alexa-tracking

Pengerjaan Terowongan MRT Capai 65 Persen

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ece2c91cbfaaeb498b456f/pengerjaan-terowongan-mrt-capai-65-persen
Pengerjaan Terowongan MRT Capai 65 Persen
Quote:Pengerjaan Terowongan MRT Capai 65 Persen

Pembangunan konstruksi dan pengeboran jalur bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) dari area transisi Bundaran Senayan menuju Bundaran HI telah mencapai 65 persen. Pembebasan lahan pun terus dikebut.

"Dari sekitar enam kilometer underground yang kita bangun, kini sudah mencapai sekitar lima kilometer pengeboran baik dari arah selatan ke utara atau sebaliknya. Itu sekitar 65 persenan, diluar panjang stasiun" ujar Muhammad Nasyir, Direktur Operasional PT MRT Jakarta, Kamis (29/9).

Perlu diketahui, mesin bor pertama (Antareja) mulai beroperasi sejak bulan September 2015, sedangkan mesin bor kedua (Antareja II) telah dioperasikan sejak bulan November 2015.

Bor Antareja telah melakukan pekerjaan pembuatan terowongan sekitar dua kilometer, sedangkan untuk Bor Antareja II telah melakukan pekerjaan pembuatan terowongan sepanjang 1,8 kilometer. Saat ini mesin bor pertama (Antareja) dan kedua (Antareja II) tengah melakukan pengeboran dari Stasiun Istora menuju Stasiun Bendungan Hilir.

Dua mesin bor bawah tanah lainnya, bernama Mustikabumi I dan Mustikabumi II. Untuk Mustikabumi I telah dioperasikan mulai dari titik Bundaran HI sejak Februari 2016.

Sedangkan untuk Mustikabumi II, telah mulai beroperasi dari lokasi yang sama sejak April 2016. Bor Mustikabumi I telah melakukan pekerjaan pembuatan terowongan sepanjang 717 meter, sedangkan untuk Bor Mustikabumi II telah melakukan pekerjaan pembuatan terowongan sepanjang 685,5 meter.

Kedua mesin bor ini bergerak melakukan penggalian membuat terowongan jalur bawah tanah MRT menuju arah Selatan hingga menembus Stasiun Dukuh Atas dan akan dilanjutkan hingga berakhir di Stasiun Setiabudi.


Sementara itu terkait kendala pembebasan tanah di Jalan Fatmawati dan Haji Nawi, Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi berharap akhir tahun pemilik lahan mau menjual ke Pemprov DKI demi kepentingan nasional.

"Kita sudah tawarkan harga diatas NJOP, target kita akhir tahun harus sudah deal sehingga target pengoperasian kereta bawah tanah awal 2019 dapat terlaksana," ungkapnya.

Ia juga menyakini, jika semua transportasi massal di Ibukota sudah berjalan, maka kemacetan bisa berkurang. "Kalau MRT jalan, Transjakarta bertambah, dan sistem ERP juga jalan, saya yakin 60 persen kemacetan di Jakarta dapat teratasi," tandasnya.

Sumber


Semoga cepat selesai

__________________________________________________________________________________________

Terkendala Pembebasan Lahan, Target Proyek MRT Diprediksi Meleset
Quote:
Pengerjaan Terowongan MRT Capai 65 Persen
JAKARTA - Proyek pembangunan Angkutan Cepat Terpadu Jakarta atau Mass Rapid Transit (MRT) yang ditargetkan rampung sebelum tahun 2018 diprediksi meleset lantaran terkendala pembebasan lahan masih banyak yang belum selesai.

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi membenarkan hingga saat ini masih banyak lahan warga yang masih belum selesai sehingga menghambat pembangunan MRT. Ia menargetkan di tahun ini pembebasan lahan dapat diselesaikan.

"Pembesan lahan masih ada yang belum, ada yang harganya belum cocok seperti di Fatmawati, Haji Nawi. Itu nanti yang akan ada stasiun-stasiun umum," ungkap Tri saat mengecek MRT di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Tri mengimbau masyarakat DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan untuk tidak mempersulit pemerintah dalam pembebasan lahan agar MRT dapat diselesai sesuai dengan target.

