alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5807c5f754c07ac6108b456a/trip-hemat-bandung-ke-nusa-penida-bali
Hepi 
Trip Hemat Bandung ke Nusa Penida Bali
Trip Hemat Bandung ke Nusa Penida Bali

Dunia kerja terasa semakin membosankan? Liburan adalah cara paling tepat membangkitkan semangat pagi yang baru. Kali ini, saya ingin bercerita pengalaman saya berlibur ke Pulau Nusa Penida Bali Indonesia.

Saya bersama teman satu almamater telah menyelesaikan Orientasi Kerja, sambal menunggu penempatan kerja, kami coba untuk memanfaatkan hari-hari kami untuk berlibur tepatnya ke Nusa Penida Island. Btw kami berenam, 5 cowok dan 1 cewek. Ada orang Medan, Lampung, Bandung dan kebetulan ada juga orang Nusa Penida Bali jadi dialah yang menjadi guide kami selama trip disana.

DAY 1

Hari pertama kami berkumpul di Kota Bandung. Tepatnya dirumah Johan. Sebenarnya kampung halamannya ada di Medan, hanya saja dia punya rumah dibandung dan juga menyelesaikan Sarjana nya di Institut Teknologi Bandung.

Tiket kami beli dari Traveloka.com melalui apliksi berbasis online yang memudahkan kami untuk memantau harga terendah. Tepatnya kami berangkat tanggal 13 Agustus 2016 dengan layanan penerbangan Lion Air. Harga tiket sekali keberangkatan yang paling murah sat itu adalah Rp. 520.000. Oh ya dari rumah kami menggunakan jasa Grabbike karena tentunyta transfortasi darat yang paling murah dan efisien serta dapat dipesan secara online juga. Btw kami adalah generasi Y yang katanya hamper keseharian kami selalu dipenuhi dengan gadget. Benarkah?

Kami berangkat menuju Bandara Husein Sastranegara dan menempuh perjalanan ke Bandara Internasional Ngurah Rai Kuta Bali Indonesia. 1 jam menempuh perjalanan kami menyewa satu mobil dengan harga Rp. 250.000 per hari. Penyewaan mobil juga ada banyak disana tepat saat kalian keluar menuju parkiran bandara. Btw disana juga kalian bias reques mobil akan ditinggal dimana. Kemarin kami janjian untuk meninggalkan mobil di Pelabuhan Sanur.

Sesampaiknya di Kuta, Bali. Kami juga menginap di Homestay, harganya murah Cuma Rp.150.000 per malam dengan fasilitas standar, yang penting ada AC nya. Harga tersebut sudah termasuk harga yang cukup murah rasanya. Kami menyewa 3 Kamar karena kebetulan teman kami ada wanita sehingga ga boleh dong kalua digabung. Hehe. Ini juga kami pesan secara online. Bagaimanapun juga pastikan kalian sudah memesan fasilitas apapun secara online. Karena jika mendadak bias kemungkinan harga akan mahal terutama untuk tamu/pendatang apalagi turis.

1 hari kami menginap disana, besoknya langsung menuju pelabuhan Sanur. Disana kami memsan Speedboat. Btw kapalnya tidak menyediakan jasa pembelian online. Harganya adalah Rp.75.000 per orang. Kami memesan tiket disalahsatu wisata organizer tepat dijalan utama Sanur ada disebelah kiri. Saya lupa nama nya hehe. Anda juga bias memesan tiket dioutlet lain tapi cukup mahal. Jika mereka tahu kita pendatang, harganya bias dimulai dari Rp.100.000 hingga Rp.200.000. jadi pintar pintarlah Anda dalam tawar menawar. Sebelum berangkat kami membeli baju pantai, namanya sih Baju Barong. Harganya 25rb per baju. Murah kan? Jangan salah ini hasil nawar loh. Biasanya mereka ngasih harga diatas 50rb.

NONTON TARI KECAK DI PURA LUHUR ULUWATU

Tari kecak dimulai pukul 5 sore. Berlangsung sekitar 1 jam. Selama Tarian berlangsung Anda akan disuguhi dengan keindahan sunset, pokoknya indah banget. Setelah memesan tiket kami jalan jalan disekitar pura untuk menikmati indahnya pantai dari atas pura dan hunting foto tentunya. Disini ada banyak spot foto untuk mengabadikan liburan Anda. Oh ya, Ada banyak monyet loh jadi sebaiknya amankan dulu barang barang penting Anda. Karena ada yang tas nya diambil dan hilang dibawa si monyet nakal tersebut. So berhati-hati ya kawan. Setelah seharian di Bali, kami menuju homestay untuk istirahat. Target selanjutnya adalah Nusa Penida.

Disini kalian mantai sambal nunggu keberangkatan speedboat yang berangkatnya pukul 4 sore. Sebenarnya bisa berangkat pagi maksimal sampai pukul 10 siang. Berhubung kami telat jadi kami baru bisa berangkat sore hari. Perjalan dari Pelabuhan Sanur menuju Pelabuhan Buyuk adalah sekitar 30 menit. Bagi kalian yang membawa rangsel / carir / tas besar bisa disimpan dibagasi kapal yang tentunya sudah diurus oleh pengelola kapal. Kita cukup bilang saja bawakan tas nya. Dan diambilnya tepat setelah sampai diPelabuhan yahhhh

o Mobil Rp. 250.000
o Penginapan 3 Kamar Rp.150.000 x 3 = 450.000
o Makan seafood dipelabuhan Rp.100.000 per 6 orang
o Makan di Bu Oki, Menu khas bali dengan porsi yang sangat banyak Rp. 35.000 per orang
o Nonton Tari Kecak, Rp. 100.000 per orang
o Naik Speedboat Rp. 75.000 per orang

Total DAY 1 kami menghabiskan 2 juta untuk 6 orang, Kalau per orang sekitar 345rb. Agak mahal tapi ini cukup terbilang hemat kok. hehe

DAY 2

Kami sampai dipelabuhan Buyuk, Nusa Penida Island. Sesampainya disana ada banyak warga sana yang standby untuk menawarkan jasa sewa motor. Sebenarnya motor adalah kendaraan paling efektik jika kalian ingin mengelilingi Nusa Penida, jalannya kecil dan sebagian daerah masih ada yang rusak. Harga penyewaan motor disana mulai Rp.75.000 hingga Rp. 100.000, tergantung motor apa yang kalian sewa.

Jika kalian ingin mengelilingi Nusa Penida, minimal kalian harus menyiapkan waktu 3 hari.

Penginapan 200.000 perorang disekitar Pel. Buyuh, sebaiknya kalian menginap dirumah warga kekurangnya susah air tawar hehe tapi kalian bisa masak sendiri dan belanja kebuthan dipasar, khusus ikan disana sangat murah, 12 biji ikan tongkol seukuran 3 jari harganya hanya Rp. 30.000 saja.pemebelian bumbu masak, minyak dll ya 50rb lah Atau homestay juga murah jika ingin fasilitas lengkap tapi makan juga tanggung sendiri ya. Btw karena ada rumah teman kami disana jadi kami geratis yah, namanya Bli Komang. Karena sudah sore, hari kedua kami habiskan untuk tidur pulas di rumah.

Trip hari kedua, untuk kalian mungkin akan menghabiskan dana sekitar :

o Motor 3 motor untuk 6 orang = Rp. 75.000 x 3 = Rp. 225.000
o Penginapan cukup 1 rumah saja Rp. 200.000 per malam
o Makan 30.000 x 3kali + bumbu 50.000 = Rp.140.000
Total sekitar Rp. 550.000 per 6 orang, atau sekitar Rp.100.000 per orang, Hemat kaaaaan

DAY 3

PULAU SERIBU, BUKIT MELONTENG PANTAI ATUH, GOA GIRI PUTRI

Perjalanan menuju Pulau Seribu cukup melelahkan. Waktu yang ditempuh dari Pel.Buyuk menuju lokasi sekitar 1 jam. Rintangan jalanan cukup baik dan tangganya juga tidak terlalu ekstrim. Mungkin sekitar 500 meter jalan kaki. Nah disini itu orang menyebutkan cerminan dari Raja Ampat. Bukitnya sangat indah dan disini juga kalian bisa melihat dua matahari, sunset dan sunraise. Makanan disini terbilang standar, makan dimeja diatas bukit yang tepat dibawahnya terjang sekali. Sayangnya disini makanan yang tersedia hanya Mie+telor dengan harga 10rb per porsi, kelapa muda 8rb, dan beberapa makanan ringan. Untuk harga masih sama seperti dibandung

Tidak jauh dari pulau 1000, kalian bisa berjalan 1km untuk menuju pantai atuh, pantainya sepi dan dipenuhi dengan banyak batu. Masih asri karena terilhat masih banyak ubur-ubur dan bintang laut dan bebrapa hewan laut entah apa namanya hehe.

Sepulang dari pantai, kalian juga bisa mampir dulu ke goa giri putri, disini goanya sangat lus dan cukup panjang yang didalamnya terdapat pura. Menurut penduduk sekitar goa ini digunakan untuk beribadah agama Hindu dan Budha. Untuk masuk ke goa ini Anda akan dikenakan biaya sebesar 20.000 per orang.

o Makan mie+telor = 10x6 orang = Rp.60.000
o Kelapa muda 8x6 orang = Rp.48.000
o Makan dirumah ikan tongkol 30.000x2kali + 50rb bumbu = Rp.110.000
o Motor 225.000
o Penginapan Rp. 200.000
o Masuk Goa 20rbx6 orang = Rp.120.000
o Parkir di Pantai atuh dan pulau 1000, 5rbx3motor = Rp15.000
o Bensin sekitar 50rb

Total = Rp.828.000 per 6 orang, atau sekitar Rp.138rb per orang. Cukup hemat

DAY 4

GUYANGAN WATERFALL


Dikarenakan 4 orang kami merupakan muslim, hari jumat ini kami melaksanakan solat jumat dipasar dekat pelabuhan buyuk. Itu merupakan satu satunysa masjid yang ada disana. Sooo jangan takut tidak bisa jumatan yah.

