alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5801a4fe642eb6b47d8b4569/membandingkan-program-pariwisata-dan-kebudayaan-cagub-cawagub-dki
Membandingkan Program Pariwisata dan Kebudayaan Cagub-Cawagub DKI
JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017 memiliki gagasan masing-masing mengenai pengembangan pariwisata dan kebudayaan Jakarta.

Setiap pasangan menuangkan gagasan tersebut dalam visi, misi, dan program kerja yang akan dijalankan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Berikut uraian masing-masing gagasan program Basuki-Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diunggah KPU DKI Jakarta ke situs Sistem Informasi Tahapan Pilkada (Sitap), infopilkada.kpu.go.id/sitap-2017 atau https://pilkada2017.kpu.go.id.

Ahok-Djarot

Pasangan petahana memiliki 18 gagasan yang dituangkan dalam program kerja “Pariwisata & Kebudayaan: menjadikan Jakarta sebaqai kota destinasi pariwisata utama di lndonesia dan Asia Tenggara, dan menjadikan pariwisata sebagai salah satu penggerak utama perekonomi Jakarta.

Adapun uraian ke-18 gagasan tersebut adalah:

1. Mengembangkan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata unggulan dengan pembangunan infrastruktur, fasilitas budidaya ikan yang bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan Sekolah Tinggi Perikanan (STP), dan mendorong pembangunan resort bertaraf internasional.

2. Menjamin ketersediaan moda transportasi publik yang terjangkau ke Kepulauan Seribu, salah satunya dengan penyediaan kapal yang terintegrasi dalam transjakarta dengan metode pembayaran rupiah/mil.

3. Melanjutkan program revitalisasi Kota Tua dan fasilitas penunjang yang menjadi salah satu daya tarik utama wisata dan pusat budaya dan sejarah Jakarta.

4. Merevitalisasi kawasan Museum Bahari hingga Muara Angke dengan restoran apung untuk olahan makanan laut guna menjadikan kawasan tersebut sebagai salah satu destinasi wisata dengan mengembalikan fungsi kawasan sebagai pusat budaya dan pendidikan bahari.

5. Menjadikan Taman lmpian Jaya Ancol sebagai taman hiburan bertaraf internasional dan terjangkau bagi warga yang pengelolaannya dikerjasamakan dengan operator taman hiburan dari negara maju.

6. Menjadikan kantor wali kota, Iurah, dan camat sebagai tempat hiburan masyarakat secara reguler dengan pengelolaan pedagang kaki lima yang tertata rapi dan pertunjukan seni di akhir pekan.

7. Mendorong pembangunan pusat kebudayaan terpadu yang menampilkan berbagai macam budaya daerah-daerah di Indonesia.

8. Mengadakan kompetisi seni di RPTRA yang diperuntukkan bagi warga sekitar dengan tema Iomba berkaitan dengan program pemda.

9. Menyediakan rumah cagar budaya sebagai pusat kebudayaan bagi komunitas Iokal untuk menjadi tempat berkumpulnya pegiat dan penikmat seni.

10. Menjadikan kawasan wisata Kampung Betawi di Setu Babakan sebagai destinasi wisata unggulan dan sebagai pusat kebudayaan Betawi.

11. Membangun dan merevitalisasi GOR untuk setiap cabang olahraga dengan retribusi yang kompetitif atau kerja sama dengan pihak ketiga agar pengelolaan GOR mandiri dan berkualitas.

12. Mendukung klub-klub olahraga dengan pemberian insentif kepada klub yang telah berhasil membina atlet memenangkan kejuaraan tingkat regional, nasional, dan internasional.

13. Menjadikan Lapangan Banteng sebagai pusat olahraga warga kota yang dapat beroperasi selama 24 jam dalam sepekan, lengkap dengan fasilitas olahraga penunjang yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

14. Mewujudkan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sebagai kebun binatang kelas dunia yang dikelola secara transparan dan profesional serta terjangkau bagi seluruh warga.

15. Mendorong kerja sama komunitas seni lokal dengan promotor festival bertaraf internasional untuk menghasilkan kolaborasi pertunjukan seni tingkat dunia di Jakarta.

16. Mendorong pelaksanaan pasar malam di beberapa ruas jalan Jakarta yang bebas kendaraan, dimulai di kawasan Kemang dan Sabang, dengan PKL yang tertata rapi dan terjangkau bagi warga sehingga menjadi daya tarik turis Iokal dan mancanegara.

17. Mengintegrasikan sekolah bidang pariwisata dengan industri pariwisata dan budaya untuk mewujudkan Jakarta sebagai destinasi wisata dan budaya.

