alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58087cd056e6afe1048b457b/2-tahun-jokowi-jk-peringkat-daya-saing-ri-masih-rendah
2 Tahun Jokowi-JK, Peringkat Daya Saing RI Masih Rendah
Kamis 20 Oct 2016, 11:55 WIB

2 Tahun Jokowi-JK, Peringkat Daya Saing RI Masih Rendah

Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah berjalan dua tahun. Sayangnya, daya saing Indonesia masih rendah.

"Saya akan coba jelaskan kinerja 2 tahun Nawacita, ini lampu kuning daya saing. Kenapa demikian? Begini, sepertinya dalam pekan-pekan ini banyak data-data bagaimana pemerintah berusaha untuk membangun perekonomian supaya terlihat geraknya. Namun di sisi lain dalam radar global, negara kita juga ada yang menilai, dan tidak hanya satu dua lembaga namun banyak yang menilainya," kata Peneliti INDEF, Eko Listiyanto.

Hal itu diungkapkan Eko dalam diskusi "Dua Tahun Nawacita, Lampu Kuning Daya Saing" diadakan di kantor INDEF, Jalan Batu Merah 45 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2016)

Ia mengatakan, ada data tentang peringkat daya saing global yang dirilis oleh salah satu institusi internasional. Dalam laporan tersebut, daya saing Indonesia tercatat turun.

"Sebetulnya peringkat GCI (Global Competitiveness Index) kita turun, diukur dari indikator dasar sampai ke inovasi teknologi. Tapi singkatnya adalah bagaimanapun, secara persisten memang turun. Pada periode terakhir, 2 tahun pemerintahan sebelum Jokowi peringkat kita turun, ditutup di peringkat 34," ujarnya.

"Seperti anak sekolah kalau rangking turun harusnya evaluasi diri. Di Asia Tenggara memang banyak yang turun, namun tidak semuanya. Ada negara yang mirip dengan kita dan tapi prestasinya bagus," tambahnya.

Menurutnya, banyak pilar-pilar penyokong GCI yang mendapat rapor merah. Misalnya, di sektor kesehatan dan pendidikan dasar.

"Tahun lalu (pendidikan dasar) peringkat 80 sekarang lompat ke 100. Kemudian dari sisi efisiensi, terutama ada yang bagus namun ada yang meningkat," katanya.

"Tetapi yang menarik yang turun adalah good market eficiency. Pasar kita semakin tidak efisien. Dan terakhir innovation and sophistication factor kita menurun," ucapnya.

2 Tahun Jokowi-JK, Peringkat Daya Saing RI Masih Rendah


http://m.detik.com/finance/berita-ek...i-masih-rendah
baru 2 tahun..belum 10 tahun kayak kebo penuh kesia siaan emoticon-Imlek
Quote:Original Posted By kelazcorro
baru 2 tahun..belum 10 tahun kayak kebo penuh kesia siaan emoticon-Imlek


10 tahun yang sia siaemoticon-Cape d...
2 Tahun Jokowi-JK, Peringkat Daya Saing RI Masih Rendah