alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5801eb6598e31b593a8b4570/hamzah-sniper-tembak-geng-motor-untuk-membela-diri-adakah-dasar-pembenar
Hamzah 'Sniper' Tembak Geng Motor untuk Membela Diri, Adakah Dasar Pembenar?
Jakarta - Hamzah (20) akhirnya ditahan pihak Polda Metro Jaya karena melepaskan tembakan dari sebuah senapan angin untuk menghalau segorombolan geng motor yang menyerang kawasan tempatnya tinggal. Setelah dimintai keterangan, kepada polisi Hamzah mengaku melepaskan tembakan untuk membela diri.

Saat ini polisi telah menyerahkan kasus tersebut untuk diproses secara hukum karena tembakan yang dilepaskan Hamzah mengenai seseorang hingga tewas. Lalu, bagaimana sebenarnya dasar hukum bagi warga sipil yang membela diri hingga menyebabkan hilangnya nyawa?

"Dalam hukum pidana itu ada yang namanya dasar penghapus pidana. Itu merupakan dasar-dasar untuk tidak menuntut dan menjatuhkan pidana kepada seseorang meskipun dia melakukan tindak pidana," ujar Ahli Hukum Pidana Universitas Indonesia, Ganjar Laksmana, kepada detikcom, Jumat (14/10/2016).

Ganjar mengatakan ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mengaplikasikan dasar penghapusan pidana ini. Beberapa contohnya antara lain karena di bawah umur, karena orang yang bersangkutan gila, atau karena daya paksa yang menyebabkan seseorang melakukan tindak pidana di bawah pengaruh paksaan.

"Misalnya saya ditelepon kalau anak saya diculik dan penculik minta uang tebusan Rp 1 miliar. Karena saya tak punya uang maka saya memutuskan sendiri untuk merampok bank. Nah itu tidak bisa dipidana karena saya bisa membuktikan kalau anak saya diculik dan saya butuh uang tebusan," jelas Ganjar.

Selain hal di atas, ada juga istilah hukum bernama bela paksa. Ganjar menjelaskan bela paksa boleh dilakukan apabila ada serangan kepada dirinya atau orang lain, kepada harta kekayaannya, atau harta kekayaan orang lain, atau terhadap kehormatan kesusilaan dirinya dan orang lain.

"Namun untuk melakukan itu dilihat dulu, apakah syarat bela paksa ini terbukti atau tidak. Syaratnya ada serangan, serangan itu seketika, lalu serangan seketika itu melawan hukum, serangan seketika itu apakah ditujukan kepada dirinya atau orang lain," kata Ganjar.

Oleh doktrin hukum, serangan bela paksa ini diingatkan harus sesuai dengan asas proporsionalitas atau subsidiaritas, yang artinya serangan terhadap si pelaku harus seimbang atau memenuhi syarat.

"Jadi dicek dulu nih, apabila serangan begal berhenti begitu dia menembakkan satu kali tembakan dia tidak seharusnya meneruskan," ujarnya.

Dalam praktiknya, jelas Ganjar, polisi bisa saja menghentikan penyidikan apabila syarat bela paksa terbukti. "Namun biasanya polisi tidak cukup berani menghentikan kasus karena ada dasar penghapus, sehingga dilimpahkan ke pengadilan," kata dia.

sumur: http://news.detik.com/berita/d-33214...dasar-pembenar
di indon gak berlaku asas bela paksa, yg berlaku asas bela yg bayar

emoticon-Imlek
Bisa bebas asal buat pelicin nya masuk emoticon-Toast
Rakyat selalu dibiarkan berkelai satu sama lain, seolah hukum tidak punya punya alat untuk mencegahnya. Setelah jatuh korban baru hukum bekerja.
Negeri mimpi
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By cahsewon
di indon gak berlaku asas bela paksa, yg berlaku asas bela yg bayar

emoticon-Imlek


:2thumbub

emoticon-Ultah

bedingaaaaang
Quote:Original Posted By cahsewon
di indon gak berlaku asas bela paksa, yg berlaku asas bela yg bayar

emoticon-Imlek


Quote:Original Posted By adhyzone
Bisa bebas asal buat pelicin nya masuk emoticon-Toast


:ceyem
koq bisa alasannya polisi tidak cukup berani menghentikan kasus, sementara banyak di antara mereka yang berani melakukan pungli, menembak orang sembarangan, menembak istri sendiri, atau malah menembak diri sendiri ... emoticon-Cape d... (S)
Wkwwk bang ganjar, dulu dosen asas pidana ane nih

Biasanya pak chudry yang diambil opininya, skrg bang ganjar haha
mati dulu baru bela diri emoticon-Takut
ya emang harus di berangus nih geng motor kalo cuma di data dan lompat kodok di kantor polisi engga akan pernah jera, bila perlu kaya filipina ngeberantas pengedar narkoba deh dor di tempat
Apalagi ini sampe mati,wong kemaren sekitar tahun 2012 an di kampung ane ada orang mabok nyegatin semua orang yang lewat dan di tantangin semua,begitu di gebukin eh yang nggebukin (hampir) di penjara,terus di suruh bayar duit 5 juta
wow kasus jessica jilid II, bakal disiarin tipi
Bayar dulu baru di bela bela ampe maksa emoticon-Wakaka
kasih duit baru di bela emoticon-Cool
pengacaranya harus Hotman Paris
Mantaplah
Mau mencegah malah ....
Dimana aparat ketika geng motor menyerang warga?
Jadi kalo kita terpaksa merampok bank karena harus bayar tebusan penculik, kita bebas dari tuntutan pidana? Serius??
aku aja udah mulai data bocah smp sma di dekatku yang terlalu banyak tingkah atau sok preman
buat apa?
untuk di guna guna i!
besar bikin susah.
dipukul.
ortunya gak bisa diajak ekrjasama udah terlanjur di dikte anak sendiri

negeri dagelan