alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58083d49dcd770235d8b4567/sumut-ajak-uni-eropa-tingkatkan-kerjasama-berbagai-bidang
Sumut Ajak Uni Eropa Tingkatkan Kerjasama Berbagai Bidang
MEDAN | DNA - Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengapresiasi kunjungan kerja 16 diplomat Uni Eropa diantaranya 7 Duta Besar bersama wakil duta besar. Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan kunjungan para delagasi menjadi momentum peningkatan kerjasama di berbagai bidang antara Sumut dan negara-negara Uni Eropa.

“Sumut memiliki kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke untuk industri sawit dan turunannya di Simalungun, selain itu memiliki bandara kualanamu juga pelabuhan belawan. Selain itu Sumut juga memiliki pelabuhan Kuala Tanjung di Batubara,” terang Erry saat menyambut kunjungan kerja 7 Duta Besar dan delegasi Uni Eropa, Rabu (19/10) di rumah dinas Gubsu Jl Jenderal Sudirman No.41 Medan.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengajak para delegasi Uni Eropa agar dapat berkesempatan mengunjungi Danau Toba. Di mana di dalamnya juga terletak pulau Samosir yang merupakan pusat dari kebudayaan batak toba. “Saya mengajak para delagasi untuk dapat mengunjungi danau toba dan mengunjungi pulau Samosir,” kata Erry para kepala SKPD Pemprovsu.

Sumut dan kota Medan dinilai memiliki keunikan tersendiri disamping jumlah penduduknya yang cukup besar, hal inilah yang menjadi ketertarikan dari 16 diplomat Uni Eropa melakukan kunjungan selama tiga hari di Sumut mulai Rabu- Jumat (19-21/10). Kunjungan ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama di antara negara-negara Uni Eropa dengan Pemerintah Sumatera Utara (Sumut).

Kunjungan yang dipimpin oleh duta besar Uni Eropa dari Prancis Vincent Guerend ini diikuti oleh diplomat lainnya di antaranya duta besar Austria, Helene Steinhausl, duta besar Yunani, Georgios Dogoritis, Duta Besar Irlandia, Kyle O’Sullivan, duta besar Italia, Vittorio Sandalli, duta besar Hongaria, Judit Nemeth-Pach dan duta besar Slovakia, Michal Slivovic. Selain itu juga turut dihadiri wakil duta besar dari berbagai negara Uni Eropa. Kunjungan ini langsung diterima Gubsu, Tengku Erry Nuradi di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara.

Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guerend mengatakan, Medan merupakan kota ketiga yang mereka kunjungi setelah Bandung dan Surabaya. Selama ini kata Vincent, Uni Eropa memiliki kepentingan kerjasama bilateral dengan pemerintah Indonesia di Jakarta, namun Uni Eropa juga berkeinginan untuk melihat langsung daerah-daerah di Indonesia terutama yang berada di luar Jawa.

“Kami menilai Medan ini memiliki keunikan budaya tersendiri, begitu juga dengan ekonominya. Sumut juga merupakan provinsi yang strategis, karena memiliki laut juga hutan. Oleh karena itu kami ingin melihat langsung dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dengan provinsi Sumut,” ujar Vincent.

Kepada Gubsu, Vincent Guerend mengatakan kunjungan mereka ke Sumut di hari pertama untuk melakukan diskusi dengan masyarakat sipil tentang HAM, toleransi antar umat beragama, lingkungan hidup dan pendidikan. Duta besar juga membuka pameran beasiswa Uni Eropa yang digelar di hotel Aryaduta. Selain bertemu Gubsu, mereka juga bertemu anggota Kamar Dagang dan Industri cabang Sumut.

Pada hari kedua, delegasi akan mengunjungi situs kebudayaan di Medan seperti Gereja Katedral dan Istana Maimun. Selain itu juga akan menyelenggarakan seminar tentang kepariwisataan berkelanjutan di USU. Selanjutnya, delegasi juga akan mengunjungi Pelabuhan Belawan PT Pelindo I untuk mengetahui tentang kegiatan pelabuhan khususnya transportasi dan konektivitas kawasan.

Sedangkan hari ketiga, delegasi akan mengunjungi Unit Konservasi Gajah di Tangkahan. Seperti diketahui Uni Eropa telah memberikan dukungan substansial untuk ekosistem leuser.Uni Eropa sebelumnya sudah mengadopsi bayi gajah yang diberi nama ‘Eropa’ dari Tangkahan sebagai mascot Uni Eropa di Indonesia tahun 2015. Kunjungan ke Tangkahan ini juga bertujuan untuk melihat ‘Eropa’ yang saat ini sudah berusia satu tahun.

http://dnaberita.com/berita-26977-su...ai-bidang.html
moga moga sukses dan gak ada yang demoemoticon-thumbsup
sumut daerah yg kaya raya seharusnya bisa lebih maju dari jakarta. mangkanya pilih kepala daerah yg bener ya warga sumut.......... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
terutama di bidang yg Semua Urusan Menggunakan Uang Tunaiemoticon-Ngakak
harusnya kerja sama dengan mexico emoticon-Traveller
Uni eropa harus siap", Sumut = Segala urusan melalui uang tunai