan mati. Kamen Rider tidak lagi hanya bermodalkan belt lalu berubah, namun harus dikombinasikan dengan aksesoris lain.

Adalah Kamen Rider Ryuki yang pertama kali mencetuskan kartu dimasukkan dalam kepala belt untuk berubah. Namun itu masih bisa ditoleransi karena si pengguna hanya membawa kartu saja sedangkan belt telah menjadi satu dengan tubuh sang tuan. Yang tidak praktis (bukan konyol) adalah belt bongkar pasang atau ditenteng belum lagi aksesoris pendukung lainnnya, ambil contoh Kamen Rider Faiz yang kemana - mana harus membawa belt dan handphone.

Walaupun konsepnya keren karena pertama kalinya menggabungkan belt dengan HP, tetap saja terkesan ribet dan lelet. Masih mending hpnya flip-batangan, coba kalau pakai android dan hpnya adalah samsung S7. Saat ditengah-tengah pertarungan hpnya meledak sendiri LOL.
Makin kesini aksesoris yang digunakan semakin variatif menyerupai mainan anak - anak seperti Kamen Rider Fourze, Kiva dan Kabuto. ada juga benda aneh lain seperti Faiz - gadget (HP) , Wizard - cincin, Gaim - gembok, W - flashdisk, OOO- koin.

adapula yang berbentuk kartu seperti Ryuki dan Decade. Khusus untuk Kamen Rider Blade memakai kartu remi. Seandainya syuting di Indonesia mungkin pakai kartu domino atau di Cina pakai bidak mahyong. Belum lagi bentuk belt yg semakin besar dan tidak karuan, sangat tidak ergonomis untuk dipakai bertarung, serta pewarnaan yang semakin meriah menghilangkan unsur kegaharan Rider itu sendiri.

Entah kenapa saya selalu terpikir bagaimana kalau belt atau aksesoris pendukungnya hilang atau rusak padahal sedang sangat dibutuhkan? Masa iya harus bikin sayembara dan lapor kekantor polisi dulu atau perangkatnya harus diservis dulu? Masa iya harus melawan monster dengan tangan kosong. Belt paling sempurna menurut saya adalah belt Kuuga. Bentuknya simpel dan menawan namun bersinar gitu, Himawari adik Sinchan pasti suka juga.

5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER


3. RIDER KICK.

Rider kick adalah teknik pamungkas dengan melancarkan tendangan keras ke arah musuh sebagai serangan akhir setelah dilemahkan akibat bertarung dengan Rider. Rider kick seringkali disebut sebagai finisher, namun finisher sendiri punya banyak variasi tidak melulu hanya berupa tendangan tapi bisa juga pukulan, cakaran, tabrakan rider bike/vehicle, sabetan, tembakan, ataupun tusukan senjata.

Sepanjang serial Kamen Rider, tendangan ini mengalami berbagai perubahan dan semakin kurang menonjol dalam setiap serangan Rider. Meski mengalami nasib seperti ini, Rider kick masih menjadi salah satu adegan yang paling ditunggu dan disukai.

Tiga rider kick favorit saya Kamen Rider Ryuki, Faiz dan Agito. Namun ada juga beberapa Kamen Rider yang tidak menggunakan rider kick sebagai fnisher contohnya Kamen Rider Amazon, Black RX, Hibiki dan Gaim.

youtube-thumbnail


youtube-thumbnail


youtube-thumbnail



4. RIDER BIKE.

Kamen berarti topeng, dan rider berarti pengendara. Jadi secara umum Kamen Rider adalah pengendara bertopeng. Dari namanya saja sudah sangat jelas bahwa pengendara harus aktif wara - wiri memakai motor, meski ada beberapa yang menggunakan mobil. Sayangnya makin kesini hanya beberapa Kamen Rider yang menggunakan rider bike itupun kebanyakan sebagai alat transportasi saja, sangat jarang digunakan sebagai alat penunjang pertarungan. Motor seolah hanya sebagai aksesoris tambahan doang, padahal jika motor diberikan peran lebih banyak sebagai sarana penunjang Rider maka adegan membasmi monster pasti semakin keren.

Rider bike yang saya akui disini adalah motor yang telah berubah bentuk menyerupai bagian si Kamen Rider itu sendiri. Contohnya:
Kamen Rider Kuuga - Beat Gouram, Try Gouram dan Rising Beat Gouram.
Kamen Rider W - Hardboiler.
Kamen Rider Decade - Machine Decade (Honda DN-01).
Kamen Rider Wizard - Machine Winger.
Kamen Rider Drive - Tridoron
Kamen Rider Ichigo dan Nigo - Shocker Cyclone.
Kamen Rider V3 - Hurricane.
Kamen Rider Stronger - Kaburutoh.
Kamen Rider J - J Crosser (Suzuki DR250S).
Kamen Rider Black - Battlehopper (Suzuki RA125).
Kamen Rider Black RX - Acrobater(suzuki RH250).

Sebenarnya masih banyak lagi rider bike lainnya, hanya saja saya malas untuk menuliskannya dan lagi rider bike yang saya suka cuma Gouram’nya Kuuga. Asyik kali ya kalau semua Kamen Rider dan motornya reuni lalu touring nusantara.

