alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58086d62ded77063128b4569/ahok-kok-demi-mempertahankan-uu-pemilu-semua-peraturan-dilanggar
Ahok: Kok Demi Mempertahankan UU Pemilu, Semua Peraturan Dilanggar?
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, pelaksana tugas tidak bisa menandatangani APBD DKI. Namun, dia heran peraturan menteri dalam negeri malah mengizinkan hal itu.

"Itu yang saya bilang agak sedikit masalah tapi Permendagri kan enggak mau anggap itu masalah. Nah karena ini bertentangan makanya bawa ke MK, putusannya kita tunggu," ujar Basuki atau Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/10/2016).

Ahok sedang mengajukan uji materi terhadap UU Pilkada terkait aturan cuti kampanye. Dia ingin calon petahana tidak perlu cuti selama 4 bulan penuh di masa kampanye. Dia khawatir dengan nasib APBD DKI.

Sebab, kata Ahok, berdasarkan UU Keuangan Daerah wewenang untuk menandatangani APBD ada pada gubernur. Bahkan wakil gubernur tidak boleh menandatangani itu.

UU tentang Pemerintahan Daerah terikat dengan UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Pasal 6 dalam UU Keuangan Negara menyebutkan, Presiden selaku kepala pemerintahan memegang kekuasaan dalam pengelolaan keuangan negara.

Sementara pada Pasal 6 ayat 2 menjelaskan soal kekuasaan pengelolaan keuangan negara kepada tiga pihak, yakni Menteri Keuangan, lembaga negara, dan kepala daerah.

"Itu pengertian kita belasan tahun bertata negara. Kok tiba-tiba demi mempertahankan UU Pemilu ini, semua peraturan dilanggar, lalu Permendagri diperkuat?" ujar Ahok.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerbitkan Peraturan Mendagri Nomor 74 Tahun 2016 guna mengatur ketentuan pelaksana tugas (plt) kepala daerah yang menggantikan posisi sementara petahana ketika mengikuti pilkada serentak 2017.

Tjahjo mengatakan, terdapat lima tugas pokok plt kepala daerah yang diatur dalam peraturan tersebut. Tugas tersebut, antara lain mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak 2017, menangani proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017.

Lalu, menata organisasi perangkat daerah serta struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, pengisian personel sesuai SOTK, serta melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari.

"Hal-hal yang strategis tersebut oleh plt akan senantiasa dikonsultasikan, dilaporkan, dan mendapat persetujuan Mendagri untuk pengendaliannya," ujar Tjahjo, dikutip dari situs Setkab.go.id, Senin (10/10/2016).

Terkait dengan APBD Tahun Anggaran 2017, Tjahjo menuturkan, plt kepala daerah dapat menandatangani APBD tersebut.

"Boleh. Enggak ada masalah. Sesuai poin-poin (Permendagri 74/2016)," ucap Tjahjo.

SUMBER

Nih si tjahjo mending lepas wig aja deh.. biar pikirannya lebih terbuka.. emoticon-Malu (S)

btw nasbung ngerti yg kaya gini ga sih ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Kok bisa gitu???


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Mengingat-ingat yang dilupakan
Hajar bleh.emoticon-army
emoticon-Leh Uga
Ahok: Kok Demi Mempertahankan UU Pemilu, Semua Peraturan Dilanggar?

Hok , jakarta uda kering gara-gara loe ... jadi mau ga mau , lu harus di Cutiin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

ga tau loe mereka kekurangan OLI PEMBANGUNAN ??
Klo APBD di tanda tangani Plt. Jadi tanggung jawab ke mendagri donk??
Terkait dengan APBD Tahun Anggaran 2017, Tjahjo menuturkan, plt kepala daerah dapat menandatangani APBD tersebut.

kalau plt bisa tanda tangan APBD, habislah sudah duitnya kena rampok.
70T APBD DKI bakal jadi bahan bancakan para tikus2 itu. saatnya mengisi kembali kantong yang kering selama hampir 5 tahun ini.
si topig akhirnya bisa makan lobster sampe buncit emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By harakiri1
Ahok: Kok Demi Mempertahankan UU Pemilu, Semua Peraturan Dilanggar?



Tolol, bedakan cuti di saat si kumis ama yg sekarang dongok emoticon-Ngakak
Cuti 4 bulan ya keterlaluan
Rakyat bayar pejabat buat kerja, bukan buat cuti
emoticon-Ngakak
Jadi musti gimana dong gan? emoticon-Malu
saipul menang banyak emoticon-Ultah
jiah si THR... emoticon-Wakaka
asyik bisa makan lobster nihemoticon-Ultah
payah nih si tjahjadi emoticon-Entahlah
UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
Pasal 10

(1) Kekuasaan pengelolaan keuangan daerah sebagaimana tersebut dalam Pasal 6 ayat (2) huruf c :

dilaksanakan oleh kepala satuan kerja pengelola keuangan daerah selaku pejabat pengelola APBD;

dilaksanakan oleh kepala satuan kerja perangkat daerah selaku pejabat pengguna anggaran/barang daerah.

(2) Dalam rangka pengelolaan Keuangan Daerah, Pejabat Pengelola Keuangan Daerah mempunyai tugas sebagai berikut :

menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan APBD;

menyusun rancangan APBD dan rancangan Perubahan APBD;

melaksanakan pemungutan pendapatan daerah yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah;

melaksanakan fungsi bendahara umum daerah;

menyusun laporan keuangan yang merupakan per-tanggungjawaban pelaksanaan APBD.

(3) Kepala satuan kerja perangkat daerah selaku pejabat pengguna anggaran/barang daerah mempunyai tugas sebagai berikut:

menyusun anggaran satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya;

menyusun dokumen pelaksanaan anggaran;

melaksanakan anggaran satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya;

melaksanakan pemungutan penerimaan bukan pajak;

mengelola utang piutang daerah yang menjadi tanggung jawab satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya;

mengelola barang milik/kekayaan daerah yang menjadi tanggung jawab satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya;

menyusun dan menyampaikan laporan keuangan satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya.
Triak2 g boleh langgar UU
Tapi lu keok trus di pengadilan emoticon-Leh Uga
Blunder lagi hahaha
Semua itu uda diatur UU, ada alasan kenapa seperti itu.. kalo ga percaya liat kajian pendahuluan UU itu (setiap bikin UU harus ada kajiannya) jadi ga usah berpikiran negatif kalo segala uu di tanah air ini digunakan untuk musuhin Ahok.

Dia cuti juga ga digaji negara alias cuti diluar tanggungan negara

Dan kenapa dia ga malu ngomong nabrak2 UU sedangkan dia sendiri sering langgar peraturan perUUan, pernah menang di pengadilan? Jawab sendiri ya nastak dan nasbung..
kenapa UU pemilu yang sudah bagus,mau ahok otak atik?
kenapa ngotot mesti di ubah ahok?
Quote:Original Posted By dzulfikar777
Blunder lagi hahaha
Semua itu uda diatur UU, ada alasan kenapa seperti itu.. kalo ga percaya liat kajian pendahuluan UU itu (setiap bikin UU harus ada kajiannya) jadi ga usah berpikiran negatif kalo segala uu di tanah air ini digunakan untuk musuhin Ahok.

Dia cuti juga ga digaji negara alias cuti diluar tanggungan negara

Dan kenapa dia ga malu ngomong nabrak2 UU sedangkan dia sendiri sering langgar peraturan perUUan, pernah menang di pengadilan? Jawab sendiri ya nastak dan nasbung..

emoticon-Traveller