alexa-tracking

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58088ab0ddd770064f8b456f/thecomment-bicara-fakta-fakta-seputar-kereta-api-di-indonesia
[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia
Selamat sore commenters, welcomeback to .the.comment.. Berhubung kali ini mau membahas tentang fakta, sebelum masuk materi, .the.comment. akan menyampaikan fakta mengenai thread-thread yang sudah .the.comment. buat selama ini. Ini dia faktanya.

Spoiler for Fakta thread .the.comment.:


Akan tetapi ngga bisa dipungkiri juga ya commenters, walaupun faktanya thread .the.comment. super ngga jelas, ngga penting, ngga bermutu, dan selalu sepi pengunjung, faktanya .the.comment. selalu menghadirkan wanita-wanita cantik untuk menemani commenters selama membaca thread. Seperti wanita cantik, bisa nyanyi, dan bisa main alat musik berikut ini. Kurang apa coba? Baiklah langsung saja kita undang, inilah dia.

Spoiler for Sheryl Sheinafia:



Quote:Commenters udah pernah naik kereta api? Atau malah udah sering? Tapi walaupun commenters udah pernah/udah sering naik kereta api, apakah commenters udah tau fakta-fakta berikut ini?

Quote:1. Tanggal 17 Juni 1864 tercatat sebagai awal mula sejarah perkeretaapian Indonesia. Saat itu commenters, dibangun rel sepanjang 25 km yang menghubungkan Stasiun Semarang menuju Stasiun Tanggung di Grobogan.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:2. Terowongan Wilhelmina di Kabupaten Pangandaran adalah terowongan KA terpanjang di Indonesia. Terowongan yang sudah tidak digunakan ini, dibangun tahun 1911-1914 dan panjangnya 1.116 meter.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:3. Sedangkan terowongan KA terpanjang yang masih digunakan adalah Terowongan Sasaksaat di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jadi commenters, terowongan ini dibangun tahun 1902-1903 dan memiliki panjang 949 meter.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:4. Jembatan KA terpanjang yang masih aktif adalah Jembatan Cikubang di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Panjang jembatan ini 300 meter loh commenters.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:5. Inilah jembatan KA terpanjang di Indonesia commenters. Namanya Jembatan Cikacepit, berada di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Panjang jembatan ini adalah 1250 meter, tapi jembatan ini sudah tidak lagi digunakan ya commenters.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:6. Jembatan Cisomang yang berlokasi di Desa Cisomang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat adalah jembatan KA tertinggi di Indonesia nih commenters. Tinggi jembatan ini adalah 100 meter di atas Sungai Cisomang.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:7. Ngomongin soal jembatan KA, ada jembatan KA yang unik nih commenters. Namanya Jembatan Cirahong, terletak di perbatasan antara Tasikmalaya dan Ciamis. Bagian atas jembatan ini digunakan untuk kereta api , sementara bagian bawahnya untuk kendaraan bermotor, sepeda, dan pejalan kaki.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:8. Kereta Api Terpanjang di Indonesia adalah KA Babaranjang. Dengan 60 rangkaian ditarik dengan 2 atau 3 Lokomotif CC 202 dan CC 205. Sedangkan kekuatan masing-masing lokomotif sekitar 2.100 tenaga kuda untuk membawa muatan 2.300 ton batu bara.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:9. Rute KA penumpang terjauh di Indonesia adalah rute KA Krakatu nih commenters. KA tujuan Merak-Kediri ini memiliki jarak tempuh sekitar 925 kilometer dan ditempuh dengan waktu kurang lebih 18 jam perjalanan. Selain itu, KA ini juga melintasi 6 provinsi atau seluruh provinsi di Pulau Jawa yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:10. Sedangkan rute KA terjauh di Indonesia dipegang oleh kereta barang pengangkut semen dengan rute Nambo - Banyuwangi Baru sepanjang sekitar 1000 kilometer. Perjalanannya membutuhkan waktu 23-24 jam. Lama banget ya.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:11. Kalo rute KA paling ekstrim di Indonesia adalah rute KA yang melewati jalur Purwakarta-Padalarang nih commenters. Alig banget ini, jadi commenters akan melalui terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang masih aktif (Sasaksaat – 949 meter), jembatan KA terpanjang di Indonesia yang masih aktif (Cikubang – 300 meter), dan jembatan kereta api tertinggi di Indonesia (Cisomang – 100 meter). Jalur kereta ini juga sangat berbahaya karena letaknya yang berada di punggung bukit dan banyaknya lembah yang dilewati.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:12. Lokomotif paling ningrat adalah CC 206 13 87 dan 88 karena kedua lokomotif ini menarik rangkaian kereta KLB RI 1 loh commenters.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:13. Di Stasiun Purwakarta ada kuburan kereta loh commenters. Di stasiun ini banyak kereta yang sudah tidak digunakan ditumpuk begitu saja.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:14. Tragedi Bintaro 19 Oktober 1987 merupakan kecelakaan KA paling kelam dalam sejarah Indonesia. Tabrakan antara dua KA ini menelan korban jiwa sebanyak 156 orang.

