alexa-tracking

KPK Perlu Tahan Diri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ec29b312e2571d4f8b456a/kpk-perlu-tahan-diri
KPK Perlu Tahan Diri
KPK Perlu Tahan Diri

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadapi permohonan praperadilan dari Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam yang dijerat menjadi tersangka. KPK dinilai perlu menghormati langkah hukum itu dengan menunda pemeriksaan saksi hingga proses praperadilan selesai.


"Saya kira ada baiknya KPK menahan diri untuk melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan lainnya," ujar Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis dalam keterangannya, Rabu (28/9/2016).


Menurut dia, hal ini lantaran praperdilan ini menyangkut status tersangka yang dilekatkan KPK kepada Nur Alam. "Jadi cukup masuk akal, kan yang dipraperadilkan itu penetapan tersangka dan lain-lain," jelas dia.


Pemeriksaan saksi, kata dia, bisa sia-sia jika nantinya majelis hakim praperadilan memenangkan Nur Alam. "Kalau misalkan praperadilan itu dikabulkan, maka pemeriksaan yang sekarang itu tidak ada faedahnya," ujar Margarito.


Diketahui, KPK menetapkan Nur Alam sebagai tersangka pada Selasa 23 Agustus. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini diduga menyalahgunakan wewenang dalam menerbitkan sejumlah surat keputusan (SK) IUP.


Dokumen bermasalah itu, di antaranya, SK persetujuan pencadangan wilayah pertambangan eksplorasi; SK persetujuan IUP eksplorasi; dan SK persetujuan peningkatan IUP eksplorasi menjadi IUP operasi produksi buat PT Anugrah Harisma Barakah sejak 2009-2014. Perusahaan itu diketahui bergerak dalam penambangan nikel di Kabupaten Buton dan Bombana, Sulawesi Tenggara.


Nur Alam pun kena jerat hukum. Dia disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...rlu-tahan-diri

---

Kumpulan Berita Terkait KPK :

- KPK Perlu Tahan Diri 'Nyanyian' Nazaruddin soal e-KTP dan Gedung MK

- KPK Perlu Tahan Diri KPK Kumpulkan Data Kasus Suap MAXpower ke Pejabat Indonesia

- KPK Perlu Tahan Diri KPK Bekerjasama dengan NBCP Tiongkok

Sip lah. tinggal sewa pengacara, sogok pengadilan, batal jadi tersangka emoticon-Traveller