alexa-tracking

8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi Atau Cafe

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec9482d89b09fe6f8b4567/8-tips-memulai-usaha-warung-kopi-atau-cafe
Thumbs up 
8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi Atau Cafe
8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi Atau Cafe

Usaha atau bisnis kopi akan selalu diminati banyak konsumen karena konsumen tidak ingin susah payah membuatnya, kita tinggal pesan saja kita sudah bisa cepat menikmatinya. Nah, maka dari itu disini kami akan share bagaimana caranya meraih kesuksesan dalam berbisnis warung kopi Dan bagaimana cara memulainya?

Berikut 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi

  1. Modal Awal Usaha
Mau buka bisnis apapun, hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal awalnya. Modal awal usaha bisa dari modal Anda sendiri (tabungan, simpanan), mencari rekanan yang bisa diajak kerjasama, bisa juga meminjam di koperasi (kalau disarankan sebaiknya menghindari meminjam di bank konvensional, karena resikonya sangat besar kalau Anda belum bisa mengaturnya dengan sangat baik), atau agar lebih aman bisa meminjam di bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

  1. Menentukan Lokasi Usaha
Nah lokasi usaha ini sangat penting karena menentukan pangsa pasar. Pilih lokasi harus memperhitungkan modal yang Anda keluarkan, jangan sampai modal Anda habis cuma untuk membeli atau menyewa tempat usaha. Pilihlah lokasi yang strategis seperti kawasan perkantoran, sekolah, kampus, pasar atau mall, perumahan, atau tempat wisata.

  1. Sediakan Menu Andalan
Anda pasti sudah sering melihat waktu mampir ke suatu kafe atau restoran, pasti sebagian besar dari mereka punya menu andalannya masing-masing, terus Anda tertarik untuk memesannya karena selalu bikin penasaran. Nah sama, sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Lalu, pilih dan buatlah menu yang belum banyak dijual disana untuk mengurangi tingkat persaingan. Anda bisa membuat produk andalan Anda sendiri. Tapi ingat, pilihlah yang sesuai dengan target pasar/konsumen.

  1. Pilihlah Pasar
Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Meskipun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi kalau tidak sesuai dengan selera konsumen ya pasti bakal menimbulkan kendala bagi usaha Anda. Kalau kita lihat, sebagian besar kafe dan kedai warung kopi pasti konsumennya itu anak-anak muda, jadi Anda bisa membuat konsepnya itu yang sesuai dan cocok untuk kalangan anak muda, tentunya yang kreatif dan inovatif.

  1. Sumber Daya Manusia
Karyawan dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok, ada tukang masak atau barista kalau di warung kopi, pelayan, dan juga kasir. Tapi kalau usaha yang Anda jalankan tergolong kecil, 1 orang saja sudah cukup untuk membantu mempermudah pekerjaan.

  1. Pemasok Alat Dan Bahan Baku
Salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis warung kopi itu adalah ketersediaan alat dan bahan baku. Anda setidaknya harus mempunyai pemasok tetap yang dapat memasok / menyediakan semua bahan baku produksinya setiap hari, karena itu sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi, serta peralatan yang dibutuhkan seperti mesin pembuat kopi.

Maka dari itu, sebelum memulai usaha, Anda harus survey terlebih dahulu dan mencari supplier-supplier bahan baku yang dibutuhkan, Anda bisa mencari informasinya di internet atau bisa tanya keluarga / teman yang mempunyai banyak relasi.

  1. Perizinan Usaha
Untuk kenyamanan usaha, kita perlu mengurus izin usaha di instansi pemerintah atau pihak berwenang setempat. Mengurus izin ini perlu dilakukan untuk menghindari masalah perizinan yang mungkin timbul di kemudian hari. Jangan sampai usaha warung kopi yang Anda jalankan ini bermasalah di kemudian hari untuk perizinan usahanya.

  1. Promosi Tepat Sasaran
Satu hal lagi yang paling penting dalam memulai usaha itu adalah promosi, karena ini yang bikin orang jadi tau akan keberadaan usaha warung kopi yang sedang Anda jalankan.

Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi pilihan utama dalam usaha warung kopi. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan usaha kita ke keluarga, teman, atau relasinya sehingga usaha Anda akan cepat dikenal.

Selain itu, promosi dapat dilakukan melalui media konvesional seperti spanduk, brosur, papan nama, pamflet, atau leaflet, nah kalau mau promosi yang masif dan murah sudah tentu bisa dipromosikan melalui internet, Anda bisa promo lewat sosial media karena hampir semua orang di seluruh dunia sudah saling terkoneksi melalui sosial media.

Anda juga harus tahu bagaimana membuat kopi berkualitas tinggi untuk mendapatkan banyak pelanggan dan kesuksesan sudah didepan mata.

Jadi kesimpulannya, memang saat ini usaha warung kopi itu sedang banyak digemari oleh para usahawan, ada juga yang bermula dari sekedar hobi hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha warung kopi. Di Indonesia sendiri banyak sekali berbagai macam minuman khas, bisa dibilang tiap-tiap daerah punya minuman khasnya masing-masing. Bisnis warung kopi adalah bisnis yang cukup menjanjikan, nah karena itu dengan kita menjadi pengusaha warung kopi kita bisa meraih keuntungan yang sangat banyak.
JAMAN UDAH BEDA, NGANDELIN GAJI AJA GA CUKUP, HARUS PUNYA BISNIS..

Sebuah komunitas KASKUSer indonesia mengajak para calon pengusaha kuliner untuk membangun usaha bersama

komunitas, saling bahu membahu memajukan bisnis, bertukar pikiran, berstrategi hingga berpromosi bersama-

sama dalam sebuah keluarga besar.

Komunitas ini bertujuan untuk mempermudah para calon pengusaha kuliner mendirikan usaha. jika calon

pengusaha kekurangan modal maka bisa menggunakan sistem patungan dengan anggota komunitas untuk

mendirikan usaha (akan dimediasikan). Jika memiliki modal namun terkendala waktu, maka bisa bekerjasama

dengan manajemen komunitas untuk pengelolaan usahanya (untuk Jakarta dan sekitarnya). Jika ingin menambah

menu lain maka dipersilahkan demi memaksimalkan omset usahanya (dengan quality control dari komunitas).

Jika waralaba mempunyai Franchise FEE, maka komunitas kami menawarkan Franchise FREE. Setiap anggota

komunitas dipersilahkan menggunakan konsep Pasta Kangen secara GRATIS. Tapi komunitas tetap memiliki Royalty

FEE 2.5% dari net profit yang wajib dibayar ke Anak Yatim dan Kaum Dhuafa disekitar lokasi pemilik usaha setiap

bulannya.

Hanya dalam 6 bulan, komunitas ini sudah memiliki 47 outlet Pasta Kangen di 22 kota terbesar di Indonesia

dengan jumlah keluarga komunitas sebanyak 788 anggota dan komunitas inipun sudah berbadan hukum sebagai

Perseroan Terbatas.

SEGERALAH MENJADI PENGUSAHA, untuk informasi lebih dan pengiriman Proposal serta Proyeksi Bisnis, silahkan

menghubungi perwakilan manajemen komunitas

https://www.kaskus.co.id/thread/592b...itas-kaskusker