5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER

Karena pembahasannya rider bike bukan rider vehicle maka otomatis semua kendaraan yang berbentuk mobil atau ban empat jadi gugur seperti Ridoron’nya Kamen Rider Black RX ataupun mobilnya Kamen Rider Rrive (saya lupa namanya). Juga bukan motor yang sifatnya pasaran, satu tipe dan bisa dipakai semua orang seperti Ride Vendor (Honda VT750) - Kamen Rider OOO. Bukan pula motor yang hanya dipakai si pengguna sebelum berubah dan cuma dipakai jalan-jalan buat beli gorengan.


5. RIDER GIRL.

Anda pasti pernah menonton film james bond dan warkop DKI (Dono Kasino Indro). Dalam film james bond selalu ada wanita cantik yang menjadi pendukung ataupun musuh james bond itu sendiri, biasanya disebut Bond Girl. Begitu pula di film warkop, kehadiran para wanita cantik dan seksi adalah sebagai bumbu pelengkap yang memanjakan mata penonton.

Kamen Rider pun memiliki konsep serupa hanya saja yang saya maksudkan disini bukan wanita yang bisa berubah menjadi Kamen Rider apalagi berperan sebagai musuh, melainkan karakter wanita yang bertugas sebagai artis pendukung atau biasa disebut supporting actress. Sang rider girl ini hanya dikondisikan sebagai kekasih/keluarga/sahabat yang mempunyai andil besar dalam jatuh bangunnya perjuangan sang Kamen Rider.

Saya akui rider girl sedari Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Ghost semuanya cantik. Hanya saja yang paling nyangkut dihati saya adalah Yuria Haga sebagai Mari Sonoda dalam Kamen Rider Faiz/555 dan Riho Takada sebagai Hina Izumi dalam Kamen Rider Os/OOO. Mereka berdua punya kesamaan yaitu berpipi cabbi namun tubuhnya tidak gendut, kawai!!! #JeritJerit.

5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER

5 HAL YANG HARUS ADA DIDALAM SERIAL KAMEN RIDER

Gomenasai apabila terdapat kekurangan apalagi kekeliruan pada artikel ini. Karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik allah serta andra and the backbone, kekurangan milik saya dan Bunda Dorce. Domo arigato gozaimasu.

silakan mampir ke blog saya untuk bacaan lainnya http://berylandco.blogspot.co.id/


Sahabatmu,



Kamen Rider Hairyosoka Neverman.
Quote:Original Posted By vulanen
Trit yang sangat informatif. Salut gan, Salam Henshin emoticon-Smilie


Iya nih keren, ane sukak emoticon-Baby Boy 1

Btw ane tertarik sama poin tentang belt.

Menurut ane KR yang belt nya harus ditenteng2 itu justru lebih bagus karena masih ada sisi realistis nya. Itu belt jelas datengnya dari mana.

Yang sekarang2 kan (sejak Decade sampe Ex-Aid, kecuali Drive) ga jelas, tiba2 driver-nya keluar entah dari mana, yakeles disakuinemoticon-Ngakak
Oiya gan mau nambahin satu lagi, yang harus ada lagi tuh weapon (senjata), biasanya sih pedang ama pistol
Mobilnya Drive namanya Tridoron gan
Quote:Original Posted By vulanen
Iya gan ane setuju banget. Contohnya Kamen Rider 555. Beltnya dimasukin boks dan dibawa ke mana2. Kikuchi Keitaro sampe beberapa kali harus nganterin Faiz Gear karena Inui Takumi ketemu Orpnoch di tengah jalan hehehe. Saking moveable-nya, Delta Gear sampe jadi piala bergilir hehehe.


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Iya kan, rada lucu juga jadinya
entah kenapa, ane lebih suka jaman belt yang nyatu sama usernya. soalnya makin ke sini, rasanya kaya tiap orang bisa jadi kamen rider (kalo di Gaim malah belt nya diperjual-belikan emoticon-Stick Out Tongue). emoticon-Peace

buat rider girl, sama favorit ane juga Takada Riho gan.. emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By abdulmbindar
Oiya gan mau nambahin satu lagi, yang harus ada lagi tuh weapon (senjata), biasanya sih pedang ama pistol


saya diawal juga sempat kepikiran untuk menambahkan senjata sebagai hal yg harus ada di serial kamen rider, hanya saja masih kekurangan nama, fungsi penunjang dan jenis senjata yg digunakan kamen rider itu sendiri gan. kecuali nanti banyak yg kasih data-datanya, mungkin akan saya edit lagi trit ini menjadi 6 Hal Yang Harus Ada Di Serial Kamen Rider.
gapapa berbeda pendapat yg penting tetap damai ganemoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By anugerahandi
entah kenapa, ane lebih suka jaman belt yang nyatu sama usernya. soalnya makin ke sini, rasanya kaya tiap orang bisa jadi kamen rider (kalo di Gaim malah belt nya diperjual-belikan emoticon-Stick Out Tongue). emoticon-Peace

buat rider girl, sama favorit ane juga Takada Riho gan.. emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment


setuju gan, seperti yg tuliskan pada hal nomor 2 ayat A diatas emoticon-Shakehand2