alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58083c909e74046b6e8b456f/kenapa-masakan-indonesia-beragam-amp--enak-ft-pak-jokowi-explained-with-animation
icon-hot-thread
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*


Mengapa Masakan Indonesia Enak-Enak? (Kok-Bisa Ft Presiden Jokowi & Dennis Adishwara)



Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Beberapa waktu lalu, Kobi berkesempatan main ke Istana Negara bareng Om Dennis Adishwara dari Layaria, untuk makan siang dengan presiden kita, Joko Widodo. Setelah menyantap aneka hidangan Indonesia yang lezat, lalu disana Bapak Presiden kita Joko Widodo bertanya kepada “Kok-bisa?”: Mengapa masakan Indonesia beraneka-ragam dan enak-enak?

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*



Quote:
Cekidot versi animasinya gan ( biar lebih ngerti!):

youtube-thumbnail




Quote:
Kenapa Kira-kira yah gan?


Hmmm…… iya juga! Kita sebagai orang Indonesia, wajar kalau kita berpikir bahwa kuliner Indonesia enak-enak. Tentu karena kita telah sangat terbiasa dengan citarasanya. Dan hal ini bukan klaim sepihak saja loh gan! masakan Indonesia rupanya terbukti berhasil menjadi jawara di ranah internasional! Buktinya, dalam daftar 50 Makanan Terenak Sedunia yang disusun oleh CNN Travel, rendang dan nasi goreng menempati urutan pertama dan kedua. Sementara itu kuliner lainnya dari Indonesia yakni sate berhasil meraih ranking ke-14, mengalahkan aneka masakan dari negara lain. Lalu gimana hal ini bisa terjadi yah gan?

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*





Quote:
Masakan Indonesia Ternyata Menyimpan Rahasia gan!




Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Ada beberapa alasan yang membuat masakan Indonesia sangat nikmat dan lezat. Pertama, hampir semua masakan nusantara kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Sejak zaman nenek moyang kita masih seorang pelaut, nusantara termasyur sebagai “Kepulauan Rempah”.

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Para pedagang dari Arab, Tiongkok, India, dan Eropa sampai berbondong-bondong datang untuk mencari rempah di tanah air kita ini. Nah, rerempahan ini rupanya tak hanya bisa menggoyang lidah, tapi juga menggoyang hidung kita. Hm, memangnya apa hubungan antara kuliner Indonesia dengan lidah dan hidung kita?




Quote:
Hidung Organ yang Sering Diremehkan Oleh Para Pecinta Rasa



Di bangku sekolah, kita pasti pernah belajar bahwa organ pengecap kita, lidah, dapat mengenali 5 jenis rasa, yaitu manis, asam, asin, pahit, dan gurih alias umami.

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Tapi ternyata, organ yang paling berperan sehingga otak kita bisa mengenali aneka rasa bukan hanya lidah, namun justru hidung! Dibandingkan lidah, retronasal atau hidung bagian dalam kita ternyata lebih peka bereaksi pada kandungan zat kimia dalam makanan. Itu sebabnya, kita langsung bisa mengenali sedapnya Ka-Ep-Cih, Piz-Yahud, atau bakso yang lezat justru saat mencium aromanya, bahkan sebelum mencicipinya. Asalkan, hidung agan-agan tidak sedang mampet ya! Ya mungkin ini juga alasan kenapa sebagian dari kita kurang berselera untuk makan saat kita sedang pilek atau sakit flu…

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*




Quote:
Persembahan yang Unik Hanya Dari Indonesia




Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Oke. Alasan kedua masakan Indonesia enak terletak pada tradisi unik dari berbagaimacam suku bangsa yang berbeda di Nusantara yang dapat dirasakan di balik tiap masakan. Bayangkan saja, semangkuk Rendang yang terdiri dari 30 potong daging sapi dengan berat 1,5 Kg ternyata harus dimasak sampai minimal 4 jam! Fakta uniknya, kalau kurang dari itu, namanya bukan Rendang, tapi Kalio! Hayo yang berasal dari tanah Minang pasti tahu hal ini!

