alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58082a1a31e2e6b7218b456f/wajah-muram-papua-di-tangan-jokowi
Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Wajah Muram Papua di Tangan JokowiJoko Widodo merupakan presiden Indonesia yang paling sering menyapa masyarakat Papua. Dalam dua tahun terakhir, ia sudah lima kali berkunjung ke Papua.

Desember 2014, Jokowi merayakan natal di Jayapura. Satu tahun kemudian ia menutup 2015 di Raja Ampat.

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Jokowi tidak ingkar. Kepada penduduk di dua provinsi paling timur Indonesia itu, ia berjanji untuk setidaknya tiga kali dalam setahun menginjakkan kaki di Bumi Cenderawasih.

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Beberapa hari jelang dua tahun pemerintahannya yang jatuh Kamis (20/10), Jokowi ada di Papua. Ia meresmikan satu bandara vital di Yahukimo dan enam pembangkit listrik baru.

"Insya Allah Papua dan Papua Barat tidak lagi gelap di tahun 2019," ucap Jokowi melalui akun Twitternya, Senin kemarin.
Lihat juga:'Jangan Lihat Papua dengan Logika Jawa'
Jokowi memang tengah giat mendirikan beragam infrastruktur baru di Papua dan Papua Barat. Tidak hanya sektor kelistrikan dan akses transportasi, pelayanan serta sarana pendidikan, ekonomi, dan kesehatan juga ia genjot.

"Saya tahu medannya berat, inilah tantangan program proyek yang ada di Papua dan Papua Barat. Saya tahu itu, tapi jangan diundur-undur," ujarnya kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basyir di Sentani.

Penelitian yang disusun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Jaringan Damai Papua pada 2015 menyebut infrastruktur sebagai persoalan besar di dua provinsi itu.

Namun melalui policy brief bertajuk Bersama-sama Membangun Papua Damai, mereka menyatakan Papua tidak melulu soal keterbatasan akses terhadap kebutuhan dasar manusia.

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Masyarakat Papua masih terus distigmatisasi dan diperlakukan tidak serupa warga negara di daerah lain. Persoalan politik, hukum, dan keamanan masih menjadi duri dalam daging dalam hubungan Papua dan Jakarta.
Lihat juga:Bara Konflik Papua dan Diplomasi 'Ultranasionalis' Indonesia
Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Adriana Elisabeth mengatakan, kebijakan Jokowi terhadap Papua awalnya komprehensif. Ia berkata, selain hadir secara fisik, Jokowi juga menerapkan kebijakan ekstrem yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu pembebasan tahanan politik Papua.

Akan tetapi, menurut Adriana, Jokowi akhirnya lebih mengedepankan pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat. Ia menyebut pilihan itu tidak akan menyelesaikan seluruh persoalan yang ada.

"Kalau infrastruktur dikejar, tidak ada jaminan bahwa permasalahan politik,hukum, dan keamanan akan membaik dan selesai," tuturnya.

Kehidupan warga Desa Wogekel Wanam, Merauke.Kehidupan warga Desa Wogekel Wanam, Merauke. (CNN Indonesia/Andry Novelino) Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menyebut setidaknya terdapat sembilan kasus pelanggaran HAM yang terjadi selama pemerintahan Jokowi.

Wajah Muram Papua di Tangan JokowiKasus itu antara lain penembakan di Yahukimo (Maret 2015), kericuhan Tolikara (Juli 2015), kematian sejumlah anak di Nduga (November 2015) dan kasus saham PT Freeport Indonesia yang disebut Pigai mengabaikan masalah sosial warga lokal.

Kerja kolektif Papuan Behind Bars mencatat, hingga Maret 2016, sebanyak 32 warga Papua dilekatkan status tahanan politik. Setahun sebelumnya, 1083 orang Papua ditangkap secara sewenang-wenang di seluruh Indonesia atas beragam tuduhan kejahatan. Angka itu diklaim yang tertinggi sejak 2012.

Juni lalu, saat ditemui di Jakarta, Kapolda Papua Brigjen Paulus Waterpauw telah menyatakan sikapnya terhadap gerakan kemerdekaan Papua yang diinisiasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

"Dengan alasan apapun, kalau menggunakan label KNPB, akan kami larang," ucapnya tentang gerakan tersebut.

KNPB merupakan kelompok yang mendukung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Gerakan Pembebasan Papua. Sementara ULMWP adalah gerakan yang mendapatkan dukungan negara-negara Pasifik yang tergabung dalam Melanesian Spearhead Group.

