alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Yuk belajar apa itu riba.........!!!!!!!!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f5ac89a09a3981638b4567/yuk-belajar-apa-itu-riba

Yuk belajar apa itu riba.........!!!!!!!!!

Bismillahirramanirrahiim

Kita selalu merasa bahwa usaha itu perlu modal uang, padahal tidak selamanya demikian. Banyak usaha dimulai tambah modal tapi bukan itu yang kita mau bahas. Yang kita bahas adalah melakukan transaksi dengan cara riba. Tau apa itu riba?

Riba secara bahasa berarti penambahan, petumbuhan, kenaikan, dan ketinggian. Sedangkan menurut terminologi syara’, riba berarti “Akad untuk satu ganti khusus tanpa diketahui perbandingannya dalam penilaian syariat ketika berakad atau bersama dengan mengakhirkan kedua ganti atau salah satunya”

Kata “akad” mengandung makna ijab dan qabul, sehingga jika tidak ada ijab dan qabul, maka akad tidak ada, sama dengan seseorang yang menjual dengan sistem mu’athah (saling memberi) artinya menyerahkan dan menerima tanpa ada ucapan, dan ini terjadi pada sekarang ini dan bukan termasuk riba, walaupun ia haram, namun tidak seperti haramnya sebuah riba.


Jenis jenis Riba

Riba itu ada empat macam :

Spoiler for "1. Riba Fudluli (Fadhl)":


Spoiler for "2. Riba Qardh":


Spoiler for "3. Riba Nasi'ah":


Spoiler for "4. Riba Yad":


Setelah tau apa itu riba sekarang supaya lebih afdhol harus juga kita paham dosanya supaya tidak terjebak

Spoiler for "Dosa akibat melakukan riba":


Nah udah tau kan riba dan dosanya?

Like deh Fanpagenya Fanpage E-Riba2000
Mau ajukan pertanyaan di grup aja ya Grup E-Riba2000

Jangan lupa cendolnya gan emoticon-Toast maklum akun newbie jangan cuma dibata ajaemoticon-Shakehand2

Jazakumullah Khoir
Diubah oleh: eriba2000
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
ane mau tanya gan klo beli motor kredit itu termasuk kedalam riba ngak ?
mantap gan

ngeri bgt sm dosa riba
Quote:


iya gan,termasuk riba itu,kan sama aja pinjem uang di finance emoticon-shakehand
riba ya bang... emoticon-Takut
Quote:

kalo beli motor kredit dengan lewat perseorangan insya Allah lebih syar'i

Kalo lewat finance masih termasuk sistem kapitalis yang merusak ekonomi muslim

nimbrung ya gan
Quote:


fans MU bolehlah emoticon-Peluk
Quote:

wuaduuh...serem jg ya gan.

up dulu emoticon-Sundul sambil nunggu jawaban moderator kok trit saya yg satunya digembok
Aduh gan jadi galau gini
Kenapa gak gabung dengan Gerakan Anti Riba yg udah ada aja gan kyk RCC, biar lebih solid???
Quote:


galau knp gan
Quote:


saya termasuk member RCC gan...saya bikin ini bukan untuk mengurangi kesolidan malah untuk menambah akar supaya lebih solidemoticon-Recommended Seller
Quote:


riba jangan ditakuti tapi dilawan ganemoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


yang serem dosanya makanya kita kalau dah tau mending dijauhin
Quote:


Berada diantara riba riba yg bertebaran
good gan. mantaap!
Quote:


karena itu kita harus berjamaah meningkatkan ekonomi untuk melawan riba
yuuuuukkkkkkk
Quote:


Berjamaah ningkatin ekonomi maksudnya gimana ?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di