alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ecd189d89b09df528b456a/mengenang-dahsyatnya-tragedi-bintaro-kecelakaan-kereta-paling-tragis-di-indonesia
Mengenang Dahsyatnya Tragedi Bintaro, Kecelakaan Kereta Paling Tragis di Indonesia
Bisa dibilang kecelakaan kereta api
dengan kereta api adalah hal yang sangat jarang terjadi. Yang umum sih antara kereta dengan kendaraan lain. Itu pun selalu terjadi di palang pintu kereta. Namun, di Indonesia pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta dengan kereta. Kejadian ini dikenal dengan nama Tragedi Bintaro.

Bisa bayangkan nggak dua kereta
bertabrakan di jalur yang sama? Kurang
lebih seperti inilah kronologi kejadian
ngeri itu. Tapi, namanya juga kereta,
keduanya melaju cepat di jalurnya.
Sehingga tabrakan yang terjadi ketika itu benar-benar fatal. Korbannya sendiri
berjumlah lebih dari seratus orang.
Tragedi Bintaro pun akhirnya dikenal
sebagai kecelakaan kereta paling buruk
dalam sejarah Indonesia. Kejadian ini pun bahkan jadi perbincangan dunia.

Detail kejadiannya sendiri begitu panjang. Intinya, sebelum tragedi ini terjadi ada semacam miskomunikasi antara pihak masinis dan kepala stasiun. Sebenarnya kecelakaan antara kereta dengan nomor KA 225 dan KA 220 itu bisa dicegah. Sayangnya, masinis KA 220 terlanjur tancap gas, padahal pihak stasiun sudah melakukan berbagai upaya agar kereta
tidak berangkat. Sayangnya, upaya ini
gagal dan akhirnya berujung maut.

Kejadian ini tentu nggak hanya bikin rusak berat kedua kereta, tapi juga membuat banyak penumpang kehilangan nyawanya. Dari data yang ada kejadian ini menewaskan sekitar 156 orang serta melukai 300 orang lainnya. Menurut saksi mata, kejadian ini sangat ngeri. TKP-nya sendiri sudah sangat mirip film horor di mana bau anyir darah menyeruak, korban-korban yang terjepit gerbong berteriak-teriak kesakitan, serta jenazah-jenazah dengan tubuh terpisah berserakan di mana-mana. Sungguh mengerikan.

http://m.log.viva.co.id/frame/read/a...Fyby83OTg1OQ==
Satu hal yg pasti, kecelakaan ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan, mohon teman teman kaskuser yg tinggal di bintaro atau yang tau tentang detail lengkap kecelakaan ini, kiranya berbagi ya..
ane udah baca referensi ttg kecelakaan ini, banyak banget, tapi yg menjadi pertanyaan ane, kok masinis tidak sadar akan adanya sinyal yg ada, terus kenapa penumpang banyak yg meninggal, karena kecepatan kereta hanya 60KM/Jam, sementara disamping rel adalah area persawahan, kenapa penumpang tidak ada yg meloncat saja ya? Tolong jelaskan gan, ane sangat penasaran dengan kecelakaan ini
Ga tau bray, pada saat tragedi terjadi.. gua belum dilahirkan ke dunia
Gue kelahiran tahun 2005 bray.. emoticon-Sorry
Ini emang dahsyat bgt gan, ane jg penasaran bgt sm kejadiaannya. Di youtube cm ada filmnya
Jadi inget lagunya Iwan Fals emoticon-Kaskus Banget
saya juga kurang paham Gan, tahu hanya sekilas dari tipi...
bawah ane mungkin tau
Sepi bingittt emoticon-Frown
Terus.. setan-setannya masih pada eksis di sana, nggak? emoticon-Bingung (S)
Masinis ga sadar, soalnya jaman dulu belum ada HP, apalagi whatsapp line bbm dan sejenisnya, sinyal cuma dikasi tau diawal.. yg paling fatal yg ngasi tau ke masinis kalo kereta siap jalan, pas kereta uda jalan tu orang baru tau kalo kereta dilawan arah juga uda jalan...jadi pas mau dikasi tau masinisnya, uda jauh keretanya... Andai jaaman dulu udaa ada HP sejenisnya.


Pada ga loncat, soalnya pada ga sadar...adaa sbnernya bbrp yg loncat, cuma ga banyak...