Dialog
LIPI menyarankan Jokowi untuk menunjuk seorang perantara yang menghubungkan Jakarta dan Jayapura. Adriana berkata, posisi itu sebaiknya dipegang pejabat setingkat menteri yang memahami Papua luar-dalam dan memiliki jaringan internasional luas.

Menjalin dialog yang inklusif, kata Adriana, merupakan tugas utama si perantara itu. Dialog itu digelar secara rutin dan melibatkan seluruh elemen masyarakat Papua, termasuk ULMWP yang kini didukung generasi muda Papua kritis.

"Dialog itu adalah sebuah pendekatan dan bukan solusi untuk Papua," kata Adriana.
Lihat juga:Jokowi Diminta Terbuka soal Pelanggaran HAM di Papua
Tak kalah penting, LIPI mendorong Jokowi mengubah wajah Jakarta di mata masyarakat Papua. Selama ini, TNI dan Polri menjadi representasi pemerintah pusat di Papua.

Kekerasan yang dilakukan personel institusi keamanan dan pertahanan itu di Papua dianggap ekuivalen dengan perbuatan pemerintah pusat.

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Jokowi bersama Tapol yg akan dibebaskan

"Penataan aparat di sana harus sesuai dengan kebutuhan. Yang jadi pertanyaan, kenapa hal itu sulit diubah," kata Adriana. Kebijakan keamanan di Papua masih berorientasi pada state security, bukan human security.

Infrastruktur Tidak Selesaikan Semua Persoalan PapuaRibuan massa tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berunjuk rasa di Waena, Kota Jayapura, Selasa (31/5). Aksi tersebut menuntut pembebasan Tahanan Politik (Tapol) Papua yang dijerat pasal makar. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH) Jokowi saat ini masih memiliki tiga tahun untuk menyicil implementasi solusi atas persoalan Papua. Simultan adalah kata kunci.

Seperti gagasannya tentang revolusi mental, aspek manusia dalam persoalan Papua merupakan bagian yang tidak boleh dikesampingkan.
Papua tidak boleh gelap dan muram lagi.

http://www.cnnindonesia.com/nasional...tangan-jokowi/

Luhut: Usai Dua Tahun, Pemerintah Akan Genjot Wilayah Timur

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menilai setelah dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan menggenjot pembangunan di wilayah timur Indonesia.

Ia menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia di era kepemimpinan Jokowi terbilang baik. Hal ini terbukti setelah dua tahun masa kepemimpinan Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami peningkatan.

"Ekonomi meningkat, bagus yah. Bahkan kita diapreasiasi oleh US Asean Economic Consult mereka bilang pertumbuhan ekonomi era Pak Jokowi ini lebih bagus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (19/10).

Dia menilai, setelah dua tahun pertumbuhan ekonomi Indonesia terus menuju ke arah yang lebih positif. Hal ini pun menurut Luhut semakin diperkuat dengan adanya program tax amnesty yang terbilang sukses.

"Kan ada itu tax amnesty kita bagus, kita enggak kekurangan biaya buat bangun infrastruktur. Itu juga bagus buat database pembayar pajak buat tahun berikutnya," katanya.

Namun, Luhut juga mengatakan Indonesia tetap harus berhati hati dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Selain itu, untuk menyelaraskan perekonomian Indonesia, maka pemerintah harus menggencarkan pembangunan ekonomi untuk wilayah timur Indonesia.

"Ya pokoknya di Timur ya kita bisa dibilang masih kurang, tahun depan harus lebih maju. Kita enggak usah takut kurang dana, dana kita sudah banyak," katanya.

Selain itu, Luhut juga menilai pemerintahanan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla tidak hanya mengalami peningkatakan di sektor ekonomi, dia juga melihat adanya stabilitas politik yang ditandai dengan hubungan antara Parlemen dengan Pemerintah yang relatif baik.

"Di luar itu, politik, ekonomi semua bagus, keamanan kita juga stabil, di tahun ini sudah menunjukan ke arah yang positif," kata Luhut.

