alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f8be539a095199398b4587/hak-politik-tni-bukan-untuk-maju-di-pemilihan-umum
Hak politik TNI bukan untuk maju di pemilihan umum
Hak politik TNI bukan untuk maju di pemilihan umum

Hak politik TNI bukan untuk maju di pemilihan umum

Merdeka.com - Pengamat politik dan militer Kusnanto menilai wajar Tentara Nasional Indonesia (TNI) berharap diberikan hak politik. Namun, dia meminta militer untuk tidak terlibat dalam ajang Pilkada.

"Saya kira kalau itu hak politik untuk dipilih dalam sebuah pemilihan umum maka tidak bisa diberikan karena tidak ada satu pun di negara lain yang memberikan hak bagi tentara untuk dicalonkan dalam pemilihan umum," kata Kusnanto dalam diskusi PARA Syndicate yang bertajuk Barak TNI: Tentara Professional vs Pusaran Politik & Bisnis,Jakarta, Jumat (7/10).

Kusnanto khawatir bila hak politik semacam itu diberikan pada TNI bakal menjadi sebuah kemunduran dalam reformasi. Sebab, sebaiknya personel TNI mencalonkan dalam Pilkada harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Namun, jika dimaksud adalah hak untuk memilih, dia menilai hal itu bisa saja dilakukan. Menurut dia, untuk memberikan hak memilih bagi TNI tidak perlu dengan mengubah undang-undang. Sebaiknya hanya mengubah aturan dari panglima.

"Kalau memang iya (mau diberi hak untuk memilih), ya disepakati saja mau kapan mau diberi. Mungkin tahun 2019 atau 2020 lalu sisa waktu empat tahun ke depan itulah yang kita siapkan untuk menyiapkan segala sesuatunya" pungkasnya.

https://m.merdeka.com/peristiwa/hak-...ihan-umum.html
ex komandan resign. nyalon. ex anak buah bisa gerilya. mantap sudah.
janganlah chaos nantinya ada ada aja. apa manfaatnya coba malahan resiko chaos yg ada