alexa-tracking

UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f5cc4a96bde644338b457a/umkm-sulit-bayar-cicilan-perbankan-diminta-permudah-kredit
UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit
UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit
Penjaga stan menata produk tas hasil kerajinan tangan berbahan dasar kulit pada Pameran UMKM Indonesia Expo, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/9).
Meski banyak diberikan kemudahan, namun sebagian besar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengaku masih terbelit masalah klasik yang menyulitkan usaha mereka.

Data dari Perkumpulan Akses Keuangan Indonesia (Pakindo) yang dilansir oleh KOMPAScom, menyebut 60 persen UMKM mengalami kesulitan dalam mengelola arus kas untuk memenuhi kewajiban pembayaran angsuran pinjaman.

Sementara sebanyak 54 persen nasabah UMKM memiliki tiga jenis pinjaman di lembaga keuangan mikro.

Ketua Umum Pakindo, Slamet Riyadi, mengatakan hal tersebut dipicu oleh banyaknya lembaga yang menawarkan pinjaman dengan proses yang mudah, sehingga mengakibatkan nasabah mengambil pinjaman berganda.

"Penetrasi yang terlampau pesat dari kredit mikro dapat mendorong ketidakmampuan bayar dan krisis keuangan bagi lembaga keuangan," tuturnya, Rabu (5/10/2016).

Menurut Pakindo, pelaku keuangan mikro agar lebih memperhatikan dan mendalami dinamika yang terjadi di sektor keuangan mikro.

Di beberapa negara, seperti India, Meksiko, Nikaragua, dan Kamboja, fenomena penetrasi pinjaman lembaga keuangan yang terlampau tinggi terbukti mengakibatkan nasabah macet secara massal.

Menanggapi hal ini, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menilai institusi perbankan sebaiknya memberikan akses pinjaman yang lebih mudah kepada UMKM. Sehingga para pelaku UMKM tidak perlu mengambil pinjaman di lembaga keuangan mikro yang tak jarang menawarkan bunga pinjaman yang sangat tinggi.

"Mereka kalau mengakses ke perbankan tentunya persyaratannya cukup tinggi. Sehingga mereka memiliki akses pinjaman di luar perbankan dua hingga tiga (lembaga keuangan mikro)," ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Braman Setyo, dalam Metrotvnews.Untuk itu, pemerintah mengandalkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UKM yang membutuhkan pendanaan. Dengan adanya subsidi tingkat suku bunga, bunga untuk KUR hanya dikenakan sembilan persen.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewaspadai adanya kemungkinan UMKM yang melakukan pinjaman secara berlebih dari beberapa lembaga keuangan mikro. Jika kesulitan mengembalikan pinjaman tersebut, justru akan mengakibatkan matinya usaha dari para pelaku UMKM.

"Bagaimana mereka mendapat pinjaman yang cukup. Artinya mungkin tidak kurang, sesuai dengan kebutuhan mereka tapi tidak berlebihan. Sehingga kekhawatiran kalau ada pinjaman yang berlebihan itu mungkin bisa saja jadi pinjaman atau kredit jadi macet," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Firdaus Djaelani.

OJK mencatat, pertumbuhan kredit rupiah pada semester pertama tahun ini mencapai 12,5 persen yoy (year-on-year). Angka ini lebih tinggi dari semester pertama tahun lalu di mana pertumbuhan kredit rupiah hanya 10,7 persen.

Namun demikian, ada satu hal yang membuat pertumbuahn kredit secara keseluruhan turun yakni adanya kekeringan likuiditas yang cukup siginifikan. Hal ini membuat pertumbuhan kredit valas tumbuh negatif.

"Ini gambarkan aktivitas ekonomi yang berbasis dalam negeri, dan kegiatan perekonomian yang membutuhkan dukungan kredit berbasis rupiah, tertuju ke perekonomian lokal dan industri UMKM," kata Ketua OJK, Muliaman Hadad, dalam Republika.
UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ermudah-kredit

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit Jessica digoda atau tergoda oleh trik penyidikan?

- UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit Sadisnya Dimas Kanjeng menghabisi bekas muridnya

- UMKM sulit bayar cicilan, perbankan diminta permudah kredit Istri polisi tega membunuh dan memutilasi anak kandungnya

×