alexa-tracking

Satu Harga se-Indonesia Harusnya Pertamina Tak Rugi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58089b7b925233b0018b4575/satu-harga-se-indonesia-harusnya-pertamina-tak-rugi
Satu Harga se-Indonesia Harusnya Pertamina Tak Rugi
Jakarta - Program BBM Satu Harga yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini, mengharuskan PT Pertamina (Persero) membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS), hingga pelosok-pelosok negeri. Misalnya di kabupaten-kabupaten pegunungan Papua.

Pertamina harus hadir di seluruh Nusantara, dari Aceh sampai Papua, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, untuk menjamin pasokan BBM dengan harga yang terjangkau.

Kementerian ESDM menjamin Program BBM Satu Harga tak akan membuat Pertamina sampai rugi. Pemerintah akan membuat perhitungan matang, sebelum memberikan penugasan pada Pertamina membangun SPBU atau APMS di suatu daerah terpencil.

"Kita kalkulasi semua dengan baik supaya Pertamina tidak rugi. Penugasan untuk Pertamina tidak boleh membuat Pertamina rugi. Konsepnya kan begitu," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Biaya distribusi BBM ke daerah-daerah terpencil memang mahal. Untuk pengiriman BBM ke Wamena misalnya, biayanya sampai Rp 29.000/liter, karena BBM harus diangkut dengan pesawat. 

Supaya Pertamina tak rugi, dibuat sistem subsidi silang. Kerugian dari penyaluran BBM ke wilayah pedalaman akan ditutup oleh keuntungan dari penyaluran BBM ke kota-kota besar. Secara total, Pertamina harus tetap untung supaya keuangannya sehat dan dapat terus menjalankan penugasan-penugasan dari pemerintah.

"Jadi nantinya dihitung secara nasional, di sini (daerah terpencil) negatif ditutup positif dari kota besar, jadi secara total harus positif, harus untung. Karena itu kita hitung secara corporate harus untung," tegas Wirat.

Sebagai informasi, menurut perhitungan Pertamina, biaya transportasi BBM ke pelosok Papua dan Papua Barat mencapai Rp 800 miliar per tahun. Pertamina tidak mendapat subsidi sama sekali dari pemerintah untuk mendistribusikan BBM ke Bumi Cendrawasih, semuanya ditanggung Pertamina sendiri.

Sesuai perintah Jokowi, kalau harga premium dan solar di Jawa Rp 6.450/liter dan Rp 5.150/liter, warga Papua juga harus bisa membeli dengan harga yang sama. Saat ini harga BBM di daerah pegunungan Papua sangat mahal, Rp 60.000-100.000/liter. Jokowi ingin harga BBM di seluruh Indonesia sama agar berkeadilan dan tidak menimbulkan ketimpangan.

sumber www.detik.com

pertamina standar janda
dulu waktu ditanya kenapa harga lebih mahal dibanding negara tetangga, alasannya karena ada biaya distribusi dari aceh-papua...
image-url-apps
pertamina gak transparan
Pertamina serakah...

emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
Pertamina ini cinta tanah air atau cinta duit sih?emoticon-Bingung
Gk transparan bnget ck ck ck
image-url-apps
Alasan buat naekin bbm, biar pertamina untung, serta menghindari hilangnya "kemungkinan" untung.

emoticon-Big Grin
itu kalo di daerah bensinnya kagak diseludupin ke negara tetangga. emoticon-Leh Uga
image-url-apps
perusahaan yg ga sehat
image-url-apps
Quote:



diobatin...
atau suntik mati?
image-url-apps
emang pertamini pernah untung yakemoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:



mafia migasnya hukum mati
image-url-apps
siap2 produsen motor n mobil nambah kapasitas produksi
take emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
bakal rugi lagi gak nih pertamina emoticon-Ngakak
makin kelihatan BUMN nggak transparan soal akuntansinya.....emoticon-Big Grin
image-url-apps
Mensing make shell aja bre, itungannya pas

Di pertaminul lebih berapa puluh perak atau ratusan suka digenepin ke angka lebih besar
image-url-apps
biar harganya sama yg di kota besar harganya dinaikin buat subsidi silang ke papua
menang banyak dong emoticon-Ngakak
image-url-apps
Supaya ga rugi, demi saudara Papua supaya harga BBM sama seluruh NKRI, naikkan 10rebu buat pertalite, masih sanggup beli di Jawa...
karena harga minyak lagi rendah bisa jadi ga rugi..tapi pas naik gimna skenarionya?
×