alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580877561cbfaa290e8b4568/trik-mudah-membersihkan-sensor-kamera
Thumbs up 
Trik Mudah Membersihkan Sensor Kamera
Trik Mudah Membersihkan Sensor Kamera

Sebagus apapun kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) Sahabat Fotografi, ketika ada debu yang menempel pada sensor kamera, maka hasil foto tidak akan maksimal. Kita akan membahas dahulu kenapa sensor kamera ini menjadi kunci pada setiap DSLR. Setiap sensor kamera ini menangkap hampir jutaan piksel yang akan membentuk suatu foto yang bagus. Ketika Sahabat Fotografi mempunyai kamera DSLR sendiri, Sahabat Fotografi akan awas dengan perbedaan yang terjadi dalam setiap foto. Misalnya terjadi bintik-bintik kecil pada foto. Bisa jadi itu adalah debu yang menempel pada sensor kamera.

Debu yang menempel pada sensor kamera ini biasanya akan membandel dan tidak akan bisa hilang jika tidak bersihkan. Ketika Sahabat Fotografi membiarkan debu tersebut, maka tidak lama akan muncul debu lain dan bahkan jamur. Sensor kamera yang sudah ditumbuhi jamur maka hasil foto akan terlihat bintik-bintik hitam dalam jumlah bahkan terkadang menggaris hitam.

Ada beberapa alasan kenapa kamera DSLR ini terdapat debu dan jamur. Pertama karena penyimpanan kamera tidak berada di dalam drybox. Kedua pada saat pengambilan gambar berada di lingkungan yang cukup beredebu. Untuk alasan terakhir, itu terkadang sudah menjadi konsekuensi seorang fotografer, jadi yang harus Sahabat Fotografi lakukan adalah selalu rajin membersihkan kamera. Sekarang kita akan menjelaskan bagaimana trik mudah membersihkan sensor kamera dari debu yang bisa bisa Sahabat Fotografi lakukan.

Bersihkan sendiri atau serahkan orang lain

Kapan sebaiknya Sahabat Fotografi membersihkan kamera DSLR? Sebaiknya Sahabat Fotografi membersihkan kamera DSLR ini seminggu sekali jika tidak pernah digunakan dan setelah pemakaian outdoor. Lakukan secara teratur agar kamera Sahabat Fotografi terhindar dari debu ataupun jamur. Nah jadi Sahabat mempersiapkan diri, apakah Sahabat Fotografi mempunyai tekad untuk membersihkan kamera DSLR sendiri atau tidak.

Jika Sahabat Fotografi orangnya malas untuk membersihkan kamera DSLR, Sahabat Fotografi bisa menyerahkan kepada DOSS Camera & Gadget karena DOSS sudah bersertifikat oleh SONY. Jadi Jangan ragukan lagi untuk menyerahkan masalah ini ke DOSS Camera & Gadget.


Pastikan lingkungan sekitar Sahabat Fotografi bersih

Ketika Sahabat Fotografi sudah bertekad untuk membersihkan kamera, yang harus Sahabat Fotografi lakukan selanjutnya adalah memastikan apakah lingkungan di sekitar bersih atau tidak. Pastikan Sahabat Fotografi membersihkan sensor kamera ini di dalam ruangan, karena debu di luar ruangan bisa lebih jahat yang mengakibatkan bintik-bintik hitam.

Gunakan alat pembersih kamera khusus

Jangan membersihkan sensor kamera dengan tisu atau dengan cara meniup. Sahabat Fotografi bisa pergi ke toko kamera terpercaya dan membeli alat pembersih kamera. Walaupun harganya sedikit mahal, itu adalah investasi bagus untuk menjaga kebersihan sensor kamera.

Alat pembersih kamera khusus terseut juga bisa dibeli di DOSS Camera & Gadget lho, tinggal klik di DOSS Cleaning Kit

Perhatikan partikel-partikel kecil

Ketika membuka sensor kamera, perhatikan dengan detil di dalam lensa kamera apakah ada partikel-partikel kecil yang menempel. Gunakan blower ketika Sahabat Fotografi menemukan partikel kecil, karena jika dibiarkan partikel debu ini bisa menyebabkan goresan pada sensor kamera. Jika memang partikel kecil ini tidak bisa hilang, Sahabat Fotografi bisa menggunakan metode wet cleaning.

Cara membersihkan kamera dengan metode wet cleaning

Untuk membersihkan kamera, Sahabat Fotografi bisa men-set di dalam menu kamera. Nyalakan kamera Sahabat Fotografi lalu menu dan cari sensor cleaning lalu pilih clean manually. Ketika mirror lens pada kamera sudah bergerak ke atas, Sahabat Fotografi bisa membersihkan menggunakan blower. Jika ada partikel kecil membandel, gunakan cutton buds atau alat khusus yang sudah dicelupkan kepada cairan pembersih, dan gosok sampai hilang. Jika masih juga tidak bisa hilang, Sahabat Fotografi bisa menyerahkan kamera tersebut kepada yang berpengalaman untuk ditinjak lebih lanjut.

Itulah beberapa cara yang bisa Sahabat Fotografi lakukan untuk membersihkan sensor kamera. Jangan sampai lupa untuk membersihkan kamera dan letakkan di tempat seharusnya ya.

sumur
×