18. Melanjutkan keberlangsungan acara pagelaran seni tiap akhir pekan di Gedung Kesenian Jakarta.

Agus-Sylviana

Di bidang kebudayaan, Agus-Sylviana akan menata kawasan-kawasan yang memiliki nilai budaya. Pasangan cagub-cawagub yang diusung Partai Gerindra dan PKS ini mencantumkan program tersebut dalam “program aksi untuk mewujudkan Jakarta yang sejahtera”.

Agus-Sylviana ingin merehabilitasi dan menata kawasan-kawasan yang memiliki nilai budaya dan sejarah. Kemudian pasangan ini juga ingin meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pertunjukan seni dan budaya.

Agus-Sylviana juga menyinggung program kebudayaan untuk mewujudkan Jakarta yang nyaman dan bermartabat. Program tersebut yakni mendirikan social centre yang mewadahi kebutuhan masyarakat khususnya kaum muda akan olahraga, budaya dan kreativitas yang terintegrasi dengan konseling untuk kaum muda.

Sementara itu, Agus-Sylviana belum merinci program terkait pariwisata dalam visi-misi mereka. Keduanya hanya menulis adanya peningkatan dan penyebaran manfaat pariwisata terhadap ekonomi dan peluang usaha masyarakat dalam program aksi untuk mewujudkan Jakarta yang adil.

Anies-Sandiaga

Dalam situs web Sitap KPU, mulanya ditemukan berkas visi-misi Anies-Sandiaga yang berjumlah 23 halaman. Namun, kemudian visi-misi keduanya yang diunggah di situs web Sitap hanya menampilkan tiga halaman yang ringkas.

Kompas.com menyampaikan program Anies-Sandiaga yang tercantum dalam kedua file tersebut. Dalam visi-misi yang berjumlah 23 halaman, Anies-Sandiaga mencantumkan program di bidang kebudayaan dalam “Pilar 1: Pembangunan Manusia” yakni Membangun Kebudayaan.

Anis-Sandiaga menulis tiga poin, yakni:

1. Membangun pusat-pusat budaya di setiap kota yang dapat dinikmati masyarakat.

2. Melengkapi taman-taman kota dengan fasilitas untuk mengekspresikan budaya seperti misalnya amphiteater mini, dinding mural, dan lainnya.

3. Festival kebudayaan rutin dengan proses kompetisi dan showcase bertingkat dari kecamatan hingga provinsi.

Sementara itu, dalam visi-misi yang lebih ringkas, program prioritas Anies-Sandiaga yang relevan dengan bidang kebudayaan yakni program nomor 2 dalam “pemberdayaan dan pelibatan warga”.

Poin itu berbunyi: Memperbanyak dan meningkatkan kenyamanan ruang publik sebagai tempat ekspresi budaya dan kreativitas, interaksi yang sehat antarwarga dan perekatan kohesi sosial.

Kemudian, program yang terkait dengan pariwisata hanya ditemukan dalam visi-misi pertama yang berjumlah 23 halaman. Program pariwisata itu tercantum dalam “Pilar 1: Pembangunan Manusia” di bagian Membangun Kehangatan Hubungan Antarwarga.

Di situ ditulis program untuk mengembangkan pariwisata yang dapat diakses oleh seluruh warga, yakni:

1. Mendorong wisata pantai yang murah yang memberdayakan warga dan melestarikan lingkungan.

2. Mendorong wisata religi dan situs bersejarah dengan inovasi yang menyenangkan.

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/10/15/09000041/membandingkan.program.pariwisata.dan.kebudayaan.cagub-cawagub.dki?page=3

1. top markotop
2. segini doang otak prof sylvi manta deputi gubernur Bidang Pariwisata dan kebudayaan DKI
3. ngambang
Kenapa silvi gak majuin program yang pernah dia jalanin ya??

Promosi daerah atau destinasi pariwisata gitu??
6. Menjadikan kantor wali kota, Iurah, dan camat sebagai tempat hiburan masyarakat secara reguler dengan pengelolaan pedagang kaki lima yang tertata rapi dan pertunjukan seni di akhir pekan.

nunggu yg ini dijalan kan emoticon-Wow

sylvi ikut dilibatkan g sih dalam visi misi??

oh ya ada beberapa yg typo diatas itu jd rada bingung bacanya om ts
Gawat programnya dasyat ini petahana,, yg bisa di hajar cuma karakter sama sara doang,,, saran buat pak ahok sudah pak jgn bnyk ngomong politik biarkan tim sukses aja yg bnyk ngomong pleasee,,, kita mau menang mudah pak klo bisa menang tanpa berkeringat kenapa hrus capek2...
Quote:Original Posted By mdmdmsdn
Kenapa silvi gak majuin program yang pernah dia jalanin ya??

Promosi daerah atau destinasi pariwisata gitu??


engga boleh klaim, itu programnya ahok emoticon-Embarrassment
Membandingkan Program Pariwisata dan Kebudayaan Cagub-Cawagub DKI
×