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...wilayah-timur/

NIKMAT JOKOWI MANAKAH YANG KALIAN DUSTAKAN? emoticon-I Love Indonesia (S)

Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
sumber data dari nastak, bagi nastak untuk nastak emoticon-Wkwkwk
putra daerah lagi studi banding keluar daerah ya?
emoticon-Big Grin
turunkan jokowi, ganti dgn prabowo!! emoticon-Marah
wih cakep tuh anak sma papua

gilak

ini yg ane cari
jokowi stop tipu-tipu
emoticon-Takut

melengserkan dirinya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By fee.max
sumber data dari nastak, bagi nastak untuk nastak emoticon-Wkwkwk


Quote:Original Posted By untime
jokowi stop tipu-tipu
emoticon-Takut


Emang udah ada pernah ke papua?
emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
belom, buat apa jugaemoticon-Wkwkwk
Yakali semua masalah di papua selesai dengan instan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By butetyogya
wih cakep tuh anak sma papua

gilak

ini yg ane cari


Cewek secantik gitu apa gak diubeg-ubeg disana kakak emoticon-Takut
Quote:Original Posted By xibaotai
Cewek secantik gitu apa gak diubeg-ubeg disana kakak emoticon-Takut



oiya

padahal jarang ada tuh, rare

Quote:Original Posted By untime
jokowi stop tipu-tipu
emoticon-Takut

melengserkan dirinya emoticon-Big Grin


Wajah Muram Papua di Tangan Jokowi
ntap surantap jok emoticon-Motret
Jokowi tau apa yang harus dilakukan, ketika pembangunan infrastruktur digenjot dan ada hasilnya saya yakin warga papua juga enak diajak diskusinya, percuma diskusi kalau gak ada bukti real...

Jadilah pemimpin yang sebenernya emoticon-Cool
Kok muram? Peneliti lipi banyakan bacot, udah lumayan infrastruktur dibangun, bbm seragam harga Jakarta. Jadi klo udah dibikin sejahtera, fasilitas bagus, murah, ekonomi meningkat, klo masih ada OPM tinggal diculik & dibikin kambing guling tuh pelaku makar. paling masyarakat sana pada ga protes emoticon-Cool
http://regional.kompas.com/read/2016...segera.selesai
Jokowi Minta Pasar Mama-Mama Papua Segera Selesai
JAYAPURA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta pembangunan Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura, segera selesai agar bisa langsung difungsikan.

"Saya sampaikan ke Menteri BUMN, akhir tahun ini pasar itu harus selesai. Jangan mundur-mundur lagi karena sudah ditunggu oleh pedagang," ujarnya di Jayapura, Senin (17/10/2016).

Ia mengaku selalu mengikuti perkembangan pembangunan Pasar Mama-Mama Papua yang menjadi salah satu janji kampanyenya saat Pemilihan Presiden 2014.

"Pasar Mama-Mama Papua saya ikuti, sampai saat ini memang baru selesai 25 persen. Saya selalu minta gambar perkembangannya, setiap minggu saya selalu diberikan gambar perkembangannya," kata Presiden.

Sementara Gubernur Papua Lukas Enembe berharap agar pembangunan Pasar Mama-Mama Papua bisa segera diselesaikan karena lokasi yang digunakan untuk berdagang saat ini, dinilai tidak layak.

Pada kunjungannya ke Papua, Presiden diagendakan untuk melakukan beberapa kegiatan. Seperti peresmian proyek-proyek PLN, membagikan makanan tambahan di Kabupaten Jayapura, dan meninjau proses pembangunan Pasar Mama-Mama Papua di Kota Jayapura.

Enam infrastruktur kelistrikan yang diresmikan Presiden, adalah, PLTA Orya Genyem (20 MW), PLTMH Prafi Manokwari (3 MW), SUTT 70 KV Genyem-Waena-Jayapura (sepanjang 174,6 km sirkit), SUTT 70 KV Holtekam-Jayapura (43,4 KM), Gardu Induk Waena-Sentani 20 MVA, dan GI Jayapura 20 MVA.

Pada hari kedua (18/10/2016), presiden direncanakan bertolak ke Kabupaten Yahukimo untuk meresmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai, lalu meresmikan program satu harga BBM di Papua, dan meninjau pesawat BBM Air Tractor AT-802.
Quote:Original Posted By butetyogya
wih cakep tuh anak sma papua

gilak

ini yg ane cari


Njer bru mau ngomen gini emoticon-Leh Uga
Mantab papua ini banyak potensinya jgn sampe lepas ke aseng-asing sesuai dambaan nasbung emoticon-army
Lumayan buat modal DEBAT CAPRESS 2019.....



emoticon-Leh Uga
setidaknya jauh lebih meningkat pembangunannya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya....