alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580244c332e2e62e048b4569/anies-baswedan-pendidikan-kita-tidak-kalah-dengan-singapura
Ngakak 
Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura
Sabtu 15 Oct 2016, 20:49 WIB
Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura


Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura



Jakarta - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pendidikan Indonesia tidak kalah dengan Singapura. 180 Ribu peserta didik Indonesia lulus dengan rata-rata nilai di atas 85 (dalam skala 0-100). Menurutnya, jumlah tersebut lebih banyak dibanding peserta didik Singapura yang hanya berjumlah 45 ribu.

"Contoh, saat saya di pendidikan, kita sering bandingkan nilai siswa di Indonesia dengan Singapura, di mereka itu yang nilainya tinggi banyak sekali, sedangkan kita yang lulus di atas 85 hanya 4 persen. Tapi kalau diperlihatkan jumlah aslinya anak-anak kita yang lulus dengan nilai tinggi itu jumlahnya jauh sekali dengan Singapura, 4 persen siswa di Indonesia itu 180 ribuan, sedangkan seluruh siswa di Singapura itu hanya 45 ribuan, jadi akankah kita kalah? Ya tentu saja tidak," jelas Anies saat memberikan pemaparan pada Dikltnas HIPMI IV, di Gedung Panca Gatra Lembaga Ketahanan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Sebagaimana diketahui, Anies juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anies kemudian mengajak untuk mengubah sudut pandang dalam melihat berbagai fenomena di negeri ini. Dia mencontohkan, ketika seorang koruptor ditangkap oleh penegak hukum yang disorot adalah koruptornya, bukan penegakan hukum yang dilakukan petugas.

"Jadi kita harus kembalikan percaya diri kita, melihat dari perspektif lain atas fakta yang sama
saat ini kan kita terlalu sering memandang sisi negatif Indonesia, contohnya, kalau ada koruptor ditangkap kpk yang disorot koruptornya, dan bukan keberanian polisi atau petugas kpk menangkap koruptor itu, suram betul kita, karena kita selalu liat sisi buruknya," jelasnya.

Bagi Anies, Indonesia harus dirubah dengan kesadaran, konektivitas, dan budaya positif. Sadar akan kekayaan yang dimiliki diri sendiri merupakan modal awal dalam merubah sudut pandang. Jika seseorang telah sadar akan kekayaannya, maka dia akan memiliki keseriusan untuk mengembangkan kekayaan yang dimilikinya.

"Tiga hal yang harus kita ubah di Indonesia ialah. Satu, kesadaran, kekayaan kita ada pada manusianya, begitu kita sadar itu kekayaan terbesar kita, maka kita akan serius kembangkan itu. Kita saat ini masih berpikir kolonialistik, yaitu yang hanya memikirkan sumber daya alam atau hasil bumi, begitu konsentrasi pada manusia maka kesehatan, dan pendidikan diperbaiki'" jelasnya lagi.

Setelah memiliki kesadaran dia mengajak pentingnya membangun konektivitas dan budaya positif. "Yang kedua, konektivitas, dahulu membangun konektivitas dengan bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia,untuk saat ini konektivitas saat ini energi, transportasi, telekomunikasi, maka konsekuensinya perekonomian bakal terintegrasi dengan baik. Ketiga, budaya yang positif, budaya itu yaitu kebiasaan yang positif, contoh budaya disiplin, artinya kebiasaan disiplin, budaya tepat waktu artinya kebiasaan tepat waktu,"katanya.
(dnu/dnu)


http://news.detik.com/berita/d-33216...507.1476537939



Kenak Ketawain Uncle Lee... Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan SingapuraAnies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura

Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura

Tapi kalah ama malingshit emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By ontasick
Tapi kalah ama malingshit :leguga


Najib pun ikut Ketawa... Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan SingapuraAnies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura

Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura
sepertinya gak sesuai fakta pak Anis
kalo di samakan dengan Singapura
Didepan hipmi (himpunan PENGUSAHA MUDA Indonesia) kok bicara pendidikan.....jaka sembung bawa golok ini mah....

