alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f8fc5bc1cb17a84f8b457a/pemekaran-daerah-sarat-politisasi
Pemekaran Daerah Sarat Politisasi
Pemekaran Daerah Sarat Politisasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Muqowan mengakui proses pemekaran daerah di Indonesia sarat politisasi. Dia mengindikasikan politisasi dari lamanya proses pembentukan dan pengajuan daerah otonom baru.


"Jadi yang bermain politik di sini adalah soft politik dan high politik. Barangkali yang dilakukan DPD soft politik," kata Muqowan di Gado-gado Boplo, Jakarta Pusat (8/10/2016).


Dia mencontohkan dalam beberapa waktu terkahir, Kementerian Dalam Negeri sudah menyetor sejumlah daerah yang akan dimekarkan ke ketua DPD. Namun hingga kini, daerah-daerah itu belum dieksekusi Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah.


"Tapi ini sudah tiga bulan kenapa belum (dieksekusi), jadi pak JK sedang memerankan high dan soft politic untuk pemekaran daerah. Beliau berhak untuk memberikan rekomendasi lahirnya regulasi-regulasi," jelas dia.


Baca: Pemerintah Harus Pertimbangkan Lebih Banyak Pemekaran Daerah


Pemerintah baru mengeluarkan satu Peraturan Pemerintah (PP). PP itu merupakan turunan Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Sedikitnya harus ada 20 PP yang dikeluarkan sebagai landasan pembentukan otonomi di sejumlah daerah.


"Usulannya segera bentuk itu PP lah agar (daerah yang akan diotonomikan) tidak hanya berharap-harap tapi ada regulasi yang bisa mengantarkan di daerah otonom baru," tegas dia.


Baca: Otonomi Tak Sekadar Pemekaran Daerah


Muqowan berharap ada sinkronisasi yang terbentuk antara DPR, DPD dan Pemerintah dalam Cumiarkan daerah. Dia meminta ketiganya berhati-hati dan selektif dalam mengeksekusi daerah yang akan dimekarkan.


"Kalau memang ada daerah yang tidak mencukupi syaratnya (untuk diberi otonomi) ya lewatkan. Tapi kalau memang sudah sesuai syarat ayo silahkan jadi otonom baru," tandas dia.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...rat-politisasi

---

Kumpulan Berita Terkait PEMEKARAN DAERAH :

- Pemekaran Daerah Sarat Politisasi Pemekaran Daerah Sarat Politisasi

- Pemekaran Daerah Sarat Politisasi Legislator Dorong Pemekaran Wilayah Kepulauan Sumenep

- Pemekaran Daerah Sarat Politisasi Puluhan Mahasiswa Tuntut Pengesahan Pulau Sumbawa Jadi Provinsi Baru

calon trit yang sepi nih
brebes kayaknya gak mau lepasin wilayah selatan neh..?
Quote:Original Posted By raimuasubangset
brebes kayaknya gak mau lepasin wilayah selatan neh..?


Bener banget udah dari kapan taun ngga dilepas2.
Denger2 wilayah selatan penyumbang terbesar pajak buat kabupaten brebes tapi ngga pernah keurus padahal wilayah selatan paling mending daripada brebes panturanya emoticon-Cape d... (S)
Ane sbagei org sby mendukung penuh propinsi maduraemoticon-Big Grin

Jangan tanya kenapaemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By cloning45


Bener banget udah dari kapan taun ngga dilepas2.
Denger2 wilayah selatan penyumbang terbesar pajak buat kabupaten brebes tapi ngga pernah keurus padahal wilayah selatan paling mending daripada brebes panturanya emoticon-Cape d... (S)


Iya neh.. orang selatan dibikin repot kalo ngurus ngurus misal bikin sim musti ke brebes gan..!! Kalo gak lulus tes kan kasian gan...
Ya semoga tonjong,bumiayu,sirampog,paguyangan,bantarkawung,salem dibingkai jadi satu menjadi kabupaten BUMIAYU.. amin...!!
Quote:Original Posted By raimuasubangset


Iya neh.. orang selatan dibikin repot kalo ngurus ngurus misal bikin sim musti ke brebes gan..!! Kalo gak lulus tes kan kasian gan...
Ya semoga tonjong,bumiayu,sirampog,paguyangan,bantarkawung,salem dibingkai jadi satu menjadi kabupaten BUMIAYU.. amin...!!


Kasian jalan dijalur brebes selatan arah purwokerto tuh, banyak rusak kualitas aspal nya parah dah gitu ga dibenerin lagi padahal masuk kategori jalan nasional penghubung jalur utara sama selatan emoticon-Cape d... (S)
×