alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ed27c0d89b09ac318b456a/icw-kritik-pengumuman-dana-kampanye-pilkada-anies-sandiaga
ICW Kritik Pengumuman Dana Kampanye Pilkada Anies-Sandiaga
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik kebijakan kubu pasangan calon kepala daerah DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang mengumumkan dana kampanye mereka kepada publik, baru-baru ini.

Peneliti ICW Donal Fariz menilai langkah tersebut tak elok dilakukan mengingat KPUD DKI Jakarta belum menetapkan berapa plafon (batas tertinggi) jumlah dana kampanye.

"Menurut saya itu mendahului penetapan KPUD ya, ini juga menjadi peringatan bagi KPUD," kata Donal saat ditemui di kantornya, Kamis (29/9).

Pilihan Redaksi
KPK Minta Masyarakat Awasi Harta Calon Kepala Daerah
Kader PDIP di DPR Akan Sumbang Uang Kampanye bagi Ahok-Djarot
KPU Jakarta Bahas Pembatasan Dana Kampanye Bersama Tim Sukses

Jumlah dana kampanye pasangan Anies-Sandiaga diungkapkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, M. Taufik, kemarin malam (28/9).

Taufik mengatakan, pihaknya masih melakukan estimasi biaya kampanye Anies-Sandiaga. Namun, ia menyebut bahwa dana tersebut nantinya tak akan kurang dari Rp200 miliar.

"Sedang dihitung, yang jelas tak sedikit dan saya kira tak akan kurang dari itu (Rp200 miliar)," kata Taufik.

Dengan pemaparan tersebut, Donal mengatakan ICW akan memperhatikan berapa dana kampanye yang akan dilaporkan oleh tim Anies-Sandi. Kalau ternyata yang dilaporkan tak sesuai ucapan saat ini, maka itu akan menjadi bahan penelitian.

Dana kampanye dalam Pilkada memang rentan dengan praktik penyelewengan. Donal mengatakan peluang para calon untuk memanipulasi dana kampanye akan semakin besar seiring kian dekatnya masa kampanye.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menetapkan plafon jumlah dana kampanye. Oleh karena itu, ICW mendesak KPU untuk segera mengumumkan plafon jumlah dana kampanye yang boleh dikeluarkan oleh calon kepala daerah di Pilkada 2017.

"Saya menangkap ada kemungkinan plafon dana kampanye akan dilanggar, oleh sebab itu KPUD harus segera mengumumkan itu," kata Donal.

Aturan soal plafon dana kampanye baru diterapkan pada Pilkada 2015 yang diadakan serentak di lebih dari 200 daerah. Aturan itu muncul bersamaan dengan keputusan pemerintah memberikan subsidi kampanye bagi para pasangan calon.

Niat awal dari pemerintah dengan memberikan subsidi adalah menekan pengeluaran para pasangan calon untuk dana kampanye. Sejumlah aspek kampanye yang biasanya menguras kocek para calon akhirnya disubsidi oleh pemerintah.

Namun demikian, kata Donal, pada akhirnya dana yang dikeluarkan oleh pasangan calon tetap membludak.

Sayangnya, dana yang besar itu tidak dilaporkan secara jujur ke KPUD. ICW mencatat, tak jarang Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dari pasangan calon justru memperlihatkan angka yang dianggap terlalu kecil dari penerimaan dan pengeluaran yang sesungguhnya.

http://www.cnnindonesia.com/politik/20160929144341-32-162149/icw-kritik-pengumuman-dana-kampanye-pilkada-anies-sandiaga/

tenang kalo kurang nih ada cukongnya 50 org terkaya indo

ICW Kritik Pengumuman Dana Kampanye Pilkada Anies-Sandiaga
topig cs dipantau emoticon-Wakaka
ICW adalah antek asingemoticon-Marah
Quote:

"Sedang dihitung, yang jelas tak sedikit dan saya kira tak akan kurang dari itu (Rp200 miliar)," kata Taufik


modal santun biayanya gede banget

tunggu dari pihak ahok dah apakah sama
Dgn yg katanya penggalangan dana yg lbih merakyat, yaitu undangan makan 50k/orang, brapa lama yah bisa terkumpul sampai 200 M emoticon-Hammer2
smells like money politic emoticon-Big Grin
Icw skrg yg dibeli ahok.......
ICW mah pro-Ahok,

Ga sadar kali ye dana kampanye ahok sam mahalnya, support uang semua calon dibeking konglomerat semua mau ahok, anies, agus semua sama punya beking finansial kuat
Icw.... 😊

Seperti orang suci aja
Gpp pik, kalo kgedean bisa ikut dimasukin TA aja sekalian diurus Uno
Lagian makan lobster hari gini kaga murah
jangan sampe kecolongan lah itu pas pilpres timses prabowo hatta laporannya Rp 166,6 miliar eh pas di sadapan si Riza Chalid bilang habis Rp. 500M.

lucu juga buat kampanye di DKI lebih mahal dari wowo ikut pilpress emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Dengan pemaparan tersebut, Donal mengatakan ICW akan memperhatikan berapa dana kampanye yang akan dilaporkan oleh tim Anies-Sandi. Kalau ternyata yang dilaporkan tak sesuai ucapan saat ini, maka itu akan menjadi bahan penelitian.


kecepetan sih emoticon-Wakaka
mulut si topig mah ga usah dipercaya emoticon-Cape d...

ICW Kritik Pengumuman Dana Kampanye Pilkada Anies-Sandiaga
Gerandong emang hobi mendahului, dulu pas belum diumumin pemenang pilpres nya siapa udah mendahului pake atraksi sujud2 segala, eh setelah diumumin malah pidato menarik diri dari pilpres segala, asli lawak.
dari 200M, nasbung cabang kaskus dapet berapa?
masa masih 5000 per trit.. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mckennitt
dari 200M, nasbung cabang kaskus dapet berapa?
masa masih 5000 per trit.. emoticon-Malu (S)


dapet cepirit

emoticon-Frown
Quote:Original Posted By loebis.caem
Dgn yg katanya penggalangan dana yg lbih merakyat, yaitu undangan makan 50k/orang, brapa lama yah bisa terkumpul sampai 200 M emoticon-Hammer2



50k/orng khan yg di expose, yaaaahhh . . mirip2 sm 5% yg di ajuin berharap 10% msk kantong emoticon-Leh Uga
50 ribu pertama emoticon-Hammer2
Ni Donal, Donal siapa ya? Donal Duck ato Donal Trump 😞
icw pro ahok itu kan emoticon-Big Grin
×