Ngak nyambung......emoticon-Ngakak

Makin hari makin ngenes aja......salah gaul
Pantasan orang sini sekolahkan anaknya di international school yg biayanya jauh lebih mahal daripada kirim anaknya ke Singapura!

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Karena jumlah penduduk negeri singa dikit

Persentasenya mah Indo kalah jauh wkwkwk

Lagipula se fokus fokusnya singapore ke bidang akademis, gak sedikit dari mereka yang punya jalur sendiri, di situ gak ada yang malu masuk politeknik ataupun program shortcourse bahkan di bidang seni ataupun bidang non akademis lainnya, pendidikan di singapura lebih fleksibel dan beragam

Gak kaya di Indonesia, terlalu kolot di bidang akademis tapi masih kalah sama negeri tetangga di bidang akademis


Selama pak Anis jadi menteri

UNBK gak jelas, buang buang anggaran buat beli komputer dan perangkat pelengkap spt UPS. Pendidikan belum merata. Sama kaya mendikbud yang dulu, cuma berkutat di hal substansial yang sebenarnya gak ada masalah, tapi entah sengaja entah tidak di bikin muter muter. Contohnya gonta ganti kurikulum
Nih orng lama2, kyk mareo peguh emoticon-Ngakak
Ngomong doang, kaga ada bukti nya emoticon-Ngakak
Pas jd menteri knp kaga tancep gas bnrin pendidikan indo
Cuma teori & bnyak omong, jd d copot dah emoticon-Leh Uga emoticon-Traveller
Anjrit si anis. Bandingkan jumlah anak. 4% dari indo itu mungkin 180 ribu anak. Tapi 45 ribu anak disingapore itu berapa %nya dr keseluruhan pelajar singapore yg ikut test?

Jangan jangan.. yg dapat 85 keatas di singapore itu 90%.

Jangan bandingkan kuantitas jumlah anak nis.. bandingkan % aja biar fair.

Jumlah penduduk indo itu 20 kali lebih penduduk singapore. Kl pelajar singapore yg dapat nilai 85 keatas adalah 45ribu.. maka setidaknya indonesia harus 900ribu pelajar yang dapat nilai 85 keatas br dikatakan imbang.mlha ini? Cm 180rb dari seluruh jumlah pelajar indo?
ah ngomong manis aja nih

kalau kualitas sama, mestinya indo udah masuk 20 besar negara dengan pendidikan terbaik
haish


tomat dibandingkan dengan sapi emoticon-Traveller

yang kalah itu sampeyan pak anis
kurikulum 2013 cuma nerusken programnya m nuh
UKG uji kompetensi guru malah memberatkan guru (karena kerjaan mereka sudah banyak pak)

mana guru harus merubah RPP (rencana program pembelajaran) dikira gak kriting tangan guru ngetik lagi merubah dari roleplay rpp nya m nuh ke punya si anis

apalagi UNBK ujian nasional berbasis komputer malah cenderung nyusahin

blm kelar dah dicopot
Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura
Anaknya Presiden malah senkolah di Singasupurrrr




emoticon-Wakaka
Percuma nilai tinggi tapi gak bisa antri dgn tertib..emoticon-Stick Out Tongue
sdh gw duga ini org jd menteri aja dipecat apalagi jd gubernur bisa hancur jakarta
Quote:Original Posted By sabarihong
Anies Baswedan: Pendidikan Kita Tidak Kalah dengan Singapura


Kena skak mat ini mah.....

Klo dia emang ngak sabaran terakhir malah bergabung di tim losser tukang jualan agama bukan jualan program......

Terbukti makin hari makin ngenes lihat doi..
gak bisa bedain kuantitas sm kualitas

emoticon-Imlek emoticon-Imlek
makin lawak neh
klo orang kita ga kalah pinter, gue percaya nis... tapi masalah pendidikan , jauhhhhhhhhh emoticon-Leh Uga
×