alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec82a6de2cf2fa398b456a/pernah-kepikiran-buat-negara-sendiri-ngga-gan-explained-with-animation
icon-hot-thread
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*


Bisakah kita membuat negara sendiri?



Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Agan pasti sering ngerasa gregetan dengan situasi di negeri tercintah ini. Tiap kali nonton berita di TV, isinya pasti itu-itu saja. Kalau bukan aksi kriminalitas, musibah bencana yang lambat ditangani atau pejabat mata keranjang, pasti lagi-lagi tentang korupsi, korupsi, dan korupsi. emoticon-Cape d... Mungkin saking gemasnya, agan bahkan sampai kepikiran untuk mendirikan negara sendiri. emoticon-I Love Indonesia Negara yang tenteram… damai… dan bebas masalah. Tapi, mungkinkah hal ini bisa agan wujudkan?

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*


Quote:
Cekidot versi animasinya gan ( biar lebih ngerti!):

youtube-thumbnail




Quote:
Sebelumnya, kita musti tau negara itu apa gan!


Menurut para filsuf seperti Plato, Aristoteles, J.J. Rosseau, dan kawan-kawan, negara secara sederhana adalah sebuah organisasi pemerintahan yang memiliki wilayah dan rakyat yang hidup di dalamnya.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Oke, jadi untuk membuat sebuah negara, ada tiga syarat utama yang harus agan penuhi. Syarat-syarat dasar ini disebut Syarat Konstitutif, yaitu: wilayah, penduduk, dan organisasi untuk memerintah.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Wah syaratnya Cuma 3 doang lho gan ternyata! Sungguh sangat gampang buat negara…





Quote:
Jadi gimana yah gan caranya buat negara?


Tapi… kalau memang segampang itu membangun negara, pernah ga agan mendengar nama-nama negara seperti Republik Kobi atau United Sasa? Untuk mewujudkan cita-cita agan membuat negara mungkin agan bisa dengan mudah meminta teman-teman se-geng agan untuk jadi penduduk di negara yang akan agan buat. Tapi, mau di mana negara yang agan mau buat akan berdiri?

Ada dua cara untuk agan membentuk negara, yaitu cara primer dan sekunder. Pertama-tama kita telaah dulu cara yang primer….
dengan cara primer, agan bisa mengklaim suatu wilayah “tak bertuan” untuk dijadikan negara.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Tapi tunggu dulu gan, masalahnya itu sekarang wilayah-wilayah di muka bumi sudah diklaim 193 negara yang terdaftar sebagai anggota PBB, dan masih ditambah lagi negara dan wilayah-wilayah lain yang status kenegaraannya masih digalaukan, yah sebut saja Palestina. Bahkan yah gan, wilayah Antartika yang cuma dihuni anjing laut dan penguin pun ternyata sudah diklaim sebagai bagian dari wilayah negara-negara lain loh gan!

Jadi, yang tersisa mungkin tinggal cara sekunder, yaitu cara untuk membuat negara dari wilayah atau daerah yang sebetulnya sudah masuk klaim wilayah negara yang sudah dulu lebih ada seperti penaklukan yang dilakukan Adolf Hitler di Eropa selama Perang Dunia ke-2, atau menyatakan kemerdekaan seperti yang dilakukan negara kita, Indonesia, tahun 1945 waktu memerdekakan diri menjadi negara berdaulat dari Hindia Belanda.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Masalahnya, lagi-lagi ketemu masalah yah gan emoticon-Cape d... cara ini biasanya harus melibatkan pertempuran dan perjuangan yang panjaaaaaaang sekali. Dan kalau ternyata motif kita untuk membuat negara dilakukan dengan cara-cara yang destruktif dan bertentangan dengan kemanusiaan, bisa-bisa kita justru ditangkap karena dianggap sebagai bagian dari gerakan separatis untuk melakukan pemberontakan pada negara yang sudah berdaulat…

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*




Quote:
Eits….setelah yang ribet-ribet tadi ternyata masih ada lagi gan!



Bahkan setelah semua tetek bengek merepotkan itu, ternyata masih ada satu syarat lagi yang harus agan penuhi untuk mendirikan negara. Syarat ini disebut Syarat Deklaratif yaitu pengakuan kedaulatan oleh negara-negara lain yang juga berdaulat, baik secara de facto maupun de jure.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Hm… makhluk apakah itu? Rupanya, de facto dan de jure adalah istilah Bahasa Latin. De facto artinya pengakuan sesuai kenyataan di lapangan,

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

sementara de jure artinya pengakuan resmi berdasarkan hukum.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Misalnya, saat PBB menaikkan status Palestina sebagai non-member observer state tahun 2012, kedaulatan Palestina sebagai negara diakui secara de facto, tapi belum secara de jure seperti 193 negara lainnya.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*




Quote:
Tapi udah tau ribet ternyata masih ada yang nekat gan!



