alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahasiswa Tiongkok Belajar Bahasa Indonesia di Jember
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f5d2d8925233a6408b4569/mahasiswa-tiongkok-belajar-bahasa-indonesia-di-jember

Mahasiswa Tiongkok Belajar Bahasa Indonesia di Jember

JEMBER - Tiga mahasiswa asal Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College, Tiongkok secara intensif belajar Bahasa Indonesia di Politeknik Negeri Jember (Polije), Jawa Timur selama 12 hari.

Kepala Badan Kerja Sama Polije, Nantil Bambang Eko Sulistiyono mengatakan mata kuliah Indonesia Language and Culture (Budaya dan Bahasa Indonesia) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pertukaran pelajar antara Polije dengan Jiangsu Tiongkok.
BERITA REKOMENDASI

"Mempelajari bahasa nasional setempat menjadi komitmen kedua belah pihak, agar para mahasiswa yang belajar di Indonesia maupun Tiongkok bisa beradaptasi menggunakan bahasa negara setempat," tuturnya.

Menurutnya, pemberian mata kuliah Indonesia Language and Culture bermanfaat untuk menyiapkan dan mempermudah proses adaptasi ketiga mahasiswa asal Tiongkok tersebut dari aspek bahasa, serta pengenalan atmosfer akademik.

"Hal tersebut dilakukan agar mereka segera bisa menyesuaikan dengan sistem pembelajaran dan masyarakat di kampus Polije," katanya.

Sementara, Kepala Unit Pelayanan dan Pelatihan Bahasa (UP2B) Agus Setiabudi mengatakan strategi pengajaran Bahasa Indonesia untuk angkatan ketiga dalam program pertukaran mahasiswa tersebut dilakukan sedikit perubahan, dengan lebih menitikberatkan pada pengucapan kata yang sehari-hari digunakan.

"Perbedaan pengucapan kata yang hampir semua tidak diakhiri dengan huruf konsonan atau huruf mati, dan hal itu yang menjadi masalah utama mahasiswa Tiongkok dalam mempelajari Bahasa Indonesia yang lebih beragam," tuturnya.

Berdasarkan pengalaman sekian tahun pertukaran mahasiswa, kata dia, pada umumnya mahasiswa asal Tiongkok lebih mudah beradaptasi dalam belajar Bahasa Indonesia dibandingkan mahasiswa dari Thailand.

"Bagian akhir program pertukaran pelajar nanti, mahasiswa asal Tiongkok diuji untuk melakukan presentasi dengan menyusun kalimat dalam Bahasa Indonesia berkaitan dengan pengalaman sehari-hari," ujarnya.

Direktur Polije Nanang Dwi Wahyono memberikan apresiasi kepada mahasiswa asal Jiangsu Tiongkok yang bersemangat beradaptasi dan mengikuti jadwal kuliah dan praktikum di Kampus Polije.

"Kami mengapresiasi atas semangat beradaptasi dengan lingkungan kampus, aktif mengikuti kuliah dan praktek, serta berbaur dengan mahasiswa Polije lainnya dengan baik," katanya.

Selain mempelajari Bahasa Indonesia, tiga mahasiswa asal Tiongkok tersebut akan belajar budaya Indonesia dengan belajar Tari Remo, sehingga diharapkan kemampuan mereka dapat ditampilkan pada upacara wisuda Polije pada bulan Desember 2016.
(sus)

http://news.okezone.com/read/2016/10...esia-di-jember

belajar gan
Diubah oleh zhouxian
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pegangan bagi yg ga kuat
Orang luar aja belajarnya semangat sekali, masa kita kalah sih? Mending ke gunung krakatau terus loncat.
Sementara di dalam negeri sendiri masih byk yg lebih prefer ngomong cang cing cong emoticon-Wink
Biasa aja tuh, orang Indonesia juga banyak belajar bahasa China di mainland.

Lagian, ini kan program pertukaran pelajar :
Kepala Badan Kerja Sama Polije, Nantil Bambang Eko Sulistiyono mengatakan mata kuliah Indonesia Language and Culture (Budaya dan Bahasa Indonesia) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pertukaran pelajar antara Polije dengan Jiangsu Tiongkok.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
mereka kuliah/studi bahasa indo buat nyari kerja juga keles... orang2 indo juga kalo kuliah ngambil bahasa asing tujuan utamanya juga buat nyari kerja. emoticon-Cool
Blajarnya yg giat emoticon-Smilie
Pertukaran istri emoticon-Wkwkwk

Quote:



Fix era aseng ..... semua uda dicinanisasi lol
suatu saat .... entah kapan .

berduyun duyun orang dari china...vietnam... kamboja . timor leste .australia .. dll dengan bermodal bisa berbicara bahasa indonesia dan mempunyai ketrampilan kerja yg lumayan


sementara tuan rumah nya cm bisa nyinyir sara dan ngomong agama sambil nonton emoticon-Big Grin
Diubah oleh mas_paimin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di