alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec4153d9d7703c518b4567/begini-strategi-spacex-bawa-manusia-ke-mars-di-tahun-2025
Thumbs up 
Begini Strategi SpaceX Bawa Manusia ke Mars di Tahun 2025
Quote:CEO SpaceX, Elon Musk memiliki satu rencana ambisius: membuat roket terbesar sepanjang sejarah yang dapat membawa manusia ke Mars di tahun 2025.

Musk mengumumkan rencana ini dalam acara yang diadakan di Meksiko, Selasa (27/9/2016). Menggunakan Interplanetary Transport System, Musk ingin dapat membawa 100 penumpang ke Mars dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar 80 hari.
Berlokasi di International Astronautical Congress (IAC) di Guadalajara, Meksiko, Musk mengatakan ITS akan dapat melakukan penerbangan di tahun 2023, meski dia mengakui, rencana itu adalah kemungkinan terbaik yang terjadi.

Dalam video promosi di bawah ini, dijelaskan bahwa inti dari ITS adalah roket pendorong yang dapat digunakan berulang kali. Ia berfungsi untuk meluncurkan modul pesawat luar angkasa pembawa penumpang ke orbit. Roket pendorong ini lalu akan memisahkan diri dari modul dan kembali ke Bumi untuk mengambil tangki bahan bakar.

youtube-thumbnail


Seperti yang dijelaskan oleh Science Alert, roket pendorong lalu akan kembali terbang dengan tangki bahan bakar dan mengisi bahan bakar pesawat. Setelah itu, roket dan tangki akan kembali ke Bumi sementara pesawat yang kini bahan bakarnya telah terisi akan memulai perjalanannya ke Mars. Pesawat luar angkasa juga akan menggunakan panel surya untuk membantunya mencapai Mars.

Tiket untuk penerbangan ini dapat dihargai hingga USD500 ribu atau Rp6,5 miliar saat ia pertama kali muncul. Musk berkata, nantinya, harga ini akan turun hingga USD100 ribu (Rp1,3 miliar).

Masalah utama dari proyek ini adalah total biaya untuk mengembangkan proyek ini. Menurut perkiraan Musk, biaya untuk proyek ini akan mencapai USD10 miliar (Rp129,5 triliun). Hal ini akan berarti, akan diperlukan kerja sama antara sektor swasta dengan pemerintah untuk merealisasikan proyek ini karena pendanaan untuk SpaceX sendiri sudah pasti tidak akan cukup.

"Seperti inilah Amerika Serikat didirikan," kata Musk, sekali lagi memfokuskan betapa besarnya proyek ini.

Mengingat besarnya uang yang diperlukan, saat ini, ITS tidak lebih dari sekadar konsep. Di akhir minggu lalu, SpaceX menguji salah satu mesin roket Raptor miliknya yang akan dapat membantu peluncuran roket dan pesawat penumpang ke luar angkasa. Selain itu, SpaceX juga telah membuat prototipe dari tangki bahan bakar untuk proyek ini.

Jika semua rencana Musk berjalan lancar, SpaceX akan melakukan uji coba penerbangan ITS dalam waktu 4 tahun ke depan -- setelah mereka sukses mengirimkan kapsul Dragon ke Mars di tahun 2018.

ITS akan memiliki tinggi 122 meter. Roket pendorongnya akan dilengkapi dengan 42 mesin Raptor sementara pesawat luar angkasanya akan dilengkapi dengan 9 mesin Raptor. Musk berkata, nama pesawat pertama akan disebut Heart of Gold, yang diambil dari The Hitchhiker's Guide to the Galaxy buatan Douglas Adams.

Meskipun SpaceX sudah mulai mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk merealisasikan proyek ini -- jika mereka berhasil mendapatkan uang yang cukup -- membuat visi Musk untuk menjadi nyata dapat membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun atau bahkan satu abad.

Pada awalnya, pesawat menuju Mars hanya akan diluncurkan setiap 26 bulan sekali. Namun, untuk membuat Mars menjadi koloni, ribuan pesawat direncanakan kan dikirimkan ke Planet Merah. Proses pembuatan koloni ini akan memerlukan sekitar 10 ribu penerbangan yang memakan waktu sekitar 40 - 100 tahun.