60km/jam satu kereta...2 kereta saling berlawanan Arah dari kecepetan relatifnya 120km/jam.ngerti ga??? Ditambaah lagi bobot kereta yg bikin Momentum nya jadi besar baanget...
yah kirain ente mau ngejelasin bre. malah nanya balik -_-
malah ane perna baca ada satu petugas yg disalahkan atas tragedi itu. skrg dah tua, gak dapet pesangon apa2.
bre? jaman dulu kayaknya gak speaker pengumuman deh. kalopun masinis menyarankan loncat, yg ada panik. rel penuh batu kerikil. 60km/jam nya kereta kenceng juga bre
CMIIW.. ane blm lahir bre. ane kaum 90an
masih jaman analog pas ntu ya bre, ane masih ingusan ndak tau apa2 bre pas kejadian
sorry gak bs bantu, emoticon-Hammer2 ane tinggal di jawa tengah brayyyy
60 km/jam
hanya...
satu kereta speed segitu kenceng laah di tambah kereta satunya
saat tabrakan bisa di atas 100 kpj
kereta berlawanan arah...
tanya guru fisika buat gambarannya

klo untuk loncat
yang di dalem gerbong gimana loncatnya dan juga di gerbong khan ga tau apa yg ada di hadapan masinis
tau2 udah nabrak

klo katanya-katanya
emang mis komunikasi antara masinis dan petugas stasiun
yang harusnya stop malah d suruh jalan
dan juga jaman segitu khan alat komunikasi masih minim jadi cuma andalkan sinyal az dan penanda lain
Quote:Original Posted By kocrottt
Masinis ga sadar, soalnya jaman dulu belum ada HP, apalagi whatsapp line bbm dan sejenisnya, sinyal cuma dikasi tau diawal.. yg paling fatal yg ngasi tau ke masinis kalo kereta siap jalan, pas kereta uda jalan tu orang baru tau kalo kereta dilawan arah juga uda jalan...jadi pas mau dikasi tau masinisnya, uda jauh keretanya... Andai jaaman dulu udaa ada HP sejenisnya.


Pada ga loncat, soalnya pada ga sadar...adaa sbnernya bbrp yg loncat, cuma ga banyak...

60km/jam satu kereta...2 kereta saling berlawanan Arah dari kecepetan relatifnya 120km/jam.ngerti ga??? Ditambaah lagi bobot kereta yg bikin Momentum nya jadi besar baanget...


setuju gan gan, 60km/jam +60km/jam, jadi total 120km/jam
ane bukan orang sana bree emoticon-Matabelo sama ane juga penasaran
Satu lagi catatan sejarah...
Air mata...air mata

emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio:
ane masih sd gan waktu itu

belum ngerti emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By ataprumah
Bisa dibilang kecelakaan kereta api
dengan kereta api adalah hal yang sangat jarang terjadi. Yang umum sih antara kereta dengan kendaraan lain. Itu pun selalu terjadi di palang pintu kereta. Namun, di Indonesia pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta dengan kereta. Kejadian ini dikenal dengan nama Tragedi Bintaro.

Bisa bayangkan nggak dua kereta
bertabrakan di jalur yang sama? Kurang
lebih seperti inilah kronologi kejadian
ngeri itu. Tapi, namanya juga kereta,
keduanya melaju cepat di jalurnya.
Sehingga tabrakan yang terjadi ketika itu benar-benar fatal. Korbannya sendiri
berjumlah lebih dari seratus orang.
Tragedi Bintaro pun akhirnya dikenal
sebagai kecelakaan kereta paling buruk
dalam sejarah Indonesia. Kejadian ini pun bahkan jadi perbincangan dunia.

Detail kejadiannya sendiri begitu panjang. Intinya, sebelum tragedi ini terjadi ada semacam miskomunikasi antara pihak masinis dan kepala stasiun. Sebenarnya kecelakaan antara kereta dengan nomor KA 225 dan KA 220 itu bisa dicegah. Sayangnya, masinis KA 220 terlanjur tancap gas, padahal pihak stasiun sudah melakukan berbagai upaya agar kereta
tidak berangkat. Sayangnya, upaya ini
gagal dan akhirnya berujung maut.

Kejadian ini tentu nggak hanya bikin rusak berat kedua kereta, tapi juga membuat banyak penumpang kehilangan nyawanya. Dari data yang ada kejadian ini menewaskan sekitar 156 orang serta melukai 300 orang lainnya. Menurut saksi mata, kejadian ini sangat ngeri. TKP-nya sendiri sudah sangat mirip film horor di mana bau anyir darah menyeruak, korban-korban yang terjepit gerbong berteriak-teriak kesakitan, serta jenazah-jenazah dengan tubuh terpisah berserakan di mana-mana. Sungguh mengerikan.

http://m.log.viva.co.id/frame/read/a...Fyby83OTg1OQ==
Satu hal yg pasti, kecelakaan ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan, mohon teman teman kaskuser yg tinggal di bintaro atau yang tau tentang detail lengkap kecelakaan ini, kiranya berbagi ya..
ane udah baca referensi ttg kecelakaan ini, banyak banget, tapi yg menjadi pertanyaan ane, kok masinis tidak sadar akan adanya sinyal yg ada, terus kenapa penumpang banyak yg meninggal, karena kecepatan kereta hanya 60KM/Jam, sementara disamping rel adalah area persawahan, kenapa penumpang tidak ada yg meloncat saja ya? Tolong jelaskan gan, ane sangat penasaran dengan kecelakaan ini


turut berduka cita gan emoticon-norose
emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose emoticon-norose
jaman ane masih blom bisa ngaceng, cuma inget heboh bener sampe ada yang cerita orang jalan ga ada kepalanya.