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Lalu, pernahkah kalian makan Rawon? Salah satu bumbu penting Rawon adalah biji kluwek atau keluak atau kepayang, yang ternyata kalau dikonsumsi tanpa persiapan yang benar mengandung racun hidrogen sianida (HCN),

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

ya pengolahan Kluwek yang tidak melalui proses yang panjang seperti direbus, di timbun dalam abu dan tanah dalam balutan daun pisang selama 40 hari akan memberikan efek yang berbahaya kepada siapa saja yang mengonsumsinya. Akibatnya, kita bisa pusing, mual, muntah, dan bahkan tewas dalam 10-60 menit, tergantung dosis yang dikonsumsi. Siapa sangka, justru yang hitam, jelek, dan keriput inilah yang bisa bikin kita mabuk kepayang……dalam arti yang sebenarnya….

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*




Quote:
Keanekaragaman Yang Muncul Dari Pertemuan Berbagai Budaya Dunia




Selanjutnya, kelezatan kuliner nusantara bisa dilacak dari sejarah dan geografisnya. Diapit dua benua dan dua samudera, Indonesia merupakan tempat persinggahan strategis bagi pedagang dari berbagai penjuru dunia. Akhirnya, terjadilah perpaduan antara budaya lokal dan asing, termasuk di ranah kuliner.

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Hasilnya, sekarang kita bisa menikmati kelezatan Martabak Telor hasil percampuran budaya dari timur tengah, Perkedel dari percampuran budaya negara Belanda , Kue Bika dari percampuran budaya Portugis, Siomay dan tentunya, Bakso yang merupakan hasil percampuran budaya dari Tiongkok! Wah rame banget kan Masakan Indonesia, nah udah dari berbagai macam suku bangsa-nya yang punya tradisi masakan dan kuliner sendiri yang tentunya berbeda dan unik, ditambah tradisi dan kuliner hasil akulturasi ataupun asimilasi dari beberapa kebudayaan yang berbeda, yang tentu sangat jelas kenapa masakan dan kuliner di Indonesia beraneka-ragam dan enak-enak karena banyak variasinya gan!

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*






Jadi, ga masalah sih jika agan-agan doyan makan masakan asing, tapi asal masakan Indonesia tetap di hati juga yah gan! Dan sebagai pemuda Indonesia yang kekinian, kita juga bisa menunjukkan nasionalisme lewat sosial media. Daripada posting yang alay-alay, mending posting konten yang bisa bikin kuliner Indonesia mendunia.

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Nah agan punya cerita tentang petualangan kuliner agan tentang masakan-masakan yang ada di Indonesia? Atau punya cerita unik tentang makanan-makanan yang ada di Indonesia? Share dimarih yah gan! Masih banyak loh masakan Indonesia yang belum di ekspos, mereka kan juga mau eksis, sama kayak agan….haha

Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Jangan lupa cendolnya ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
LINK URL BLOG
Sumber



Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation* youtube.com/c/kokbisa
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation* bit.ly/kokbisa
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation* kokbisachannel
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation* @kokbisachannel
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation* instagram.com/kokbisa


Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*

Komen-Komen agan:

Quote:Original Posted By varokahh
nih vroh lagunya ada emoticon-afro

youtube-thumbnail





pekiwan klo berkenan emoticon-Big Grin



yoih sampe dibuat lagunya nih sama orang luar

Quote:Original Posted By Febriliyevich



Temen ane yang dari Perancis aja suka sama masakan sunda, waktu kemarin makan bareng keluarga ampe semur jengkol di sikat emoticon-Ngakak (S)

Orang luar aja mengakui kalau kuliner kita enak banget


wah dari prancis pun orang mengakui kelezatan masakan indonesia

Quote:Original Posted By rizqas88
Tapi kalo kelebihan rempah makanannya malah jadi ga enak emoticon-Busa


Quote:Original Posted By OrangKampoeng
Cuman di Indonesia khususnya Kalimantan yang makan umbut rotan. Mw coba? emoticon-Big Grin


wah umbut rotan? ane belom ppernoh nyoba gan....minta boleh ga gan?