Musk mengakui, rencananya memang terdengar sangat ambisius. Namun, dia percaya, manusia tidak akan pernah mencapai Mars jika kita tidak berani bermimpi besar.

"Saya ingin membuat rencana ke Mars sebagai sesuatu yang mungkin terjadi, sesuatu yang bisa kita lakukan di generasi kita... dan siapapun dapat pergi jika mereka mau," kata Musk. "Tanpa seseorang dengan komitmen ideologis yang nyata, tampaknya kita tidak akan pernah menjadi masyarakat yang menjelajah luar angkasa."

Tidak tertutup kemungkinan, ITS akan dapat membawa manusia tidak hanya ke Mars, tapi juga ke tempat lain, seperti Europa, satelit Jupiter. "Sistem ini memberikan Anda kebebasan untuk pergi kemana saja di dalam tata surya," kata Musk.

Namun, sebagian ahli menganggap remeh dari misi ke Mars dari SpaceX ini. Mereka menganggap, bisnis sebenarnya adalah pengangkutan ke luar angkasa.

"Kecil kemungkinan Musk akan dapat membawa manusia ke Mars di tahun 2025," kata mantan Director of Space Policy Institute di George Washington University, John Logsdon pada AFP. "Yang paling penting adalah biaya. Anda memerlukan biaya puluhan miliar dollar dan SpaceX tidak memiliki uang sebanyak itu."

Namun, bagi Musk, rencananya untuk membawa manusia ke Mars adalah ambisi pribadi. "Saya tidak punya tujuan lain selain membuat perjalanan antar planet memungkinkan."


(MMI)

sumber



seperti biasa dari spacex, bakal terwujud nih roket, cuman waktunya mungkin lama.

Duitnya elon musk sendiri cukup buat bikin nih proyek, kalau kurang masih bisa minta duit dari google, larry page & sergey brin kan sobat kentalnya elon musk. Larry page sendiri pernah ngomong lebih suka ngasih duitnya ke elon, daripada ke charity.

dengan proyeksi harga $140 rb per ton, gak usah NASA, perusahaan Indonesia aja kalau mau bisa nyewa jasa spacex.
dan bakalan aneh kalau NASA dimasa depan gak nyewa jasa spacex ini.
yang paling bahagia mungkin perusahaan2 tambang, akhirnya mereka bakal bisa ngirim alat berat ke asteroid buat menambang bermacam logam mulia.

Presentasi di IAC 2016 di Mexico

youtube-thumbnail


Spoiler for Raptor:


Spoiler for Tanki karbon fiber:


Spoiler for Launchpad 39A - lokasi peluncuran Apollo XI:


Spoiler for ITS:


Spoiler for Mars:


Spoiler for Jupiter Red Spot:


Spoiler for Europa - satelit Jupiter:


Spoiler for Cincin Saturnus:


Spoiler for Enceladus - satelit Saturnus:


Ini roket lebih rendah resiko ledakannya, cuma 2 propelant, methana dan oksigen, gak perlu tanki helium yg kemarin bikin roketnya meledak.
Methana = biogas dari sapi kambing dst. emoticon-Smilie
Wah calon HT nih.. Disaat kita masi ribut2 pilgub, orang luar udah mikirin pergi ke mars. emoticon-Leh Uga
kebulan aja hoax, apa lagi ke mars... lg kurang budget nih nasa buat penelitian baik alien sebesar apa
apalagi sblom roketny jdi gada roket mumpuni dri paman sam ampe akhirny ngandelin roket russia
Quote:Menggunakan Interplanetary Transport System, Musk ingin dapat membawa 100 penumpang ke Mars dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar 80 hari.

wow... kecepatannya brapa tuh pesawat ?
bisa2 bikin Film baru tuh, klau dulu "80 Day Around the World" emoticon-Big Grin
Dan kita masih sibuk ngurusin agama yg gak jelas
bener2 out of the box bgt kaya interstellar

