alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580848c9c1d77048138b4576/ombudsman-endus-pelanggaran-penanganan-kasus-di-polres-jakarta-barat
Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat
Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Ombudsman mendapati 11 kasus masih mangkrak di Polres Jakarta Barat. Ombudsman masih menyidik temuan itu dan sudah melakukan pemanggilan terhadap pejabat Polres Jakarta Barat.


Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala mengatakan, pihaknya juga mengendus adanya pelanggaran dalam penanganan kasus di Polres Jakarta Barat. Salah satunya, soal kasus penggelapan yang ditangani Polres Jakarta Barat pada 2015.


"Kasus penggelapan yang ditangani Polres Metro Jakbar tahun 2015, polisi tidak lagi menempatkan dirinya sebagai penegak hukum, tetapi sudah jadi centeng," kata Adrianus kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/10/2016).


Kasus dimaksud Adrianus yakni penangkapan terhadap seorang pegawai yang dilaporkan menggelapkan uang milik perusahaan. Polres Jakarta Barat juga telah menetapkan pegawai itu sebagai tersangka.


Laporan yang diterima Adrianus, diduga terjadi kejanggalan dalam kasus itu, utamanya dalam prosedur menetapkan tersangka oleh Polres Jakarta Barat. Proses penetapan tersangka dalam kasus itu, disebut Adrianus, tanpa melalui proses penyelidikan dan penyidikan yang layak. Itu terjadi karena si pelapor punya kedekatan dengan polisi.


"Terlapor ditetapkan tersangka setelah ditahan tiga hari, sementara surat perintah penangkapan dibuat penyidik tiga hari setelah pelaku ditangkap," ungkap Adrianus.


Adrianus masih enggan membeberkan identitas terlapor dan pelapor dalam kasus penggelapan itu. Sebab, Ombudsman masih mendalaminya. Yang jelas, sudah setahun kasus itu berjalan, tapi belum juga masuk persidangan. Tersangka juga masih mendekam di Rumah Tahanan Salemba.


"Jadi kami menduga, penangkapan dan penetapan tersangka terhadap terlapor dalam kasus ini, hanya didasari permintaan pelapor saja," ungkap Adrianus.


Pejabat Polres Jakarta Barat masih belum mau menanggapi. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Roycke Harry Langie dan Kasat Reskrim AKBP Didik Sugiarto masih bungkam. Pewarta sudah mencoba mengonfirmasinya melalui sambungan telepon juga pesan singkat, tapi tidak ada tanggapan.


Sementara, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Herru Julianto, hanya menjawab singkat, "Saya no comment dulu," pungkas Herru.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...-jakarta-barat

---

Kumpulan Berita Terkait PELANGGARAN :

- Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat

- Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat Komitmen Basmi Pelanggaran Kode Etik, MA Luncurkan SIWAS

- Ombudsman Endus Pelanggaran Penanganan Kasus di Polres Jakarta Barat Pemerintah Segera Terbitkan Inpres Penganggaran dan Perencanaan