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:15. Commenters tau Charlie Chaplin? Tahun 1927, Charlie Chaplin seorang komedian dari Inggris, pernah ke Stasiun Cibatu di Garut, Jawa Barat loh commenters!

[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia



Quote:Gimana commenters? Baru tau fakta-fakta di atas dan terkejut bukan main? Atau malah udah pada tau? Atau punya pengalaman seputar fakta-fakta di atas? Atau mungkin tau fakta-fakta lain? Silahkan beberkan semua itu di komentar.

Jangan lupa rate emoticon-Rate 5 Star dan komen thread ini. Sampai jumpa di thread berikutnya. Tapi jangan dikunjungi ya commenters thread berikutnya, buat apa juga baca thread dari .the.comment. emoticon-Cool

Rekomendasi HT

Quote:Referensi/Sumur

Sumur 1
Sumur 2
Sumur 3
Sumur 4



Quote:
Jangan Mampir!


Spoiler for Koleksi HT .the.comment.:




Budayakan Pertamax di thread sendiri emoticon-Cool
mejeng dulu

ane dah jarang pake kereta api apalagi ada kisruh kisruh gak jelas emoticon-Hammer (S)
gua punya lintasan khusus untuk emak ke pasar bray emoticon-Cool
ga nyangka dah seabad lebih yah bray emoticon-Big Grin
terowongan kerata api sekarang serem gan..
Trit ripos kaskusepur bkn gan emoticon-Hammer2
wah, ada hubungannya sama trit ane nih ... emoticon-Big Grin
Naik kerata api tut tut tutt
ane mau nanya gan..cuma kereta malam aje yeh yg bunyinya jugigakgijakgijakgijuk..klo kereta siang gmne gan?emoticon-Malu
Oh gitu ya bre emoticon-Traveller
hayo jalur paling terjal tuh yang manaemoticon-Malu (S)

padalarang - cianjur apa cicalengka - ciamisemoticon-Malu (S)

gini gini om dlu dagang tahu di KRD cianjuranemoticon-Malu (S)
Wah kebiasaan ane nih kalo kaga ada tugas kuliah, ane sering hunting hunting kereta emoticon-Ngakak
baru tau faktanya emoticon-Sorry
kereta malam bray :beer
Hmmmmm okesip dah
Quote:Original Posted By jin.bolo.bolo
Naik kerata api tut tut tutt


siapa hendak turun . .dari jakarta ke surabaya . . jugijakijugijaggijuk
Quote:Original Posted By ivano_wars
terowongan kerata api sekarang serem gan..

lebih serem dari casablanca bray emoticon-Takut (S)
elu danang atau darto bray ?
pejwan saya tutup ya :nyantai