Bagaimanapun, ada juga entitas-entitas yang nekat mendeklarasikan diri sebagai negara berdaulat, meski tanpa pengakuan secara internasional. Entitas semacam ini dikenal dengan istilah micronation. Beberapa micronation bahkan punya bendera, lagu kebangsaan, dan bahkan paspor sendiri.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Salah satunya adalah Republik Molossia, yang didirikan tahun 1999 di Nevada, Amerika Serikat,dengan total 22 orang penduduk yang juga memegang kewarganegaraan Amerika Serikat. Meski begitu, Republik Molossia punya bendera, lambang negara, bahkan mata uang sendiri, yaitu valora. Demi membangun Republik Molossia, pendiri sekaligus presidennya, Yang Mulia Presiden Kevin Baugh, sampai menghabiskan 10.000 dolar AS. Dengan uang yang sama, agan bisa membeli 13.000 porsi bakso!

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*





Quote:
Jadi udah tau kan gan susahnya nge-buat negara?


Nah, Sekarang kita tahu bahwa membuat sebuah negara ternyata susahnya minta ampun. Padahal sebetulnya ada hal yang jauh lebih susah lagi, yaitu memakmurkan negara yang sudah ada. Itu sebabnya, meski jumlah negara di dunia ada banyak, tidak semua rakyatnya hidup damai dan sejahtera.

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*





Jadi, sebelum membuat negara sendiri, pastikan agan siap bertanggung jawab mensejahterakan rakyat agan nanti. Bila perlu, agan bisa latihan dulu dengan menyejahterakan sesama rakyat di negara agan, Indonesia. Karena kalau sampai sekarang agan masih harus diguyur air supaya bisa bangun pagi, makan masih disuapi, atau mau jajan sedikit-sedikit minta duit orang tua, sebaiknya agan pikir-pikir ulang dulu rencana membangun negara baru!

Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Jangan lupa cendolnya ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Sumber



Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation* youtube.com/c/kokbisa
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation* bit.ly/kokbisa
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation* kokbisachannel
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation* @kokbisachannel
Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation* instagram.com/kokbisa


Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*

Komen Agan-Agan:

nah ini jenis pertanyaan yang ane tunggu-tunggu! pertanyaan cerdas dari agan iceprincess13 !!

Quote:Original Posted By iceprincess13
Kalau beli pulau pribadi lalu dibuat negara sendiri bisa gak gan?
Contoh nih, kek angelina jolie-brad pitt, CR7 kan punya pulau2 pribadi tuh. Mereka udah beli tanahnya, pulau udah atas nama mereka. Jadi bisa ya gan mereka bangun negara disitu?



I have a dream!
Quote:Original Posted By equalist12
Kalo punya duit buat reklamasi pulau di tengah samudera trus mendeklarasikan negara bisa gak?


siapa yang mau jadi manusia bulan dan manusia planet mars?
Quote:Original Posted By masdjaloe
Kalau sudah tidak ada lagi wilayah yang tidak bisa ane klaim, masa ane mau klaim beberapa wilayah bulan atau mars sebagai milik ane emoticon-Leh Uga tapi siapa yang mau jadi warga ane


Anjaaaasss!
Quote:Original Posted By ikan tongkol
Buat negara sendiri sih gak kepikiran gan emoticon-Big Grin

Cuma kepikiran memajukan negara yang ane tinggali sekarang aja gan emoticon-Malu



ada recomended seller buat new arrival negara? atau second handed?
Quote:Original Posted By arriqza
di FJB Kaskus ada yg jual beli negara gak?


pesan dari agan ini: KORUPTOR MAMPUSLAH KAU, koruptornya di suapin pake pasir gan, tambahin semen jadi adonan beton
Quote:Original Posted By edelwise.hening
KEPENGEN JADI KETUA KPK.
trus buat undang-undang memiskinkan si koruptor semiskin miskinya hidup.
jadi itu si Para koruptor ane babat... ane musnahkan sampai ke akar-akarnya... (kaya kalau cabut bayam)
jadi insyaallah negara ane Indonesia ini makmur.
kaga ada lagi yang suap suapan,
kalau ada ane suapin dia pake pasir...

ah ane yakin kalau sebuah negara tampa korupsi itu akan makmur sentosa..... emoticon-Peluk