Setelah melakukan shalat jumat, kami menuju Guyangan Waterfall. Untuk menempuh ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Setibanya disana ternyata kami harus menuruni banyak tangga yang sangat ekstrim. Jaraknya cukup jauh sekitar 2km.

Trip ke lokasi ini saya rasa merupakan trip yang paling melelahkan, maka dari itu full 1 hari ini kami hanya bisa mengunjungi 1 lokasi saja. Btw kelelahan kalian akan terbayar setibanya disana. Kita bisa mandi diair tawar, namun kita juga bisa berenang dipantai. Tapi harus hati hati katena ombaknya sangat besar sekali.

Hari ke-4 ini kami hanya menghabiskan uang untuk makan dan penginapa sekitar Rp.400.000 per 6 orang

DAY 5

BROKEN BEACH – ANGLE’S BILLABONG – CRYSTAL BAY


Perjalan ini merupakan perjalanan yang palig panjang karena kita benar benar mengililingi pulau nusa penida dari 1 lokasi ke lokasi yang lain. Perjalanan ketiga lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Broken beach merupakan pantai dimana disekitar pantainya terdapat banyak tebing dan bebatuan, daerah ini sepengetahuan kami belum bisa digunakan untuk berenang, kecuali Anda ditemani penjaga sana dan mendapatkan izin untuk berenang, selain itu juga karena ombaknya cukup besar, hanya perenang professional saja yang mungkin akan dizinkan untuk berenang disni. Selesai menikmati keindahan Broken Beach, kami juga menuju Anbgle’s billabong yang lokasi tidak jauh. Disini kalian dapat berenang di pesisir batu dan air laut yang jernih. Sekitar 50 meter kedepan Anda akan menikmati keindahan pantai. Disini juga kalian harus berhati-hati karena ombak yang sangat besar dan telah menelan 3 korban meninggal dunia akibat terbawa arus ombak.

Belum puas menikmati pantai, kami langsung menuju crystal bay. Disni target kami adalah snorkeling. Biaya sewanya cukup murah yaitu Rp.60.000 full paket.

o Snorkeling Rp.60.000 x 6 orang = Rp360.000
o Tiket masuk + parkrr 10rb per motor
o Gado gado 8rb x 6 orang = 48 ribu
o Kopi itam 3000
o Es kelapa muda 10rb x 6 orang = 60rb
o Penginapan 200rb
o Makan 120rb

Total = Rp. 621.000 atau Rp. 103.000 perorang

DAY 6
BUKIT TELLETUBIES – TEMBELING – KELINGKING


Dibukit Telletubies tidak ada banyak kegiatan yang unik, disini hanya bagus untuk hunting foto saja hehe. Nah untuk Tembeling sangat seru. Kalian bisa berenang di ari tawar dan air laut.

Untuk air tawar, tembeling tersebut merupakan air mata air pegunungan. Kolam pemandiannya dibagi menjadi dua. Untuk pria dan wanita. Nah untuk wanita lebih seru, meskipun jaraknya cukup jauh dengan kolam pria tapi di kolam wanita ini disuguni dengan pemandangan langung menuju pantai. Seru deh. Untuk Kelingking sangat dan sebenarnya bisa menuju pantai, pantainya sangat indah sekali dan butuh 3 jam PP untuk menuju pantai tersebut. Sebaiknya anda dipandu oleh penjaga pantai karena perjalanannya sangat berbahaya.

o Tiket masuk 20rb per orang x 6 = 120rb
o Besin 50rb
o Makan dan penginapan 350rb
Total 600rb atau 100rb peroorang

DAY 7

Kami menuju bali untuk berendam di Toya de Vasya dan langung menuju bandung.


Total biaya untuk trip selama 7 hari kami ini adalah

o Tiket pesawat 550x2 = 1.1juta
o Biaya trip = 1 juta

So total paling hemat adalah sekitar 2.1 juta. Btw tergantung gaya hidup yah karena saya sendiri menghabiskan cukup banyak uang hehe. Itu saja cerita saya selamat mencoba trip ke Nusa Penida.

Nih video ane waktu trip gan
]
youtube-thumbnail


atau Untuk lebih jelasnya mampir kesini yah hehe : Trip Hemat Bandung ke Nusa Penida Bali



keren gan..!!