alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f917cfc1d770053e8b458a/harga-cabai-di-aceh-barat-naik-100-persen
Harga cabai di Aceh Barat naik 100 persen
Quote:
Meulaboh (ANTARA Aceh) - Harga jual cabai merah di tingkat pedagang pengecer di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengalami kenaikan 100 persen dari Rp35.000 menjadi Rp70.000/Kg, karena minimnya pasokan dalam sepakan terakhir.

Ratno S, salah seorang pedagang di komplek pasar bina usaha, Meulaboh, Kamis mengatakan, kenaikan itu dipicu oleh pengaruh musim kemarau melanda sejumlah kawasan sentra produksi, sehingga membuat pasokan cabai merah tidak normal.

"Mulai naik sekitar seminggu yang lalu dengan penjualan kami Rp70 sampai Rp75 ribu per kilogram, kalau sebelum lebaran kisaran Rp 35 ribu per kilogram," katanya saat dijumpai sejumlah wartawan di lokasi pasar.

Ratno menjelaskan, penyebab terjadikenaikan komoditi bahan sayur-mayur itu karena terjadi musim kemarau sehingga ada kawasan tertentu sebagai produsen terjadi gagal panen, akibatnya pasokan ke pasar berkurang.Sementara terhadap permintaan masyarakat dalam sepekan ini tetapstabil, karena itu para pedagang dalam lokasi pasar melakukan pengurangan jumlah untuk barang dagangan karena dikhawatirkan mengalami kerugian apabila kurang pembeli.

"Karena daya pembeli kurang pasokan kita kurangi, palingan 30-40 kilogram per hari, barang ini dari dekat-dekat Aceh Barat juga, kalau dari cabe luar seperti Brastagisama juga mahal sekitar Rp70 ribu juga," jelasnya.

Para pedagang setempat memprediksi akan ada kemungkinan kenaikan harga cabai mencapai Rp100 ribu/kg, pertama karena memasuki momen perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aceh dan pengaruh pasokan dari luar karena kemarau.Sementara untuk harga sayur lain seperti Tomat Medan Rp6.000, cabairawit Rp40.000, bawang merah Rp35.000, bawang putih Rp35.000, kentang Rp14.000/Kg.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Aceh Barat Said Fauzi yang dikonfirmasi wartawan menyampaikan, kenaikan harga cabai merah di pasar telah berlangsung dalam sepekan ini tanpa diketahui penyebab pasti.

"Kita pemda tidak bisa mengatur, atau mengendalikan sampai kepada harga cabai. Kalau dari data laporanperkembangan harga pasar malah harga cabai merah besar Rp65 ribu perkilogram itu sudah stabil," sebutnya.

Dia menyampaikan, kenaikan harga sayur maupun rempah-rempah bisasaja karena ulah spekulan ditingkat pengencer, atau memang terjadi kekurangan pasokan akibat gagal panen sementara permintaan tinggi,namun terpantau bahwa tidak ada gejolak permintaan masyarakat.Namun kata dia, Pemkab Aceh Barat dalam pengambilan data tidak mengacu pada satu pedagang enceran untuk membuat sebuah perbandingan harga sehingga tidak ngambang bagi masyarakat dan pemerintah untuk menerapkan sebuah kebijakan.


Spoiler for Cabe1:


Spoiler for Cabe2:



Spoiler for Cabe3:


Spoiler for Cabe4:


Spoiler for Cabe6:


Spoiler for Cabe7:



Spoiler for Cabe8:



Spoiler for Cabe Impor:


emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Traveller
Harga cabe meroket, gimana dengan harga cabe ditempat agan2?

Sumur :
http://aceh.antaranews.com/berita/32...aik-100-persen

alamat cabe daerah ane jg bakal naik emoticon-Hammer2
Calon trit sepi gara2 Ahok emoticon-Blue Guy Bata (L)
harga meroket petani cabe makmur emoticon-Ultah
gak berani komen saya

gak punya paspor

emoticon-Frown
ane bukan ktp sono gan...
wajarlah.... nanemnya susah, gampangan nanem anu...
nggak apalah cabe naik, paling orang cuma butuh bbrp saja.
bikin perut mulesd
mulusnya masa segitu doank emoticon-Mad emoticon-Mad
Cabe naik ya ga usah nyambel, yg penting masih bisa ngulek
Panggil uno yg bisa nurunin harga bahan pokok
Jangankan cabe, depe aja mau plorotin!
Quote:Original Posted By greenteaaaa
mulusnya masa segitu doank emoticon-Mad emoticon-Mad


Ada cendol ada mulusemoticon-Mad


Quote:Original Posted By samber...gledek
Panggil uno yg bisa nurunin harga bahan pokok
Jangankan cabe, depe aja mau plorotin!


emoticon-Wkwkwk

uanjrutttttt....

Quote:Original Posted By samber...gledek
Panggil unott yg bisa nurunin harga bahan pokok
Jangankan cabe, depe aja mau plorotin!


Ngakak sampe hampir keselek gw....
Biadab komentar ente gan
fiks . .
cabe telah di beli ahok . .
seperti biasa kwitansi minta sama sarungkampret . .
Quote:Original Posted By stratovarius666
wajarlah.... nanemnya susah, gampangan nanem anu...



Anu apa nih mod? emoticon-Malu

Singkong ya? emoticon-Matabelo
mulusnyaemoticon-Wowcantik
gak apa2 asal harga ganja tetep stabil

cabe bukan bumbu masakan utama

emoticon-Imlek emoticon-Maaf Aganwati emoticon-Imlek
ganti ganja aja emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By hendra.yg
ganti ganja aja emoticon-Traveller


susah dapetnya bray emoticon-Wow
bonusnya kurang emoticon-Ngakak
×