alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec80d92e04c8bd308b4568/kalau-tutup-polis-itu-seluruh-buku-polis-harus-dikembalikan
Kalau tutup polis itu seluruh buku polis harus dikembalikan?
Ini ada customer kecewa sekali dengan polis yang dia beli. Dia mau tutup polis. Lalu kata agennya buku polis harus dikembalikan.

Apa itu praktek semua perusahaan asuransi? Untuk apa dikembalikan? Supaya tidak ada bukti kalau customernya mau komplain atau menuntut di pengadilan? Kalau buku polisnya sudah hilang apa polis tidak bisa ditutup? Ini praktek umum?
Kalo saya jadi nasabah, ya saya kembalikan aja polis asli, buat apa disimpan klo emng diminta..tp klo emng ada perlu, sya fotokopi dlu polis nya sbg archive pribadi klo udah baru deh di kasih kan polis asli.. sama sama otentik.
Fotokopi aja kalo emang masih perlu
oh memang begitu ya di semua perusahaan asuransi?

Tapi buat apa? Kan perusahaan juga pasti sudah punya kopinya.

Lha kalau buku polisnya sudah hilang apa jadi tidak bisa tutup polis gitu?

Quote:Original Posted By muridhukum
oh memang begitu ya di semua perusahaan asuransi?


Iya smua gitu, sama hal nya klo mau tutup rekening bank, juga harus menyerahkan buku rekening asli.

Quote:Original Posted By muridhukum

Tapi buat apa? Kan perusahaan juga pasti sudah punya kopinya.


Buat menghindari klaim sepihak dr seseorang. atau oknum yg bisa saja merugikan perusahaan yg suatu saat ngaku" polis masih aktif padahal sudah ditutup dan dicairkan jika saldo ada. Kekuatan hukum polis asli lebih ok drpd kopian.

Quote:Original Posted By muridhukum

Lha kalau buku polisnya sudah hilang apa jadi tidak bisa tutup polis gitu?


Tetap bisa.
pake surat kehilangan dr kepolisian.
buku polis kan isinya hanya 1 kontrak dan semua nasabah yang beli produk yang sama akan punya kopi yang persis sama. apa saya salah lagi tentang apa yang saya maksud buku polis?

maksudnya kontrak. jadi kontrak detail itu mengapa harus dikembalikan? kenapa tidak ditaruh di website saja?
Quote:Original Posted By muridhukum
buku polis kan isinya hanya 1 kontrak dan semua nasabah yang beli produk yang sama akan punya kopi yang persis sama. apa saya salah lagi tentang apa yang saya maksud buku polis?


Buku polis kontrak nya beda" setiap nasabah, kalo klausul nya jelas pasti sama, cm kontrak nya yg beda, kontrak disini berkaitan dg benefit yg didapat, riwayat kesehatan, dll. nasabah 1 dg nasabah lainnya gk sama manfaat nya. Setau saya berkas asli yg di bawa perusahaan hanya spaj dan ilustrasi yg sudah di tanda tangani, trs sama perusahaan dikasih polis asli ke nasabah. Yg namanya asli dimana" cuma satu dan gk ada yg dobel. Bisa saja perusahaan punya polis yg sama, tp hanya kopian atau bisa cm database aja.

Anda terima gk klo sendainya notaries yg bikinkan sertifikat rumah anda juga punya sertifikat yg asli? Anda punya asli, notaries jg punya asli? Ada 2 sertifikat asli.

Quote:Original Posted By muridhukum

maksudnya kontrak. jadi kontrak detail itu mengapa harus dikembalikan? kenapa tidak ditaruh di website saja?


Apakah anda mau klo data pribadi anda dipublikasi kok di taroh internet?
buku polis/kontrak itu hak perusahaan jika nasabah sudah tdk ada kontrak lagi maka perusahaan berhak mengambil,.
di kontrak itu setau saya tidak ada data pribadi sedikitpun. Hanya perjanjian yang mengatur polis. Kesannya perusahaanya tidak mau itu di gunakan sebagai bukti

Bagian yang ada data pribadi malah difotokopi dan diberi ke konsumen.

Oh jadi buku polis itu seperti sertifikat tanah?

Ini yang harus dikembalikan dan tidak dikopi setahu saya hanyalah satu buku tipis sekitar 30 halaman yang setahu saya tidak ada data pribadi sama sekali. Saya sih taunya semua customer yang beli polis yang jelas sama aturannya juga persis sama. Lebih seperti term of service lah. Dan itu kan biasanya available publik. Ini kok malah harus dikembalikan?
Quote:Original Posted By muridhukum
di kontrak itu setau saya tidak ada data pribadi sedikitpun. Hanya perjanjian yang mengatur polis. Kesannya perusahaanya tidak mau itu di gunakan sebagai bukti

Kalo udh di fotokopi, bisa digunakan sbg bukti kok. Tenang aja.
Nah itu udh tau klo polis itu hanya perjanjian yg mengatur polis antara anda dg perusahaan.. klo tdk ada data pribadi coba deh polis nya di foto aja lengkap ya jngn ada yg tdk difoto perhalaman dan lampirkan disini, gmn kesan anda sbg pemilik polis.

Quote:Original Posted By muridhukum
Bagian yang ada data pribadi malah difotokopi dan diberi ke konsumen.


Yg di fotokopi dikasihkan konsumen krn yg asli disimpan perusahaan. Sama halnya polis asli dikasih ke konsumen, perusahaan gk pegang yg asli.

Quote:Original Posted By muridhukum

Oh jadi buku polis itu seperti sertifikat tanah?

Diibaratkan sperti itu, biar yg baca ngerti mksd saya.

Quote:Original Posted By muridhukum

Ini yang harus dikembalikan dan tidak dikopi setahu saya hanyalah satu buku tipis sekitar 30 halaman yang setahu saya tidak ada data pribadi sama sekali. Saya sih taunya semua customer yang beli polis yang jelas sama aturannya juga persis sama. Lebih seperti term of service lah. Dan itu kan biasanya available publik. Ini kok malah harus dikembalikan?


Saya sih tau nya juga semua aturan sama, tp isi perjanjian beda, krn besaran pertanggungan setiap orang tdk sama. Begitu juga dg riwaryat kesehatan nya.

Makanya klo memang mau dijadikan publik difotokopi dulu atau di foto aja jg teerserah, aturan term of service publik menyebutkan bahwa pemegang polis wajib menyerahkan polis asli jika melakukan tutup polis. Itu syarat nya. Sperti hal nya anda anggap smua costumer beli polis smua aturan sama, nah aturan pengembalian polis asli ini juga sama kya anggapan anda. Cm aturan ini yg anggap ya perusahaan.
Kalau tutup polis itu seluruh buku polis harus dikembalikan?
Terima kasih untuk pemberitahuannya abyque dan pendekar cyber. Ini kok tidak diberi tahu waktu beli ya?

kita ada copy kok tapi tidak 100% clear.

Jadi term of service itu tidak ditaruh di publik ya? Kalau tokopedia kan term of service nya publik. Perusahaan asuransi kalau kita mau term of service harus pesan ketemu agen baru bisa dapat? Jadi publik tidak tahu.
×