alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ed434ea2c06ea75b8b456a/besok-keluarga-salim-akan-quottutupquot-periode-i-tax-amnesty
Besok, Keluarga Salim Akan "Tutup" Periode I Tax Amnesty
Keluarga Salim berencana mengikuti program pengampunan pajak atau amnesti pajak (tax amnesty), Jumat (30/9) besok. Keikutsertaan keluarga konglomerat zaman Orde Baru ini seakan menjadi gong penutup berakhirnya periode pertama program amnesti pajak.

Besok, Keluarga Salim Akan "Tutup" Periode I Tax Amnesty

Rencananya, putra almarhum Liem Sioe Liong, yaitu Anthoni Salim, akan menyampaikan Surat Pernyataan Harta (SPH) untuk mengikuti program amnesti pajak di Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar IV, Gedung Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, pukul 11.00 WIB, Jumat besok. Selain bos Grup Indofood tersebut, menantu Om Liem, yaitu Franciscus (Franky) Welirang, turut mendampingi dan menyerahkan SPH.

Langkah duo penerus bisnis Grup Salim ini untuk menunaikan janjinya setelah acara pertemuan sekitar seratusan pengusaha dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/9) pekan lalu. “Selain itu, Bapak Anthoni dan Franky ingin menunjukkan ke para pengusaha lain bahwa amnesti pajak itu sangat penting dilakukan,” kata Ani Natalia Pinem, Kepala Subdit Humas Ditjen Pajak, dalam pesan undangannya yang diterima Katadata, Kamis (29/9).

Setelah menyerahkan SPH, Surat Keterangan Pengampunan Pajak rencananya akan diberikan Kepala Kanwil Ditjen Pajak Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama, kepada Anthoni dan Franky.

Keluarga Salim merupakan kloter terakhir konglomerat yang mengikuti program amnesti pajak periode pertama dengan tarif tebusan terendah. Sejak tiga pekan terakhir, sudah banyak konglomerat yang mengajukan pengampunan pajak. Di antaranya bos Grup Lippo James Riady, Keluarga Thohir: Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir dan bos Grup Mahaka Erick Thohir, mantan bos Grup Astra dan pemilik Grup Triputra Theodore Permadi Rachmat, dan bos Sriwijaya Air Group Chandra Lie.

Belakangan, sejumlah konglomerat zaman Orde Baru turut program amnesti pajak, seperti Keluarga Cendana yang diwakili oleh Tommy Soeharto, bos Grup Barito Prajogo Pangestu, dan Keluarga Eka Tjipta Widjaja pemilik Grup Sinarmas yang diwakili oleh Franky Widjaja. Selain itu, ada bos Grup Bakrie Aburizal Bakrie, bos Grup Medco Arifin Panigoro, dan bos Pasaraya Abdul Latief.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, langkah Keluarga Salim mengikuti amnesti pajak sebenarnya sudah dinanti-nanti. Persoalannya, keluarga yang memiliki perusahaan multibidang ini membutuhkan waktu untuk mendata semua perusahaannya. “Ada sekitar 1.500 perusahaannya. Kalau ikut, mungkin bisa ada lonjakan besar dana tax amnesty,” kata sumber tersebut.

Hingga Kamis malam, Ditjen Pajak mencatat, jumlah pelaporan harta sudah mencapai Rp 3.134 triliun, yang mayoritas merupakan deklarasi di dalam negeri sebesar Rp 2.131 triliun. Alhasil, dana tebusan yang sudah diproleh pemerintah mencapai Rp 78,2 triliun. Sedangkan jumlah dana tebusan berikut pembayaran tunggakan dan bukti permulaan mencapai Rp 93,4 triliun.

Sebelumnya, Ketua umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani pernah menyatakan, para pengusaha membutuhkan waktu lama menyelesaikan konsolidasi dana atau hartanya untuk mengikuti program amnesti pajak. Sebab, para pengusaha tersebut punya banyak perusahaan. “Jumlahnya tidak hanya ratusan, tetapi ada yang sampai ribuan perusahaan,” kata Rosan.

Sekadar informasi, pada tahun 2015, majalah Forbes menempatkan Anthoni sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 70,2 triliun. Di bawah payung Grup Salim, dia memiliki perusahaan di bidang makanan dan bahan pangan, telekomunikasi, ritel, properti dan perbankan.

Sumber: Katadata
wah ini sih kakap nih
Djarum grup belum ikut TA yaaa??
anjay, emang ada berapa periode emoticon-Matabelo
Tanoto belum ikut ya??...belum rame dah TA nya.
Kl mereka mah dapat red carpet ... Kl kelas orang kecil kayak gw mah harus nyuruh orang antri dari jam 4 pagi biar dapat antrean ... emoticon-Wakaka
kakap ini mah...
hartanya luar biasa banyak... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By portaipiyungan
anjay, emang ada berapa periode emoticon-Matabelo


3 sampe maret taun depan emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By -= D137ER =-
Kl mereka mah dapat red carpet ... Kl kelas orang kecil kayak gw mah harus nyuruh orang antri dari jam 4 pagi biar dapat antrean ... emoticon-Wakaka



ANE PENGEN IKUT TAX AMNESTI AJA MASIH LAMA HARUS NUNGGU KAYA. emoticon-Marah JANJI PEMERINTAH AKAN MEMAJUKAN INDONESIA GAK TERLIHAT emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
singaparna kelojotan emoticon-Recommended Seller
Besok pecah telor gak yah tebusan bisa ampe 100T??

njiiirr si gondrong dan iparnya ikut juga emoticon-Wkwkwk
gila 1500 perusahaanemoticon-Wow
Bagus nich, ikan kakap, semoga target terlampui
Semoga gk di korupsi lagi sama para pejabat emoticon-Traveller
Sialan ga kudu ngantri ya mereka emoticon-Marah
Quote:Original Posted By -= D137ER =-
Kl mereka mah dapat red carpet ... Kl kelas orang kecil kayak gw mah harus nyuruh orang antri dari jam 4 pagi biar dapat antrean ... emoticon-Wakaka


benernya kurang fair juga,tapi mau gimana lagi gan,mereka terdaftar juga di kpp wp besar,yang wpnya gak banyak,kalo kayak kita2 cm terdaftar di pratama yang antri amnesti tiap hari ratusan emoticon-Ngakak
istilah bank,nasabah prioritas kali
si GIP ga ikutan TA? kan hartanya banyak tuh diluar negeri...
pengusaha di singapur kan.
harta nya ga abis tujuh turunan delapan tanjakanemoticon-Takut
Quote:Original Posted By blackspot510
Semoga gk di korupsi lagi sama para pejabat emoticon-Traveller


ini ni yg bikin deg2an
biasa lahan basah badjingan2 pada nerkam kesana smua emoticon-Takut