Quote:Original Posted By adt48
Ini pengalaman ane kerja di kapal bareng orang luar gan. Koki Indonesia yang paling dicari
emoticon-Jempol

koki Indonesia paling dicar ternyata gan!


Quote:Original Posted By VRIK
Intinya adalah racikan bumbu, dan kebetulan Indonesia adalah penghasil rempah2 terbaik

yup that's right!


Quote:Original Posted By tukangkorupsi
Masakan india banyak rempahnya juga gan
Saya lebih suka masakan india sih emoticon-Big Grin
Apalagi karinya seneng banget

iya gan India juga punya masakan yang kaya rempah!


Quote:Original Posted By AngelMalaika
Wah, rendang no 1. Coba di franchise in ke seluruh dunia. Ajib bgt tuh. Kalo rendang ayam/tahu/tempe/ikan/telur semoga lebih murah ya.

mantap, agan mau coba buat gan franchisenya?


Quote:Original Posted By bebemania
duhhh makanan indonesia, emang sih kebanyakan gak sehat dibanding makanan orang barat, tp tetep aj makanan indonesia itu paling enak menurut aneemoticon-Ngakak (S)

ah masa sih gan ga sehat? mung jajanan yang tidak higienis dan yang dipinggir jalan kali gan?


Quote:Original Posted By gogoanime
jadi keinget temen yg sekarang tinggal di russia sana, dia buka rumah makan / restoran disana , yang menjual aneka makanan khas indonesia, dan ternyata, orang rusia serta orang eropa pada demen, katanya, dia juga mau buka cabang lain, tapi yang jadi kendalanya, tukang masak alias chefnya.

Soalnya temen cerita, masakan yg dijual selama ini, cuman dimasak dia beserta istrinya saja, praktis, cuman 2 orang yg masak, ada juga pegawai lain, tapi bukan urusan dapur, dia pernah cerita, salah satu pegawainya mencoba memasak seperti yg ada di menu, ngikuti panduan juga, tapi rasanya beda jauh sama masakan indonesia yang khas. Rencananya, dia mau rekrut beberapa koki yang mau diajak ke russia, pernah nemu, tapi pas diajak ke russia, orangnya gak mau

nih agan ini punya lowongan kerja jadi koki di russia saking masakan Indonesia diminati disana

Quote:Original Posted By soganzifan
masakan indonesia tu banyak banget pengaruhnya emoticon-Matabelo

ada bule sampe mindblowing koq bisa masakan indonesia banyak banget uda gitu enak lagi... sumber: youtube "americans tried indonesian foods by buzzfeed" emoticon-Cool

ya karena itu banyak rempah, berani rasa dan dari mana ada dari belanda, tiongkok, india, melayu dsb...emoticon-2 Jempol

terus ada bule yg pernah bilang kalo masakan di negara dy rasanya kayak plastik.. emoticon-sudahkuduga


PROUD TO BE INDONESIAN emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-2 Jempol

yup.....yup.... banyak youtuber luar juga yang sudah membahas masakan Indonesia yang tidak ada dua-nya


Quote:Original Posted By penikmatduniawi
Org indo jaman sekarang lebih suka makanan makanan luar macem korea jepang dan kebarat baratan

Buat sebagian org di indo
Makanan macem rendang dsb mungkin makanan kampung kali

yah sebetulnya masalah masakan kampung atau kota, itu masalah brandign aja gan... dulu ramen juga masakan kampung, pizza juga masakan kampung, dan masih banyak lagi masakan yang tadinya kampung jadi naik kelas..haha

Quote:Original Posted By lilo.ice.
knp enak? Jawabannya 1. bnyak MECIN emoticon-Cool

masa sih gan?

