alexa-tracking

RI Kian Terbelenggu Utang BLBI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5808cbaa1854f775738b456f/ri-kian-terbelenggu-utang-blbi
RI Kian Terbelenggu Utang BLBI
RI Kian Terbelenggu Utang BLBI

JAKARTA – Indonesia dinilai sudah terbelenggu oleh utang negara yang mayoritas berasal dari utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Hingga akhir Agustus 2016, utang pemerintah mencapai 3.438,29 triliun rupiah. Padahal, lima tahun lalu atau akhir 2011, jumlah utang pemerintah hanya 1.808 triliun rupiah.

Akibatnya, beban kewajiban utang negara dari tahun ke tahun kian membengkak. Dalam APBN 2017 alokasi dana pembayaran bunga utang mencapai 221,19 triliun rupiah, naik dari 191 triliun rupiah pada tahun in,i dan 165 triliun rupiah pada 2015.

Pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, M Nafik, mengatakan, penganggaran sebesar 221,19 triliun rupiah dalam APBN 2017 untuk membayar bunga utang menunjukkan negara sudah begitu terbebani kewajiban utang akibat kebijakan BLBI. “Utang wajib dibayar termasuk bunganya, namun menganggarkan nilai sebesar itu sementara negara sedang membutuhkan uang untuk membangun, untuk memenuhi kebutuhan pangan tentu ironis,” ungkap dia ketika dihubungi, Rabu (19/10).

Semestinya, menurut Nafik, dana ratusan triliun rupiah itu bisa digunakan untuk kegiatan yang produktif, seperti merevitalisasi pertanian nasional yang compang-camping, membangun infrastuktur dan lainnya. “Memang tidak mudah melakukan moratorium utang, tapi kalau diam saja keadaan kita akan makin terpuruk,” tutur dia.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Anggaran (Banggar) DPR menyepakati pagu program pengelolaan utang negara dalam APBN 2017 sebesar 221,19 triliun rupiah. Jumlah itu turun tipis dari usulan sebelumnya, yaitu 221,41 triliun rupiah. Namun, naik 15,67 persen jika dibandingkan dengan alokasi tahun ini yang sebesar 191,22 triliun rupiah.

“Anggaran program pengelolaan utang negara ini buat bayar bunga utang,” ujar Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani, Senin (17/10).

Secara terpisah, peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng, mengingatkan pemerintah dan DPR untuk menyadari bahwa tugas utama fiskal adalah instrumen untuk kesejahteraan rakyat sebagaimana amanat UUD 1945, dan bukan untuk mengabdi pada kepentingan obligor pengemplang BLBI.

“Kalau belum apa-apa sudah mengalokasikan anggaran pembayaran bunga utang sebesar itu berarti kepentingan rakyat terabaikan. Masak bayar utang yang didulukan? Ini sama saja menyuruh rakyat membayar pajak tapi hasilnya untuk bayar utang,” tegas dia.

Salamuddin menilai dengan tren terus naiknya jumlah utang, negara didorong hanya menjadi sekadar struktur birokrasi yang mirip era kolonial. Secara formal negara seolah- olah ada dengan dasar negara yang berbeda dengan negara lain tapi secara esensi sesungguhnya sama, yakni mengabdi kepada penguasa modal dunia.

http://www.koran-jakarta.com/ri-kian...gu-utang-blbi/

ya dikompensasi sama pemalakan pajak 2017 to emoticon-Wakaka
image-url-apps
utang lagi emoticon-Takut
gak apa2 kok emoticon-Big Grin

kata nastak emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
RI Kian Terbelenggu Utang BLBI



silahkan tanya HASTOKKK sapa tau dia ngerti...

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Klu BLBI inget adinya om wowo
Kehkehkehkeh
image-url-apps
Nasbungul bikin trit , horeeeeee.
Gak senang lu kelaut aja tong.
image-url-apps
Dananya ada, tinggal mau utang apa kagak.

Begitulah kata seseorang dulu.
image-url-apps
Utang nya dah ada,tinggal mau kerja atau gak (buat lunasin utang) -petugas partai
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
semakin diambang kehancuran goblok banget dah tinggal nunggu waktu kaya bom yang meledak emoticon-Leh Uga

siapa dulu presidennya? pak wiwik anaknya mamak banteng dari moncong putih gitu lohhhhh! emoticon-Leh Uga

udah tau anggaran defisit masih aja bangun membangun dengan buat nota kesepahaman MoU, peminjaman dana ke negara luar dengan tingkat suku bunga yang tingii, pemerataan infrastruktur tapi hasil nihil!

urusin dulu masalah infrstruktur papua, 35000MW, bandara miangas, MRT LRT subsidi BBM ke papu sama konflik HAM di papua. jangan tidur terus pak, itu semua dananya ngutang dari negara lain.


bagus sekali pak wiwikemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga



panastaik silahkan pegangan yang kuat ya
sama coli yang rapih

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
image-url-apps
utang... utang... utang....
image-url-apps
Quote:



itu kenyataan goblok emoticon-Leh Uga

nastaik goblokemoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


buzzer mah gitu, yang penting kucuran dana ada terus, kalo ga gitu mah jadi jongos nasbung

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
janganlah berjanji apabila tak bs kau tepati emoticon-Big Grin
image-url-apps
gak ngerti kasus ini

no koment .

BLBI doang ngoahahaha..
utang ke warung aje blom lunas emoticon-Ngacir
image-url-apps
mw negra bgus y rakytny kerja bgus .klo utang itu tndany bnyk yng ga produktif
image-url-apps
coba tanya kpk, yg diperiksa terkait ini ko ngga pernah di koar2 ke mediaemoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


Dulu megalodon pernah moh dipanggil kpk
Tapi geng banteng ancam serbu kpk, akhirnya g jadi

Tau2 udah tutup kasus kemaren, bravo emoticon-Traveller
makin gile utang RI nie emoticon-Takut
yah apa boleh buat ? hutang kan memang harus dibayar ? emoticon-EEK!
×