alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5807fc5b2e04c882188b457d/suap-akil-mochtar-bupati-buton-jadi-tersangka
Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka
Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka
Komisioner KPK Laode M Syarif (kanan) bdi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (17/10).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Samsu Umar Abdul Samiun, Bupati Buton, Sulawesi Tenggara sebagai tersangka dugaan pemberian suap kepada Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013 Akil Mochtar.

"Sprindiknya (surat perintah penyidikan) sudah ada," kata pelaksana tugas (Plt) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di Jakarta seperti dilansir Antaranews.com.

Saat kasus gugatan Pilkada Buton digugat di Mahkamah Konstitusi, Samsu Umar pada 2012 mengaku memberikan uang Rp1 miliar kepada Akil agar memenangkan sengketa Pilkada Buton. Pengakuan itu disampaikan Samsu Umar saat bersaksi dalam persidangan Akil di Pengadilan Tipikor Jakarta, pada 4 Maret 2014 lalu.

"Saya transfer ke CV Ratu Samagat, Rp 1 miliar," katanya.

Saat bersaksi dalam sidang perkara korupsi Akil di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (3/4/16), Samsu Umar mengaku pernah dimintai uang Rp6 miliar oleh seorang pengacara bernama Arbab Paproeka yang mengatasnamakan utusan Akil Mochtar.

Keberatan dengan jumlah uang yang diminta itu, Samsu akhirnya hanya memberi Rp1 miliar karena khawatir kemenangannya dianulir MK.

Permintaan itu Arbab itu, kata Samsu, dilakukan menjelang pembacaan putusan di MK. Saat itu, Arbab tiba-tiba menelepon dan meminta bertemu. Padahal, ketika itu, Samsu sebenarnya yakin MK tidak akan mengabulkan permohonan keberatan pasangan calon La Uku dan Dani.

Arbab terdaftar sebagai calon anggota DPR dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam Pemilu Legislatif tahun 2014. Arbab maju sebagi caleg di daerah pemilihan Maluku. Sebelumnya, Arbab sempat duduk sebagai anggota Komisi III DPR dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2004-2009.

Awalnya, Samsu tak menggubris permintaan Arbab itu. Namun, sahabat Samsu, La Ode Muhammad Agus Mukmin mengabarkan kemenangan Samsu terancam dianulir Akil jika tidak bertemu Arbab. Mendengar pernyataan Agus, keyakinan Samsu pun memudar. Samsu akhirnya bersedia menemui Arbab yang kemudian menyampaikan pernyataan serupa dengan Agus.

Beritasatu.com menulis, dugaan suap ini bermula dari pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara yang digelar pada Agustus 2011.

Terdapat sembilan pasangan calon yang mengikuti Pilkada ini, yakni pasangan Agus Feisal Hidayat dan Yaudu Salam Ajo, Ali La Opa dan La Diri, Azhari dan Naba Kasim, Jaliman Mady dan Muh Saleh Ganiru, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry, La Sita dan Zuliadi, La Ode M Syafrin Hanamu dan Ali Hamid, Edy Karno dan Zainuddin, serta pasangan Abdul Hasan dan Buton Achmad.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton yang melakukan penghitungan suara menyatakan pasangan Agus Feisal Hidayat dan Yaudu Salam Ajo sebagai pemenang. Keputusan KPU ini digugat oleh pasangan Lauku dan Dani, Samsu Umar dan La Bakry, serta Abdul Hasan dan Buton Achmad ke MK.

Dalam putusannya, MK membatalkan putusan KPU Buton dan memerintahkan KPU Buton melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual serta melakukan pemungutan suara ulang. Pada 24 Juli 2012, MK memutus Samsu Umar dan La Bakry menjadi pemenang Pilkada Buton

Sebelumnya, penyidik lembaga antirasuah sudah menjerat kepala daerah atau pihak-pihak terkait yang memberi suap ke Akil agar dimenangkan dalam gugatannya di MK. Tak tanggung-tanggung, ada 7 sengketa Pilkada yang 'dimainkan' oleh Akil di MK untuk dimenangkan.

Mereka yang sudah divonis bersalah adalah mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah bersama adiknya, Tubagus Chaeri Wardhana, dalam Pilkada Lebak dan Banten. Ada juga Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri dan istrinya Suzanna.

Akil Mochtar sendiri saat ini mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung untuk menjalani masa hukuman penjara seumur hidup lantaran menerima suap dan janji terkait pengurusan sembilan perkara sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.
Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...jadi-tersangka

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka Perubahan yang terjadi di usia 30-an

- Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka Cari tahu perawatan wajah berdasarkan jenis kulit

- Suap Akil Mochtar, Bupati Buton jadi tersangka U-12 Indonesia berakhir di posisi 11

Dinasty Atut Emang MantapJiwa Dah emoticon-thumbsup