Exodus dari bumi makin nyata nih
Quote:Original Posted By r3van80

Ini roket lebih rendah resiko ledakannya, cuma 2 propelant, methana dan oksigen, gak perlu tanki helium yg kemarin bikin roketnya meledak.
Methana = biogas dari sapi kambing dst. emoticon-Smilie


YG DARI INDONESIA MANA JING? INDONESIA KAPAN BIKIN KOLONI DI MARS?
daripada bw orang mending pake robot buat eksplorasi mineral
tapi harga ekonomisnya lbh murah ga ya ketimbang mineral bumi, kan brt diongkos tranposrtasi
Quote:Original Posted By ibrahimsina3


sampah ngomong.


ini sub forum BERITA LUAR NEGRI

Udah bener kok ane lokasinya.

tapi anjing kan memang gak ada yang bisa baca. emoticon-Big Grin
Itu salah kutip kali wartawannya ngaco bener ke mars cuman makan waktu 80 hari, hohmann transfer dengan perhitungan orbit terdekat mars-bumi aja makan waktu paling cepet 6 bulan
ke mars setau gw 6 bulan.

mundur ya jadi 2025
tapi kata yang ono, bumi itu datar dan matahari bergerak mengelilingi bumi emoticon-Hammer2
Kalo bolak balik gtu roketnya kyknya gak efisien
Kyknya ada thruster terbaru pake ion deh, knp gak pake itu aja
One giant leap to the mankind..

===

Keren emang ini Elon Musk.. Cerdas..
Quote:Original Posted By Lasagna
Wah calon HT nih.. Disaat kita masi ribut2 pilgub, orang luar udah mikirin pergi ke mars. emoticon-Leh Uga


pergi ke Mars adalah keniscayaan karena bumi sudah terlalu penuh, jika masalah populasi dan sda ga teratasi bisa terjadi kelaparan, perang besar merebut sda..
ini memang khusus buat penelitiaan or cuma di buat komersial doang emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By JampoK
kebulan aja hoax, apa lagi ke mars... lg kurang budget nih nasa buat penelitian baik alien sebesar apa


Quote:Original Posted By ibrahimsina3


YG DARI INDONESIA MANA JING? INDONESIA KAPAN BIKIN KOLONI DI MARS?


Begini Strategi SpaceX Bawa Manusia ke Mars di Tahun 2025

btw....

TS, berita keren....... negara2 maju sdh siap mau mendartakan manusia ke mars pd 2025..... emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By bigbullshit




Begini Strategi SpaceX Bawa Manusia ke Mars di Tahun 2025

btw....

TS, berita keren....... negara2 maju sdh siap mau mendartakan manusia ke mars pd 2025..... emoticon-Smilie



ngapain ke mars? mau bawa pulang sebongkah batu lagi? shit.
sampah, perang dunia III ampir dekat, cuma Nasa aja yg ngomong ke mars ama antek2 nya.

situ aja yg ketinggalan, masih percaya NASA kebulan.

buat yg ngebata gw nih gw, nih gw kasih pencerahan biar ga bego.

Pro Apollo Nutters persistently state there are no scientists in the world who refute the Apollo Moon landings. That is complete and utter balderdash, (which is to be expected of PAN's), because there are more scientists who support the hoax theory, than those who refute it. To start off with here is a list of scientists who support the Moon landing as being genuine. Prof. Michael Brant Shermer, American. Prof. Steven I. Dutch, American. Prof. Brian Cox, British. Prof. Harald Lesch, German. A grand total of 4.
Now here is a list of scientists who support the Moon landing as a hoax. Prof. James M. McCanney, American. Prof. Luke Sargent, American. Prof. André Balogh, British. Prof. Colin Rourke, British. Prof. Krassimir Ivanov Ivandjiiski, Russian. Prof. Takahiko Soejima, Japanese. Prof. Li Zifeng, Chinese. Prof. Federico Martín Maglio, Argentinian. That makes a grand total of 9. So the Moon hoax supporters are way out in front on 69% with Moon landing supporters way behind on 31%.

kelanjutannya loe cari sendiri
emoticon-fuck