alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5801a3d3507410292b8b456a/5-cara-mudah-menghadapi-transisi-menuju-tingkat-bisnis-berikutnya
5 Cara mudah Menghadapi Transisi Menuju Tingkat Bisnis Berikutnya
Ketika bisnis anda sudah berjalan dengan baik, arus keluar masuk uang sudah mulai sehat, biasanya waktu menjadi sangat terbatas karena anda akan sibuk sekali dalam mengurusi kegiatan bisnis anda. Ketika itulah anda akan bingung dan bertanya “bagian apa yang tepat yang bisa menggantikan pekerjaan anda agar waktu anda bisa lebih luang kembali, sehingga anda bisa meningkatkan penghasilan bisnis anda?” Untuk menjawab pertanyaan ini, anda dan saya harus sepaham, karyawan itu bukan sebagai beban anda, melainkan alat bantu untuk meningkatkan penghasilan bisnis anda, bila tidak membantu, tak perlu anda merekrut karyawan. Kembali ke pokok pembahasan bagaimana anda harus memilih bagian mana yang bisa digantikan orang lain ketika anda berada pada transisi menuju tingkat bisnis berikutnya.


Yang Pertama


Anda buat Tangga Rincian Karyawan, berdasarkan Tingkat kesulitan, contoh: pertama OB, Kedua Packaging dan kurir, Ketiga Akunting, Keempat Selles, Kelima Menejer . Tangga rincian karyawan ini berdasarkan SOP yang sudah anda buat diawal bisnis anda dibuat. Jika anda belum punya SOP, segera dibuat,karena memang SOP ini sangat penting dalam mengatur kemana arah bisnis anda berjalan. Dalam buku jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran juga banyak dibahas tentang SOP, atau anda bisa membacanya di buku bisnis yang lainnya


Yang Kedua


Carilah posisi yang membutuhkan tenaga dan waktu yang besar tetapi dengan tingkat kesulitan yang rendah, contoh : OB, Kurir, Packing. Mengapa demikian? Karena gaji untuk karyawan tipe ini sangat murah, dan anda tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak terlalu memberi profit dan bisa fokus pada hal-hal yang bisa mendatangkan profit yang lebih besar, seperti pembukuan dan selling.


Yang Ketiga


Anda harus punya perkiraan, apa saja yang bisa diselesaikan oleh karyawan yang anda rekrut dalam sehari, seminggu dan sebulan, sehingga anda dapat memperkirakan keuntungan apa yang anda dapat jika anda merekrut karyawan.


Yang Keempat


Penting anda mempelajari karakter karyawan sehingga anda bisa menempatkan karyawan ditempat yang tepat, anda bisa pelajari DISC profile, sidik jari, tes kepribadian dll. Anda juga bisa mempelajarinya di buku jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran


Yang Kelima


Pentingnya anda mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin, bisa dari pelatihan-pelatihan leadership, dari kajian-kajian, dari baca buku dll. Intinya jangan sampai anda punya karyawan tapi anda tidak mampu memperlakukan mereka sebagaimana mestinya karena anda tak mampu menjadi seorang pemimpin yang baik


Demikian tulisan yang bisa saya bagikan kepada anda. Bila ada kekurangan atau kesalahan mohon diberi kritik dan saran. Bila bermanfaat silah kan anda bagi, terimakasih