alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f818e25a516309398b456d/luhut-tawari-jepang-bangun-kereta-semicepat-jakarta-surabaya
Luhut Tawari Jepang Bangun Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya
Spoiler for Luhut Tawari Jepang Bangun Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya:

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan berharap Pemerintah Jepang bersedia membangun proyek kereta semicepat antara Jakarta-Surabaya. "Kami sudah menyampaikan surat resmi, secara pribadi saya yakin teknologi Jepang tepat untuk proyek ini," kata Menteri Luhut secara tertulis pada Jumat, 7 Oktober 2016.

Luhut mengatakan dia sudah mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, Keiichi Ishii. Kemudian bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri, Chinsuke Sugiyama, serta beberapa anggota muda Liga Parlemen Jepang Indonesia. Pertemuan itu membahas tentang beberapa hal tentang investasi di Indonesia.

Luhut juga menemui Perdana Menteri Jepang, Sinzho Abe. Dia membahas kereta semi cepat itu dengan Abe. Intinya, Luhut menawarkan peluang investasi di Indonesia. Termasuk investasi di sektor kemaritiman.

Luhut juga mengajak Abe membahas permasalahan di Laut Cina Selatan. Termasuk beberapa topik lainnya. Tapi Luhut fokus untuk mengajak Jepang membangun kereta semi-cepat di Indonesia. "Kereta ini adalah kereta semi cepat dengan kecepatan 180-200 km per jam,” kata Luhut. Sehingga jarak tempuh Jakarta-Surabaya diharapkan bisa singkat, menjadi dalam waktu sekitar 3,5 jam saja.

Jalurnya akan berupa rel ganda, yang memungkinkan untuk dimanfaatkan membantu operasi angkutan peti kemas dry port antara Jakarta - Semarang - Surabaya. Menteri Luhut mengatakan ia berharap jika Jepang mengerjakan proyek ini, negara itu bisa melakukan alih teknologi kepada Indonesia dan mematuhi peraturan di Indonesia yang memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri.

Luhut mengatakan bahwa Indonesia juga mengundang Jepang investasi di East Natuna. Yaitu di bidang minyak dan gas dan di sektor maritim lainnya. "Selain itu, kami juga menyampaikan bahwa negara Anda (Jepang) bisa berinvestasi di banyak tempat di Indonesia,” ujar dia. Termasuk di Kepulauan Natuna, Saumlaki, Nias, Sorong dan Bitung.

Rencananya pembangunan pelabuhan di beberapa wilayah juga akan dilakukan dengan kerja sama antar kedua negara. Selain itu, progres pembangunan Blok Masela pun turut dibicarakan dengan PM Abe. Kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan tenaga kerja juga dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

shinkanzen

Semoga terwujud emoticon-Cool
Kalo jepang, gw setuju deh..
Wiw jkt sby 3 jam. Ongkosnya semahal pesawatkah?
page one dulu...

boleh lah ..... lebih guna ini dari kereta cepat ke bandung kemarin..
emoticon-Traveller
kalo kreta sekarang 60-80 ya
pasti gak pake gauge yang sekarang
kalo masterplannya udahjadimending beli tanah yang dlewatin
harga naek 50x lipat emoticon-Big Grin
Japek mana japek emoticon-Ngacir
lho ga kecina lagi ?
Lho, kok ndak pilih RRC lagi? emoticon-Big Grin
yah asal tar klo dah nawarin ke jepang ndak php trus dioper ke tiongkok.
Gitu dong,jangan ke china mulu.. seremmemoticon-Takut
Usaha trus tanpa henti emoticon-Big Grin

Btw, teknologi kereta cepat Japon sama China ada perbedaan yg mendasar gak ya..semisal ukuran rel atau keretanya
jakarta bandung da jalan?
Jalur sama KA, tapi pake layang jadi tidak mengganggu perjalanannya...
Quote:Original Posted By kerupukaleng
Usaha trus tanpa henti emoticon-Big Grin

Btw, teknologi kereta cepat Japon sama China ada perbedaan yg mendasar gak ya..semisal ukuran rel atau keretanya


standar dunia lah bre, kalau mau suka2 susah ntar kalau mau naik kreta dari china ke eropa. Belum kalau mesti beli gerbong/loko dari luar

Gw lihat China canggih juga bisa bikin rel ke tibet yg udara tipis, hawa dingin bahkan waktu ngecor aje mesti pake air panas. dan mesti diangetin supaya mengeras perlahan gak langsung keras karena udara super dingin.

Nat geo sering tuh mengangkat konstruksi china yg keren2.
Ignasius Jonan
Quote:Original Posted By makananburung
Wiw jkt sby 3 jam. Ongkosnya semahal pesawatkah?



Yg skrg aja argo bromo anggrek kdg lbh mahal dr pesawat, klo harga sm dgn psawat ane bakal beralih ke kereta ini.. Scr psawat lbh bnyk "extra time", hrs tiba min 45min, blm kl delay, blm nggu bagasi.. Kl jkt sby ane dukung.. Jgn yg ga jelas proyek property diblg kreta cepat..

Eniwei opa luhut mmg RI 3, strong nya hnya dibawah simbok n opa emoticon-Ngacir
feasibility study aja.. ntar yg bangun china.. lumayan feenya..emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Ditunggu realisasinya opung emoticon-Angkat Beer
nah kalo ini ane stuju nih , jarak jauh emang butuh yang cepet kalau bisa yang wush wush emoticon-Metal
Ketipu lagi ntar
emoticon-Wkwkwk