alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ed0214d9d77053538b4567/pakar-tata-kota-di-indonesia-belum-ada-kota-yang-berstatus-smart-city
Pakar Tata Kota: Di Indonesia, Belum Ada Kota Yang Berstatus Smart City
Pakar Tata Kota: Di Indonesia, Belum Ada Kota Yang Berstatus Smart City

Inisiator Smart City Indonesia, Suhono Harso Supangkat menyatakan bahwa, sampai dengan saat ini belum ada satu daerah pun yang sudah berstatus Smart City. Demikian dikatakan disela acara Jababeka ICT Expo yang dilangsungkan di Hotel Holiday Inn, Jababeka, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (28/9/2016).

“Di Indonesia, belum ada Kota/Kabupaten yang berstatus Smart City,” jelas Suhono.

Suhono mengaku, telah melakukan pengukuran indikator pencapaian Smart City di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Namun kata dia, hasil pengukuran rata-rata masih di bawah 60. Sementara kata dia, agar menjadi kota yang cerdas harus mencapai nilai diatas 80.

Lanjut Suhono, inisiatif PT. Jababeka Infrastruktur dengan menjadikan kawasan industri dan hunian sebagai kawasan smart city adalah gagasan yang sangat bagus sehingga kata dia, apabila nantinya berhasil diterapkan akan menjadi rujukan bagi kawasan kawasan industri lainnya mengikuti langkah PT. Jababeka Infrastruktur. Ia mengakui, penerapan smart city dalam sebuah kawasan industri dan hunian ada sedikit peberbedaan dengan pemerintahan daerah. Cakupannya untuk Jababeka lebih sedikit karena hanya di kawasan yang dimaksud namun pada intinya untuk mencapai smart city indikatornya sama.

“Indikator yang harus dipenuhi dalam smart city seperti infrastruktur, kesiapan orangnya, regulasi dan teknologi dan lain sebagainya. Selain itu, pengeloaan sampah, energi, air dan tidak ada banjir, dan tidak ada pengangguran serta di Kawasan Jababeka sudah tidak terdapat kemacetan,” bebernya.

Sebagai Kota Mandiri, dalam perkembangannya Kota Jababeka berupaya selalu mengikuti perkembangan teknologi khususnya dunia industri. Hal ini dapat dilihat dari bentuk aktualisasi teknologi informasi dan komunikasi yang telah disediakan dengan berbasis fiber optic dan surveilence system yang telah dimiliki oleh PT. Jababeka Infrastruktur guna mendukung kenyamanan dan keamanan oleh masyarakat yang tinggal di Kawasan Industri Jababeka.

Guna mengetahui update teknologi dan informasi yang sedang berkembang saat ini, PT. Jababeka Infrastruktur menyelenggarakan seminar sekaligus melakukan sosialisasi dengan mengusung tema Digital Innovation, Smarter Solution for Smart City Development in Jababeka. Lebih dari 200 CEO Tenant Jababeka, Akademisi, dan Instansi Pemerintah serta masyarakat umum hadir dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, Hyanto Wihadhi, Direktur PT Jababeka Tbk mengatakan, PT. Jababeka Infrastruktur adalah pelopor pengembang kawasan industri terpadu di Cikarang yang mengembangkan kota industri ramah lingkungan dan terlengkap di Indonesia sehingga penerapan konsep smart city di kawasan Jababeka harus dilakukan guna mendukung program pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten Bekasi.

“Konsep smart city untuk sebuah kawasan industri dan hunian yang diterapkan PT. Jababeka Infrastruktur, bisa dikatakan yang pertama dibandingkan kawasan kawasan industri lainnya di luar dari pemerintah daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Hyanto Wihadi menjelaskan, luas Kota Jababeka 5600 hektar yang dihuni oleh lebih dari 1650 perusahaan multinasional dari 30 negara dengan jumlah pekerja lebih dari 700.000 orang serta 4.300 tenaga kerja asing, yang dilengkapi dengan pusat pendidikan seperti President University, 1500 hektar tempat hunian, komersial, golf, medical city, botanical garden, dan fasilitas pendukung lainnya. Jababeka memiliki visi untuk membangun 100 kota mandiri baru di setiap provinsi di Indonesia.

“Jababeka ICT Expo sendiri diadakan untuk mematangkan konsep Smart City di Indonesia. Kami berharap para pemangku kepentingan atau stakeholder akan berkolaborasi bersama untuk mewujudkan Jababeka Smart City setelah acara ini. Rencananya acara Jababeka ICT Expo akan dimasukkan dalam agenda tahunan Jababeka Group,” tutup Hyanto Wihadhi. (Ek)

Sumber
berarti yang selama ini digadang gadang smartass city dong?
Cuma Jakarta cikal bakalnya..
jababeka mau jadi smart city? emang bisa?
isinya kan buruh nasbung

emoticon-Ngakak
Smart city hanya untuk smart citizen


belum ada city di indo yg dihuni mayoritas smart citizen



itu sudah
ayat masih jd komoditas politik ya susah punya 100% sistem smartcity.
kesiapan orangnya regulasi dan tidak ada banjir emoticon-Wakaka
mau direlokasi belum siap emoticon-Wkwkwk
indon? smart? HA HA HA

*shampoo mode on
parameter smart city selain seluruh tempat strategis tercover CCTV sama kepasang internet diseluruh tempat terbuka itu apa sih
Indikator buat mengukur agar suatu kota bisa disebut Smart City apaan?
Kritis and Smart, makan pakek tangan kanan emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By zeng.wei.jian
Indikator buat mengukur agar suatu kota bisa disebut Smart City apaan?



makanya baca isi trit.. sudah ada disitu emoticon-Cape d...
jadilah smart buyer di indon brayy emoticon-Ultah emoticon-Traveller
adanya My ass city.....

emoticon-Big Grin
makanya dibikin dong.
Ngimpi, 10 tahun lg jg blm pasti kesampean emoticon-Ngakak
Kebanyakan cuman bikin aplikasi android udah ngaku smartcity..
Padahal layanan publik masih berantakan..
jakarta
dngan pemimpinnya sekrang juga belum emoticon-Bingung (S)
baca beritanya, malah cendung promosi isinya emoticon-Big Grin
at least you tried..
Bersama-sama kita dukung ya gan.. semoga aja deh lekas terlaksanaemoticon-Toast