Quote:Original Posted By rizkybond
Memang gak salah lagi deh kalo makanan indonesia memang juaranya
Lihat tuh
Pak presiden jokowi & Turis mancanegara aja pada suka ama produk dalam negri
Kenapa kita sebagai orang indonesia suka ama makanan luar ya ?

cintai produk-produk Indonesiaaaaa! haha

Quote:Original Posted By sapi_cakep
bener tuh gan rendang itu butuh waktu yg lama buat masaknya
ane pernah bantuin emak ane bikin rendang

proses terakhir menguapkan air dari bentuk kuah ke bentuk jadi (semacam bubur?)
itu yg bikin boros gas ama makan waktu paling lama (jadi ngerti kan kenapa rendang itu mahal)

nah konfirmasi dari yang mengerti masakan padang.......nasipadang nasipadang.......uyeaaahh


Quote:Original Posted By ibamfx
yang pasti karena kekayaan bumbu dari rempah rempah nya gan, ya kita inget aja sejarah VOC dulu gan, ngincer indonesia kan karena kaya akan rempah rempah itu gan,, terus pada dasarnya orang indonsesia konsumtif suka makan gan, misal 1 bahan aja bisa jadi banyak resep masakan gan, dan itu nalai unik dari indonesia gan, karena masak itu biaya eksperimennya kecil gan, jadi banyak yang berhasil menemukan resep2 baru emoticon-Big Grin

yup eksperimen kuliner Indonesia itu tanpa henti gan! liat aja di kota-kota wisata, makanannya macem-macem bentukannya

Quote:Original Posted By Wilan...
tp mirisnya gan anak muda yg menengah keatas lebih bangga makan di resto Cap Luar biar dibi;ang HitZz emoticon-Mewek

kita jangan mau kalah gan! kita buat hits juga masakan Indonesia jadi masakan kelas atas haha
rempah2 kita dulu di jarah penjajah, karena memang terbukti enak emoticon-Big Grin
karena percampuran budaya ya gan emoticon-2 Jempol
karena dimasak dengan sepenuh hati ... emoticon-Leh Uga
Otong goreng
karena banyak rempah2nya gan. makanya penjajah2 dulu datang ke indo salah satunya krn itu
Bakso bakar emoticon-Leh Uga
ane udh nnton video nya kmarin emoticon-Big Grin
Siapa yang ngomong makanan indonesia enak? Makanan indonesia kampungan semua tol! Gua gak suka! Apalagi gudeg yang manisnya kebangetan bikin diabetes emoticon-Busa . Pantes orang indo goblok semua emoticon-Busa
Quote:Original Posted By funk
karena banyak rempah2nya gan. makanya penjajah2 dulu datang ke indo salah satunya krn itu


Yakin mod karena rempah2nya? Kalo menurut pendapat ane alasan rempah2 cuma buat topeng doang,, aslinya mah SDA Kita diincer emoticon-Cool

Ah Yang Boneng ?
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*
. jadi pengen ngopi ...
Quote:Original Posted By abighifari22
Siapa yang ngomong makanan indonesia enak? Makanan indonesia kampungan semua tol! Gua gak suka! Apalagi gudeg yang manisnya kebangetan bikin diabetes emoticon-Busa . Pantes orang indo goblok semua emoticon-Busa


Termasuk ente emoticon-Leh Uga
Wah jadi gitu ya
Secara budaya aja kita sudah beragam. Dari budaya beragam tsb akan menghasilkan masakan yg beragam, unik, dan enak pastinya. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By icen48
Otong goreng




Ah Yang Boneng ?
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*
nih pacar si icen yak . ...
Quote:Original Posted By funk
karena banyak rempah2nya gan. makanya penjajah2 dulu datang ke indo salah satunya krn itu


Eh gan, gw mau nanya penting ini. Lewat pm ye
bakso di peringkat berapa ya gan..?
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jalandiam




Ah Yang Boneng ?
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*
nih pacar si icen yak . ...


Beda orang bang, gw masih suka cewek

Ah Yang Boneng ?
Kenapa Masakan Indonesia beragam & enak? Ft Pak Jokowi *Explained With Animation*
. .pasti ht ini . gembok deh..