alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5808d45bc1cb178d308b456e/materi-rompi-anti-peluru-cair
Cool 
materi rompi anti peluru cair
Armour (mirror.co.uk)
Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan Polandia sedang mengembangkan sebuah pelindung tubuh bermaterial liquid (liquid body armour) atau cairan yang mengeras ketika terkena benda keras. Teknologi ini diklaim lebih kuat dari kevlar, dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan peluru berkecepatan 450 meter per detik.

Kevlar sendiri adalah serat sintesis sekuat baja yang biasa digunakan sebagai bahan baku rompi anti peluru. Bahan ini memang kuat, tetapi cenderung berat dan kaku.


Sementara cairan yang tengah dikembangkan ini memiliki karakter elastis sehingga membuat pengguna mudah bergerak. Cairan tersebut ditempatkan ke dalam kantong khusus dan akan menyerap dampak benturan peluru serta mencegah terjadinya cidera pada organ tubuh.


Liquid Body Armour (mirror.co.uk)
Material yang digunakan memanfaatkan cairan non-Newtonian, yang mana dapat mengalir sesuai suhu atau tekanan. Cairan ini dibuat dengan cara mencampurkan tepung jagung dan air untuk membentuk cairan yang disebut 'oobleck'.

Dalam hal ini, cairan non-Newtonian disebut Shear-Thickening Fluid (STF). STF akan mengeras pada suhu tertentu, melindungi tubuh dari proyektil yang melesat dengan kecepatan tinggi.

Mengutip laman Mirror, Rabu (8/4/2015), bahan-bahan lengkap untuk membuat STF saat ini masih dirahasiakan oleh perusahaan yang membuatnya, Moratex.

sumur
youtube-thumbnail


btw lapisan terluar pake kevlar baru dalemnya pake ooblek ini (campuran air dan maizena) menurut teman aku s1 kimia kalo pake tepung tapioka + 1 bahan xx bisa elastis,ringan n 2 x lebih kuat lho..,buat orang2 litbang selamat berkreasi..,kalo ga bisa jedotin aja palanye ke tembok.. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
US udah pernah ngembangin beginian kok, pernah baca di Angkasa, cara kerjanya saat proyektil masuk ke rompi,proyektil tsb kan panas, langsung bereaksi ke cairan yg ada dirompi tsb, cairan yg terkena panas dr peluru langsung berubah jd pejal, jadi bisa menghentikan laju peluru..

emoticon-siul
youtube-thumbnail
cara merubah kain biasa menjadi armor dengan tambahan bahan kimia emoticon-Cool

youtube-thumbnail