alexa-tracking

Jaga Rupiah, BI Dorong Dana Repatriasi Masuk Sektor Riil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ed43cc12e257997e8b456c/jaga-rupiah-bi-dorong-dana-repatriasi-masuk-sektor-riil
Jaga Rupiah, BI Dorong Dana Repatriasi Masuk Sektor Riil
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo berharap dana repatriasi dari program pengampunan pajak dapat diarahkan menuju investasi di sektor riil. Hal ini untuk mencegah dana tersebut hanya masuk ke instrumen keuangan yang mudah untuk keluar.

Jaga Rupiah, BI Dorong Dana Repatriasi Masuk Sektor Riil


Sebab, bila hal itu terjadi akan berisiko atas melemahnya rupiah dan ketersediaan likuiditas. “Lebih baik repatriasi ke sektor riil. Uang bisa keluar lagi (dengan cepat) kalau di instrumen keuangan,” kata Agus di Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

Saat ini, kurs rupiah dalam tren menguat dan sudah mencapai level 12.900 per dolar Amerika. Penguatan tersebut, kata Agus, salah satunya dipicu oleh banjir dana repatriasi sehingga membuat likuiditas melimpah.

Menurutnya, program pengampunan pajak alias tax amnesty telah membawa sentimen positif. Nilai tukar rupiah menguat hingga di bawah 12.900 per dolar Amerika. Selain itu, hasil debat calon presiden Amerika Serikat juga dianggap berpengaruh dalam penguatan ini.

Derasnya dana repatriasi tadi membuat konversi dolar Amerika kepada rupiah berlangsung secara masif. Hal tersebut menagngkat rupiah secara signifikan. “Suplai dolar Amerika banyak, otomatis rupiah menguat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan menguatnya rupiah juga mengindikasikan pulihnya kepercayaan investor terhadap pulihnya ekonomi Indonesia. Ke depan, tax amnesty pun tetap menjadi variabel pergerakan nilai tukar rupiah.

Sebelumnya, Kepala Riset Monexindo Ariston Tjendra melihat penguatan tajam rupiah dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Dari luar negeri, bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, belum menaikkan suku bunga pada September ini.

Dari dalam negeri, ada perkembangan positif program amnesti pajak dan data-data ekonomi Indonesia yang masih mendukung. “Inflasi di level rendah, pertumbuhan ekonomi membaik, dan neraca dagang masih surplus,” katanya.

Namun, Ariston memperkirakan, rupiah berpeluang kembali ke level 13.000 per dolar Amerika pada akhir tahun nanti jika bank sentral Amerika jadi mengerek suku bunganya.

Analisa kaitan program tax amnesty dan rupiah juga pernah disampaikan Lana Soelistianingsih. Ekonom dari Universitas Indonesia ini menyatakan bila pemerintah berhasil menarik dana repatriasi Rp 130 triliun maka akan berdampak signifikan terhadap kurs rupiah.

Hitungannya, tambahan US$ 10 miliar atau sektar Rp 130 triliun bisa membuka peluang penguatan kurs rupiah sekitar 300 sampai 500 poin. “Kalau Rp 130 triliun saja masuk berarti ada tambahan US$ 10 miliar. Rupiah bisa 12.500 per dolar Amerika,” ujarnya.

Sumber: Katadata
image-url-apps
pertumbuhan ekonomi membaik ?

knp npl naik ?

berbanding luruskah ?
jatah buat pks mana oi emoticon-Turut Berduka
×