alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57eca1d2d675d4ca048b456a/leadership-in-organizations-there-is-a-difference-between-leaders-and-managers
Peringatan! 
“Leadership in Organizations, There is a Difference between Leaders and Managers”
Heeemmmm.....setelah jarang buka kaskus, ijinkan saya seorang newbie ini coret - coret di #160


Tulisan ini merupakan ringkasan sekaligus kritisi terhadap buku karya David I Bertocci, berjudul “Leadership in Organizations, There is a Difference between Leaders and Managers”, yang diterbitkan pada tahun 2009, khususnya pada Bab 12 tentang “Kepemimpinan dan Perubahan”, yang merupakan bab dari Bagian 3 tentang “Leadership : Power, Conflict, dan Perubahan”.


Dari sekian banyak tantangan yang dihadapi oleh para pemimpin dan manajer, mengelola perubahan adalah salah satu yang paling sulit. Salah satu alasan kepemimpinan menjadi begitu penting dalam beberapa tahun terakhir adalah bahwa dunia bisnis telah semakin penuh persaingan, dan perubahan dalam desain organisasi, struktur organisasi, maupun kepemimpinan sangat diperlukan untuk bertahan hidup dalam lingkungan baru. Perusahaan-perusahaan harus diorganisasi kembali untuk menghilangkan kegiatan-kegiatan operasi yang tidak diperlukan dan tidak diinginkan serta menyerap perusahaan-perusahaan kecil melalui merger dan akuisisi, menuju perubahan dalam organisasi. Di saat perubahan organisasi dilaksanakan, ketegangan yang dihasilkan oleh hubungan baru tidak terelakkan. Jadi, sebelum kita bisa menilai bagaimana perubahan dalam organisasi dapat dilakukan, kita harus terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut: Apa faktor yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi? Apa saja jenis-jenis perubahan dalam suatu organisasi? Apa strategi yang dipakai untuk mengelola perubahan dalam suatu organisasi? Bagaimana pemimpin dan manajer berbeda dalam menangani perubahan?

Perbedaan antara manajer dan pemimpin dalam menghadapi dan mengatasi perubahan. Manajer melihat perubahan dalam organisasi dengan cara yang berbeda dari pemimpin, dan bab ini membahas beberapa perbedaan tersebut. Ada banyak sekali buku bagus tentang perubahan organisasi yang berisikan teori dasar dan prinsip-prinsip yang mendasari perubahan, namun itu bukanlah inti utama dalam bab ini untuk ‘menciptakan’ perpustakaan data atau untuk menyajikan tutorial tentang perubahan dalam organisasi. Bagaimanapun, untuk mendiskusikan perbedaan antara manajer dan pemimpin dalam mengelola perubahan dalam organisasi, beberapa informasi dasar diperlukan untuk menciptakan fondasi dalam membandingkan perbedaan antara pemimpin dan manajer dalam cara mereka menangani perubahan dan dalam cara mereka membuat tingkat permainan dalam pengetahuan dasar berdasarkan perubahan dalam organisasi untuk siswa dalam studi mereka tentang kepemimpinan dan bagaimana pemimpin dan manajer bereaksi terhadap perubahan dalam organisasi.

Richard Daff dalam bukunya berjudul “Management” (1988) berpendapat bahwa kepemimpinan dapat mendorong serta mendukung kreativitas untuk membantu pengikut dan organisasi agar lebih menerima serta siap berubah.

Selanjutnya hasil penelitian dari Charles H Bishop Jr yang tertuang dalam bukunya berjudul “Making Change Happen one person at a time : assessing change within your organization” (New York, 2001) menyatakan bahwa pimpinan pada tingkat puncak memfasilitasi kemampuan untuk perubahan dalam tingkatan mendukung serta mengembangkan kemampuan untuk perubahan. Hasil penelitian tersebut menyiratkan bahwa senakin kuat kepemimpinan seseorang dalam melakukan tindakan untuk perubahan organisasi maka akan semakin tinggi tingkat tercapainya perubahan organisasi. Sebaliknya, semakin lemah kepemimpinan seseorang dalam mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk melakukan perubahan, maka semakin rendah pula tingkat tercapainya perubahan.