"Saya harap masyarakat betul-betul memahami bahwa ini nasional bukan kepentingan kelompok orang, saya harap di tahun ini selesai semua (pembebasan lahan) supaya MRT di tahun 2018 bisa beroperasi," pungkasnya.
Sumber
Spoiler for MRT:
Quote:Original Posted By killergodnana


Semoga cepat selesai


cepet banget gan emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By plesir


cepet banget gan emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Cepet darimana ,ini proyek tertunda puluhan tahun emoticon-Ngacir Tubrukan
Quote:Original Posted By killergodnana


Cepet darimana ,ini proyek tertunda puluhan tahun emoticon-Ngacir Tubrukan


ente pasti nasbung ya emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
Quote:Original Posted By plesir


ente pasti nasbung ya emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)


Dan proyek ini masih terhambat dengan pembebasan lahan
Quote:Original Posted By killergodnana


Dan proyek ini masih terhambat dengan pembebasan lahan


emoticon-Matabelo emoticon-Mewek
yang penting cepet kelar biar bisa mecah macet + nambah produktivitas

yang nyinyir dilarang naik emoticon-Mad
namanya proses pasti ad aj halanganya.

nasbung sih maunya jangan cepet2 beres biar jadi alesan kerjaan ahok ga beres.
Quote:Original Posted By plesir


emoticon-Matabelo emoticon-Mewek


Yang menghambat warganya sendiri kok emoticon-Ngacir
cepat selesai cepat rasain nantiemoticon-Traveller
cendol dari gw emoticon-Toast
terhambatnya karena pembebasan lahan
klasik emoticon-Kaskus Radio
Thanks jokowi ahok

emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By mengaku_tobat
yang penting cepet kelar biar bisa mecah macet + nambah produktivitas

yang nyinyir dilarang naik emoticon-Mad


Bah dulu juga bilang Busway ngurangi macet nyatanya bikin tambah macet.... di mana mana juga klo punya duit enakan naik mobil pribadi pakai supir...
mumpung ada proyek, harga tanah di naik kan berlipat2....
typikal masyarakat kita... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By mengaku_tobat
yang penting cepet kelar biar bisa mecah macet + nambah produktivitas

yang nyinyir dilarang naik emoticon-Mad



nasbung dilarang naek...emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By mengaku_tobat
yang penting cepet kelar biar bisa mecah macet + nambah produktivitas

yang nyinyir dilarang naik emoticon-Mad


Semoga aja bisa saling terintergasi antar transportasi umum nantinya

Quote:Original Posted By miyukihaga
namanya proses pasti ad aj halanganya.

nasbung sih maunya jangan cepet2 beres biar jadi alesan kerjaan ahok ga beres.


Padahal bangun transportasi umum apa lagi di jakarta yang udah sangat padat ga bisa dengan sehari semalam aja emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By silentgoess
cepat selesai cepat rasain nantiemoticon-Traveller
cendol dari gw emoticon-Toast


Cek kulkas gan

Quote:Original Posted By dhie008
terhambatnya karena pembebasan lahan
klasik emoticon-Kaskus Radio


Yah begitulah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By oyi.jess
mumpung ada proyek, harga tanah di naik kan berlipat2....
typikal masyarakat kita... emoticon-Big Grin



Kan sampe ada jadi haternya ahok

Quote:Original Posted By hydrocodone
Bah dulu juga bilang Busway ngurangi macet nyatanya bikin tambah macet.... di mana mana juga klo punya duit enakan naik mobil pribadi pakai supir...


ya emang ngurangin kan, udah berapa juta orang yang dianter pulang pergi pake transjakarta

kalo mau jakarta bebas macet secara cepet ya harus pake kebijakan ekstrim juga, naikin itu pajak mobil + motor jadi 3-5x lipat

jadi yang mau beli mobil/motor bakalan mikir 1000x

gituh emoticon-Traveller
Terima kasih kepada seluruh jajaran pasukan nasi bungkus.
Wowo, pig, ucil, uci, uno, paet, matdani, ramli, rijal, lung, dan seluruh pengikutnya.

Tanpa kalian, rakyat tidak pernah tahu apa yang kami kerjakan. Kalian lah yang terus menyuarakan kegagalan, kebodohan, ketololan dan keidiotan kami.
Pakai Perpres, negara perlu tanah untuk proyek masyarakat, konsinyasi ke pengadillan, jangan bertele-tele dah...