alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ece659c1d770c95e8b456c/apa-itu-transaksi-gesek-tunai
Breaking News! 
Apa Itu Transaksi Gesek Tunai ?
Apa Itu Transaksi Gesek Tunai ?
Sejauh yang saya tahu, sebagian besar dari kita memiliki kartu kredit dan bahkan banyak yang memiliki kartu kredit lebih dari satu keping. Kartu kredit kini memang telah menjadi bagian dari kehidupan kita sebagai seorang individu. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memiliki kartu kredit, diantaranya belanja di supermarket dengan harga diskon, pembayaran transaksi online, pembayaran transaksi belanja di luar negeri, gratis tiket penerbangan dengan tujuan tertentu, dan lain sebagainya. Selain itu kartu kredit juga dimanfaatkan sebagai dana cadangan darurat yang dapat digunakan atau diambil sewaktu-waktu. Ada dua cara untuk dapat memanfaatkan dana di kartu apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, yang pertama dengan mengambil uang atau dana atau saldo yang ada di kartu kredit melalui penarikan tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM), dan yang kedua melalui penarikan di merchant atau yang dikenal istilah transaksi gesek tunai.

Jadi apakah transaksi gesek tunai itu ? Gesek tunai atau gestun merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan oleh para pemegang kartu kredit untuk dapat memperoleh dana tunai dari sisa saldo atau limit kartu kredit yang dimilikinya tanpa terkena batasan jumlah tarik tunai yang biasanya ada atau dialami ketika melakukan tarik tunai melalui mesin ATM. Gesek tunai juga memiliki keuntungan lain selain tanpa batas penarikan yaitu bunga atau biaya penarikan yang lebih rendah dibandingkan apabila melakukan penarikan melalui mesin ATM.

Ketika seorang pemegang kartu kredit melakukan transaksi gesek tunai, dia hanya perlu mendatangi suatu toko atau merchant yang memang melayani transaksi tersebut. Pada lokasi gesek tunai yang didatanginya, biasanya setiap pemegang kartu akan diminta kartu identitas khususnya ketika dia pertama melakukan gesek tunai di lokasi tersebut. Setelah itu pihak merchant akan mencocokkan identitas yang terdapat kartu identitas yang diberikan dengan identitas yang terdapat pada kartu kredit. Apabila cocok, maka merchant akan menggesek kartu sesuai dengan nominal yang disebutkan atau diinginkan oleh pemegang kartu kredit. Tidak lupa pula setiap merchant juga akan menginfokan terlebih dahulu besar charge (biaya) yang akan dikenakan, dimana umumnya besaran biaya antara 2,5 - 3 persen. Biaya tersebut lebih murah atau lebih rendah dibandingkan biaya jika melakukan penarikan dana tunai kartu kredit melalui ATM yang sebesar 3,95 persen.

Jadi apabila ada salah satu dari kita membutuhkan dana tunai dalam jumlah tertentu secara mendadak dan mendesak, maka tidak ada salahnya memanfaatkan transaksi gesek tunai untuk memperoleh dana tunai secara cepat dari sisa limit kartu kredit yang dimilikinya. Sekian dan semoga bermanfaat.