Koruptor mampuslah kau emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Cool


kirain ane pergi ke barat nyari kitab suci..
Quote:Original Posted By .arthe.
kalo ane, bakalan berlayar mengelilingi samudera hindia dan mencari pulau tak berpenghuni, lalu bikin negara di sana bray emoticon-Traveller


bole.....ntar komoditas ekspornya bata sama cendol yah gan?
Quote:Original Posted By razkyaditya
mending kita buat aja gan .. NEGARA KASKUS .. penduduknya kaskuser emoticon-Big Grin heheheheh .. emoticon-Ngakak (S) canda gan.. canda :v


yang membuat itu sempurna adalah ketidaksempurnaannya....
Quote:Original Posted By yurdanikhan
ane cinta indo vre
kalo pilih buat negara atau memakmurkan indonesia
ya memakmurkan indonesia
emang indo gx sempurna
tapi kesempurnaannya mesti kita perjuangkanemoticon-I Love Indonesia


hiks kata agan ini Indonesia ga bisa jadi negara ideal...
Quote:Original Posted By cloning45
bikin negara baru bisa tuh di indo kasian luar jawa

emang indo inih secara konsep negara menurut aristoteles nga bisa jadi negara yang ideal


agan-agan yang mawas diri
Quote:Original Posted By Avengers
boro2 bangun negara. kadang bangun diri sendiri. ngurus keluarga terutama orang tua dan keluarga sendiri aja masih sulit. apalagi bangun negara. tanggung jawabnya gan. gede kaya apa tuh


Quote:Original Posted By zsyauqi
Ngurus diri sendiri aja kadang gak beraturan gan apalagi ngurus banyak orang emoticon-Malu


pada hakikatnya tidak ada yang abadi ....#permenunganhati
Quote:Original Posted By gebolextreme
seharusnya begitu gan! istilahnya kita buat negara kita sendiri

atau, kita lepas ketergantungan dari negara lain

pada dasaarnya kalo Indonesia gak berubah, ya pasti bakal musnah juga, dimakan sama negara lain yang lebih pintar nguasain sumber daya yang ada di Indonesia


Negeri diatas awan.....sepertinya pernah denger, dimana yah?
Quote:Original Posted By ditawisnu
Pernah kepikiran sih gan bikin negara sendiri gara2 liat kartun doraemon.
Yg negaranya di atas awan itu.
emoticon-Wow emoticon-Wow


YUp! benar gan, dan ada cerita tanah ini di klaim oleh seorang bapak sehingga nantinya anaknya bisa jadi penguasa disana
Quote:Original Posted By tts123
Ada kok gan tanah tak bernegara, bir tawil cntohnya, tanah d antara mesir dan sudan, kedua negara gmw ada yg mengakui, buat aja negara disana.
Ada cara lain lg gan selain yg dsebutin d trit, buat pulau baru di laut internasional, reklamasi aja tu di pasifik atau d mana.bangun dah dstu tempat wisata atau tempat perjudian dan lain", kalo ga ya buat bank khusus para koruptor di tu pulau pasti hidup


bikin anak gampang yah gan? tinggal seduh tunggu 3 menit kah?
Quote:Original Posted By arifmusiker
bikin negara itu susah gan, kalo bikin anak baru gampang 😁😁


bagi Jomblo yang belum merdeka hatinya, segera proklamasikan kemerdekaan hatimu nak!
Quote:Original Posted By okkydookky
Yakin mau bikin negara sendiri mblo? Gausah mikirin negara, hati aja blm merdeka emoticon-Wakaka


nah ini pertanyaan yang mengusik knp org2 yang kaya ini gamau bikin negara? apa karena terlalu ribet?
Quote:Original Posted By Madarasenju
Bill Gates ama orang2 kaya yang lain yang banyak duit bisa bikin negara tuh gan emoticon-Big Grin


Super sekali, dari agan pecinta lingkungan
Quote:Original Posted By harisnanggala
mungkin kalo ane kepikiran buat ngumpulin orang2 yg saling peduli dan saling menjaga keseimbangan alam, memiliki tanggung jawab moral serta memiliki jiwa sosial gotong royong yg tinggi di sebuah pulau yg subur..


tanggapan agan terhadap agan iceprincess13
Quote:Original Posted By sapi_cakep
untuk pertanyaan dari sista iceprincess13
klo menurut ane sih tergantung dari kebijakan negara asli masing2(walopun ujung2 nya pasti ga bisa emoticon-Wakaka )

toh kasusnya juga mirip2 ama yg cara sekunder
klaim secara paksa
tapi klo tanpa pengakuan atau perjanjian waktu jual beli pulau dari si empunya
siap2 diluluh-lantakkan
dan negara itu punya hak untuk membasmi setiap gerakan separatisme


ane negara asap deh gan, kan ada api ada asap
Quote:Original Posted By pomparusak
ane mau bikin negara api aja gan emoticon-Coblos


