alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f8be1b60e24bc0438b4569/sampah-antariksa-4-kali-jatuh-di-indonesia-sumenep-terbesar
Sampah Antariksa 4 Kali Jatuh Di Indonesia, Sumenep Terbesar
Sampah Antariksa 4 Kali Jatuh Di Indonesia, Sumenep Terbesar


Merdeka.com - Sebelum kejadian sampah antariksa yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur, kejadian serupa ternyata pernah menghinggapi Indonesia sebelumnya. Hanya saja, sampah antariksa yang jatuh ke kandang sapi di Sumenep ternyata yang terbesar.

"Sejauh ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berarti sudah menyimpan empat benda antariksa, dan ini (Rocket Falkon 9) yang terbesar," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin di Kantor LAPAN, Pasteur, Bandung, Sabtu (8/10).

Pecahan roket berupa tabung yang jatuh di Sumenep itu, merupakan bagian atas peluncuran satelit komunikasi JCSAT 16 yang diluncurkan di Amerika Serikat pada pertengahan 14 Agustus lalu. Tepat pada Senin 26 September sekitar pukul 09.21 WIB, benda antariksa tersebut jatuh di kandang milik warga Sumenep.

Benda itu terdapat empat bagian di mana tiga bagiannya menyerupai drum dengan tiap drumnya seberat 80-100 kilogram. Adapun bagian terkecilnya merupakan alat kontrol seberat 5 kilogram.

Dia mengatakan, pada 1981 silam Indonesia pernah menjadi 'korban' antariksa di Gorontalo. "Kami identifikasi itu bagian patahan bekas roket milik Rusia," ujarnya.

Masih sama yakni dari negara Rusia di mana pada 1988 Lampung juga ketiban sampah antariksa. "Di Lampung bendanya sama yakni milik Rusia."

Lalu pada 2003 lempengan pecahan dengan ukuran 60X60 cm jatuh di daratan Bengkulu. "Lempengan pecahan roket itu punya RRC tahun 2003 lalu," ujarnya. Dan yang terbaru adalah kejadian di Sumenep.

Dia menambahkan, seluruh temuan benda tersebut disimpan di kantor LAPAN. "Sedangkan yang kejadian di Sumenep, itu diserahkan pada spaceX (perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat)," ujarnya.

Lanjut dia, masih banyak benda-benda antariksa yang jatuh ke Indonesia. Hanya saja benda itu tidak melulu menyasar ke dataran karena, Indonesia memiliki luasnya lautan dan hutan. "Jika yang ke laut itukan sulit kita identifikasi," tandasnya seraya menyebut saat ini ada 17.800 sampah antariksa. "17.800 itu besarnya se kepalan tangan."
merdeka

kapan indonesia buang sampah ke negara lain yah...... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
buang TS maksudnya???

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk

Barangkali diatas langit sumenep, banyak satelit asing
nyampah bukannya ke planet laen.
Quote:Original Posted By kerupukaleng
buang TS maksudnya???

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk

Barangkali diatas langit sumenep, banyak satelit asing


maksud ane indonesia punya banyak satelit made in sendiri di antariksa...... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
peran pemerintah bagaimana ya dalam kasus ini?
harusnya pro aktif dong .. warga diberikan perlindungan terutama dalam hal hukum .. minta ganti rugi dong bagi negara2 yang telah menjatuhkan sampahnya di Indonesia .. emoticon-Cape d... (S)

LAPAN juga gak pro aktif dalam hal ini? kayaknya cuma ngembaliin puingnya ke negara asal .. sayang banget emoticon-Cape d... (S)
kiloin ... kiloin ... kiloin


emoticon-Ngacir
Pantesan dulu jaman ORBA ga jadi ngimpor sampah, rupanya udah ada supplier lain dari antariksa emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By belahdurentwo


maksud ane indonesia punya banyak satelit made in sendiri di antariksa...... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

Belum om...msh banyak sibuk ribut soal agama, bukan sains emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By maize.farmer
peran pemerintah bagaimana ya dalam kasus ini?
harusnya pro aktif dong .. warga diberikan perlindungan terutama dalam hal hukum .. minta ganti rugi dong bagi negara2 yang telah menjatuhkan sampahnya di Indonesia .. emoticon-Cape d... (S)

LAPAN juga gak pro aktif dalam hal ini? kayaknya cuma ngembaliin puingnya ke negara asal .. sayang banget emoticon-Cape d... (S)


maksudnya minta uang kaget gitu gan..... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
klo ketiban benda 80 kg dr langit mokad deh
Quote:Original Posted By belahdurentwo


maksudnya minta uang kaget gitu gan..... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


loe buang sampah aja seharusnya didenda kok..
masak negaramu dijadikan tempat sampah, loe diam aja ..

terserah mau pakai isstilah apa, tapi harusnya mereka berhak mendapatkan penggantian .. setidaknya untuk propertinya .. dan untuk antisipasi kejadian yang sama terulang dan bisa makan korban jiwa.
Quote:Original Posted By maize.farmer


loe buang sampah aja seharusnya didenda kok..
masak negaramu dijadikan tempat sampah, loe diam aja ..

terserah mau pakai isstilah apa, tapi harusnya mereka berhak mendapatkan penggantian .. setidaknya untuk propertinya .. dan untuk antisipasi kejadian yang sama terulang dan bisa makan korban jiwa.


bagusnya bawa ke jalur hukum, tuntut perusahaan pembuat roket tsb..... emoticon-2 Jempol
kalo yg jatuh di madura alien pasti lebih seru emoticon-Wkwkwk
itu ee nya para astronaut yg sudah mengeras emoticon-Selamat
pemerintah rame kalo dah makan korban jiwa emoticon-No Hope
justru berkah buat org indon brayy ...... emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By hawk
klo ketiban benda 80 kg dr langit mokad deh


Kalau dari langit kecepatannya tinggi. Sepertinya puluhan gram saja bisa mati

Quote:Original Posted By maize.farmer
peran pemerintah bagaimana ya dalam kasus ini?
harusnya pro aktif dong .. warga diberikan perlindungan terutama dalam hal hukum .. minta ganti rugi dong bagi negara2 yang telah menjatuhkan sampahnya di Indonesia .. emoticon-Cape d... (S)

LAPAN juga gak pro aktif dalam hal ini? kayaknya cuma ngembaliin puingnya ke negara asal .. sayang banget emoticon-Cape d... (S)


Ente orang mana bray? kek nggak kenal orang kitak aja..
Nunggu ada yang mokad dulu , baru tuhh pada sok sibuk cari panggung emoticon-Marah
Itu yang di Sumenep kok gak ada pernyataan resmi dari perusahaan yang punya roket ya?

Harusnya kasih pernyataan lah bahwa itu punya mereka dan bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi..

Masa udah jatuhin sampah, ngancam jiwa orang terus anteng-anteng sahaja ..
macam dapat durian runtuh emoticon-Ngakak