  1. Pemimpin harus memiliki kredibilitas dan reputasi yang hebat, agar ia mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada setiap orang. Pemimpin harus memotivasi dan menginspirasi setiap orang dalam setiap detik kehidupan mereka, untuk bersemangat dan bangkit bersama dengan perubahan baru.
  2. Pemimpin harus membuat setiap orang menyadari bahwa perubahan itu penting, untuk mengubah hal-hal yang tertinggal zaman dengan hal-hal baru yang sesuai peradaban.
  3. Pemimpin harus memiliki keterampilan untuk dapat mengenali perubahan-perubahan penting, serta mampu mengambil tempat di dalam hati setiap orang, agar semua orang dalam organisasi bisa saling menyatu dan saling berempati, untuk membawa perubahan itu ke arah yang lebih memberi manfaat positif buat organisasi dan buat setiap manusianya.
  4. Pemimpin harus bisa membangkitkan semangat dan gairah perubahan dari setiap orang di dalam organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lebih cepat, serta berjuang keras dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil perubahan yang lebih baik dari rencana yang ada.
  5. Pemimpin harus menyadarkan setiap orang, agar selalu menggunakan cara-cara profesionalisme dalam merespon setiap perubahan.
  6. Untuk itu, pemimpin harus duduk bersama dengan semua kekuatan sumber daya manusianya, untuk berbicara tentang perubahan-perubahan itu dengan cara-cara penuh inspirasi dan profesional.
  7. Pemimpin harus bisa menggambarkan perubahan itu secara nyata di pikiran setiap orang, dan memberikan cermin perubahan untuk dapat dilihat setiap orang tentang wujud asli dari perubahan tersebut.
  8. Pemimpin harus mengajak dan menggandeng setiap hati dan setiap pikiran, untuk berpikir dan bertindak dalam semangat meningkatkan semua potensi organisasi, agar mampu menangani semua potensi hebat secara lebih baik, dengan cara mengubah hal-hal yang menghambat gerak sukses organisasi.
  9. Pemimpin harus cerdas membimbing setiap orang untuk berhenti berwacana secara berkepanjangan, dan mengajak setiap orang untuk melakukan tindakan-tindakan yang membantu organisasi. Tindakan yang terfokus pada upaya meningkatkan kinerja, dalam kemampuan manajemen menghadapi perubahan yang tak pasti.
  10. Pemimpin yang solid dan kuat pasti mampu menjadi bintang yang hebat, dalam setiap gerak dan langkah ke perubahan yang lebih baik. Jadilah sang pemimpin pembawa perubahan, yang membahagiakan hati setiap orang dalam dekapan rasa damai dan rasa nyaman.

Organisasi sebagai suatu sistem terbuka berada dalam sebuah lingkungan. Perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan organisasi memerlukan perhatian dari pemimpin karena bisa memberikan dampak yang besar bagi perkembangan organisasi. Kegiatan organisasi akan merubah lingkungan, dan juga sebaliknya, lingkungan akan mendorong perubahan pada organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap lingkungan tempat mereka dan organisasi mereka berkiprah.

Mengingat begitu pentingnya perubahan dalam lingkungan yang bergerak cepat, sudah saatnya organisasi tidak menunda perubahan, karena penundaan berarti akan menghadapkan organisasi pada proses kemunduran.










..........................................................tulisan ini muncul atas sikap dan pertanyaan di GC Kaskus Regional Solo terkait kondisi akhir² ini






Salam,
emoticon-Paw Icesusujahe












Bagi yang ingin menambahkan, saran, kritik, atau usulan extrem untuk locked #160 monggo emoticon-thumbsup:



“Leadership in Organizations, There is a Difference between Leaders and Managers”
Bengsin larang emoticon-army:












jilakkk....ternyata okeh emot anyar tho emoticon-Ngakak


emoticon-Wow emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Sundul emoticon-Sundul Up emoticon-#MAR16ERAK emoticon-Motret
golek panggon moco sik
emoticon-coffee
akhire posting meneh nganggo id iki...
joosss mbah...
Panjang ya mbah emoticon-Ngacir
moco karo mbrebes...
Monggo yang kemarin menanyakan LPJ dan sudah diberikan tenggat waktu untuk saling tanya jawab emoticon-shakehand



I have a pen...
wow banget sesepuh gawe trit
sorak sorak bergembira pokoke emoticon-I Love Indonesia




emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK
lungguhan sek
tumben sing pertamax kok bocahe dewe kabeh..dudu kaskuser pesenan dari "sebelah" emoticon-cystg
Quote:Original Posted By flew_meneer
sorak sorak bergembira pokoke emoticon-I Love Indonesia




emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK


mocoku mau malah martabak... emoticon-Ngakak
wah kudu maem sik kih...
Quote:Original Posted By gin_dust


mocoku mau malah martabak... emoticon-Ngakak
wah kudu maem sik kih...


emoticon-Toast
Quote:Original Posted By gin_dust
Quote:Original Posted By flew_meneer
sorak sorak bergembira pokoke emoticon-I Love Indonesia




emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK emoticon-#MAR16ERAK


mocoku mau malah martabak... emoticon-Ngakak
wah kudu maem sik kih...



Maem dulu to nti mati lho emoticon-Malu
nais inpoh gan emoticon-nyantai
Quote:Original Posted By joannepetrucci



Maem dulu to nti mati lho emoticon-Malu


kamu kok gitu sih sekarang ma aku...
Halllooooo.. ayooo kita kumpuul² offline lagi ajaah..
Udah lama ngga punya kawos kaskus baruu..!!

emoticon-Angkat Beer
aku yo kangen jane emoticon-Request