VIKINGS! nordlander!
Quote:Original Posted By ElectronGun
Kalo lagi kurang bahan pikiran, biasanya ane ngayal punya wilayah negara sendiri tuh, lengkap sama imajinasi benderanya. Tempatnya beda2 tiap waktu, tergantung mood
Seringnya sih otak ane milih daerah rusia utara + norwegia, gatau napa. emoticon-Hammer2


desa ku yang kucinta....
Quote:Original Posted By nifqi
Pernah kepikiran dulu waktu kecil mau bikin negara sendiri. Wilayahnya mencangkup desa ane emoticon-Ngakak


bakso lovers yang peduli inflasi
Quote:Original Posted By Bangkit73
bikin negara sendiri, kursnya jatoh gan beli bakso yg harusnya sepuluh ribu di negara yg baru kita buat harganya bisa miliaran karena impor dulu emoticon-Ngakak


balada si bro
Quote:Original Posted By mr.gxxx
####
Gw :: "bro gw mau buat negara...di mana yah ?"
Temen gw ::*kaget* "serius lu ?nanti gw anter deh"
Jalan lah gw sma temen gw naek motor ..dan sampai lah kita di tempat tujuan yaitu RUMAH SAKIT JIWA

Gw :: *kaget bukan main* "kok lu ngajak gw kesini ?"
Temen gw ::"ini dah tempat yg cocok untuk membuat negara lu sendiri"🐣🐣🐣


makhluk planet namec!
Quote:Original Posted By manutsu
tanah planet namec masih banyak yg kosong.. gw sih mau bikin negara namecnesia,1 planet 1 negara.
emoticon-Ngakak


mengheningkan cipta dimulai....
Quote:Original Posted By eliendea
Ane ngga kepikiran gan, tapi setelah baca thread ente ane mikirin nyawa-nyawa yang hilang karena perang dengan penjajah juga tokoh-tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan.


wah berkah yah! alhamdulilah......
Quote:Original Posted By jhonierever
Sekarang ane makin nambah ilmu. makasih gan udah buat thread sekeren ini.


iya agan....ampun agan....ane jangan diteriakin agan.....
Quote:Original Posted By gateltegal
MAJUIN NEGARA SENDIRI??? MENDINGAN GW MAJUIN DIRI SENDIRI BOSS!!! ORANG SWISS BANTUIN INDONESIA BUAT JEMBATAN AJA MASIH DIPERSULIT BIROKRASI IMPORT BARANGNYA! INDONESIA MASIH RASIS! RAKYATNYA SERAKAH! RAKYATNYA APA2 SALAHIN PEMERINTAH! PADAHAL RAKYAT SENDIRI KALO KERJA MALES! MAUNHA GAJI GEDE! KORUPSI!!




nyimak aah, kayanya keren bikin negara sendiri emoticon-Wow
wah bisa nih ane coba bikin nanti emoticon-Big Grin
mau gimana pun
ane tetep setia sama tanah airemoticon-Cool
"Tuhan menciptakan bangsa
untuk maju melawan kebohongan
elit atas, hanya bangsanya sendiri
yang mampu merubah nasib
negerinya sendiri."
Keren dong bre,kalau bisa buat negara sendiri...
Gk tertarik bikin negara sendiri
ane tertariknya bikin rumah tangga sendiri Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*
ane gak pernah kepikiran gan, soalnya pasti ribet emoticon-No Hope
Ane tetep Cinta Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Bikin negara gak bisa sendiri kali emoticon-Ngacir
Negara kan udah ada banyak, klo gak cocok ya pindah aje cari yg cocok emoticon-Ngakak (S)
pusing gan punya negara sendiri, ngatur daerah aja susah apa lagi negara emoticon-Ngakak
kalo bikin cerita fiksi gw bisa bray

lu jangan mewek depan gw dah

ah elah
ntar deh ane bikin negara boneka
emoticon-Cool
Nyimak Gan emoticon-Traveller
pusing ane mikirnya bree emoticon-Big Grin
hoooh, jadi world govement coy... !??? gue akan ngumpulin kru, trus berlayar ke dunia baru emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By bloody.calliber
Gk tertarik bikin negara sendiri
ane tertariknya bikin rumah tangga sendiri Pernah kepikiran buat negara sendiri ngga gan? *Explained With Animation*


jones detected emoticon-Leh Uga
hampir pernah kepikiran gan
Calon hate neh
oke coy
pejwan gue closed yahhh

negara harusnya ada untuk rakyat, bukan sebaliknya


emoticon-Traveller