alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec8dfedac13e15258b456c/double-track-geser-tujuh-stasiun
Double Track Geser Tujuh Stasiun
Quote:Double Track Geser Tujuh Stasiun

Rencana pembangunan jalur kereta api (KA) ganda atau double track Madiun-Jombang dipastikan menggeser tujuh stasiun. Bahkan, satu di antaranya bakal hilang dari peta PT KAI Daop VII Madiun. "Itu masuk paket double track. Kami pastikan tidak akan mengganggu pelayanan KA," terang Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Supriyanto kemarin (27/9).

Kebijakan itu sengaja diambil untuk memudahkan perlintasan KA.Alasannya, kondisi stasiun tersebut tidak memungkinkan untuk jalur ganda. Stasiun Wilangan yang selama ini hanya untuk pemberhentian KA ekonomi dan jarang ada penumpang yang naik dari sana bakal hilang. "Otomatis hilang bersamaan dengan pelaksanaan pembangunan proyek double track," katanya.

Bagi masyarakat yang biasa memanfaatkan stasiun ini bisa beralih ke stasiun terdekat, yakni Saradan atau Bagor. Sementara tujuh stasiun yang bergeser masing-masing Babadan, Caruban, Saradan, Bagor, Sukomoro, Baron dan Sembung. Rata-rata stasiun kecil dan sedang. "Untuk yang geser akan dibangun baru," imbuhnya.

Untu efisiensi waktu, pergeseran tidak terlalu jauh dari titik semula. Hanya 100 hingga 200 meter. Itu lantyaran Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur tidak mau ambil risiko pembangunan stasiun menggunakan tanah milik masyarakat umum. "Yang terpenting perlintasan double track terakomodir," ujarnya.

Supriyanto mencontohkan untuk Stasiun Babadan, wesel atau jalur perpindahan kereta harus digeser ke sisi timur selatan. Sebab, sisi utara rel terlalu sempit dan hanya selisih 25 meter dari titik pertama. Sehingga, harus digeser untuk memudahkan calon penumpang mengakses KA. "Selama proses pembangunan, exiting atau perlintasan lama tetap dioperasikan," tuturnya.

Bersama rekanan, PT KAI Daop VII Madiun menyiapkan 114 petugas train watcher (TW) untuk memantau dan mengawasi laju kereta selama pelaksanaan pembangunan proyek. Mereka akan mengawasi 56 perjalanan KA di perlintasan Madiun-Jombang. Diantaranya KA Argowilis, Bima, Bangunkarta, Turangga, Mutiara Selatan, Sritanjung, Logawa dan beberapa kereta lokal seperti Sancaka dan Rapih Doho.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan double track lintas tengah Madiun-Jombang mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek multiyears yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp 590,77 miliar itu melibatkan 20 kontraktor. Dari jumlah itu, 19 di antaranya sudah fix. Sedangkan satu lainnya yang diproyeksikan mengerjakan titik jembatan double track di kawasan Kertosono masih menunggu tender. (rgl/sat)


Radar Madiun / Jawa Pos Group

Seperti yang sudah santer diberitakan, akhirnya ada pergeseran 7 stasiun dan stasiun Wilangan bakal tinggal kenangan


Silakan yang mau lihat peta jalur KA di lokasi tersebut, berkelok-kelok memang

Double Track Geser Tujuh Stasiun
semoga lancar
biar lebih nyaman yang pulang kampung
emoticon-Traveller
jalur yogya -semarang kenapa ga dicoba ama PT KAI yah

potensial itu
Quote:Original Posted By d43t
semoga lancar
biar lebih nyaman yang pulang kampung
emoticon-Traveller


sudah mendesak sekali gan sebenarnya, daerah tersebut tergolong lintas utama di Selatan dengan trafik padat

Quote:Original Posted By sivaruck6
jalur yogya -semarang kenapa ga dicoba ama PT KAI yah

potensial itu


di situ memang potensial gan, tapi jangan lupakan disana ada gerombolan preman dengan nama Paguyuban Panca Tekad yang pingin menguasai tanah bekas jalur Yogya Semarang
Tumben skrng pemerintah jorjoran buat infrastruktur Perkeretaapian emoticon-Bingung apa krn udh males buat jalan baru gara2 padetnya lalu lintas ya??
Quote:Original Posted By physioterapist.
Tumben skrng pemerintah jorjoran buat infrastruktur Perkeretaapian emoticon-Bingung apa krn udh males buat jalan baru gara2 padetnya lalu lintas ya??


ini kan memang realisasi dari RIPNAS tahun 2010, seluruh Jawa harus double track, di pulau-pulau besar harus ada jalur KA nya, bisa dibilang negeri ini telat membangun jalur KA nya
semoga rampung....

mempermudah yang pada Mau mudik emoticon-Smilie