hurricane2Avatar border
TS
hurricane2
Kecewa dengan Leasing ACC (Astra Credit Companies)
Saya berkunjung ke GIIAS 2016 untuk mencari mobil di stand Toyota, ketika sedang bernegosiasi di meja dengan seorang sales Toyota bernama H dan menanyakan mengenai cicilan, H berinisiatif untuk memanggil A, seorang sales leasing ACC dari cabang Tangerang untuk bergabung di meja kami dan menjelaskan produk cicilan ACC.

A memberikan printout simulasi cicilan yang pertama (tanpa diskon dealer), setelah membacanya saya meminta waktu untuk berpikir-pikir dahulu. Kurang lebih setengah jam kemudian saya kembali ke stand Toyota dan mencari H dan A karena ada beberapa hal yang ingin dikonfirmasi lebih lanjut seperti diskon final, tipe asuransi dan lain lain. A mengajak YA dari Asuransi Astra Buana cabang Tangerang (BSD) untuk bergabung di meja dan menjelaskan lebih detil mengenai tipe asuransi yang didapatkan.

Setelah mendapatkan informasi yang diinginkan, saya meminta A untuk memberikan printout simulasi cicilan yang kedua dengan memasukkan diskon dealer dan A kembali memenuhi permintaan tersebut. A juga berkata kepada H bahwa nanti ketika akan memproses leasing diharap untuk membawa printout simulasi final tersebut ke cabang ACC terdekat, dipastikan mereka akan mengikuti hitungan cicilan tersebut. Karena sudah yakin dan setuju dengan penawaran simulasi leasing dari A, saya membayar uang muka untuk SPK kendaraan.

Setelah pameran GIIAS selesai saya memberikan data-data yang diperlukan untuk proses leasing ACC kepada H untuk diteruskan ke ACC Bintaro dengan alasan Bintaro merupakan cabang terdekat dari dealer. Beberapa hari kemudian saya ditelepon oleh S dari ACC Bintaro untuk diverifikasi dan diikuti kemudian dengan proses survey lapangan oleh ACC.

Tiba-tiba awal minggu kemarin H menginformasikan bahwa ACC Bintaro tidak dapat mengikuti perhitungan simulasi yang diberikan oleh A dengan alasan bahwa perhitungannya salah dan menawarkan perhitungan cicilan alternatif tetapi tanpa diskon dari dealer. Saya meminta H untuk berdiskusi dengan ACC Bintaro dan mencari solusi atas masalah tersebut.

Keesokan harinya, I dari ACC Bintaro menelepon saya, menjelaskan hal yang sama seperti yang sudah dijelaskan oleh H sebelumnya dan memberikan solusi yang sama juga yaitu cicilan tanpa diskon dealer, saya langsung menolak dan meminta ACC Bintaro memberikan surat resmi menjelaskan alasan kenapa perhitungan simulasi cicilan A salah tetapi mereka menolak untuk memberikannya.

Saya sudah menghubungi call center ACC di 1500599 beberapa kali dan berbicara dengan tiga orang berbeda; P, F dan D untuk mencoba menyelesaikan masalah ini. Simple saja, saya hanya meminta hak saya dipenuhi seperti yang sudah dijanjikan sesuai dengan simulasi dari A, tidak lebih dan tidak kurang.

Yang membuat saya terheran-heran bagaimana mungkin seorang sales dari perusahaan sebesar ACC memberikan perhitungan simulasi cicilan dua kali di pameran sebesar GIIAS dan ternyata perhitungannya diklaim salah secara sepihak di kemudian hari. Saya melihat sendiri A menghitung simulasi menggunakan komputer dengan program simulasi bukan secara manual. Saya sudah sering membeli mobil baik di pameran maupun diluar pameran, baik melalui tunai ataupun cicilan tapi tidak pernah sekalipun menemui masalah seperti ini.

Jika benar perhitungan simulasi cicilan dari A salah, Toyota Astra Motor harus berpikir ulang untuk bekerja sama dengan ACC dalam event-event pameran selanjutnya dan bagi para konsumen harus Extra Hati-Hati ketika berhubungan dengan ACC karena walaupun sudah mendapatkan printout simulasi perhitungan cicilan, ternyata ACC bisa dengan mudahnya menyatakan bahwa simulasinya salah secara sepihak dikemudian hari.

Tujuan dari tulisan ini adalah agar ACC dapat menjadi lebih jujur dan professional dalam melakukan bisnisnya dan para konsumen dapat terhindar dari pengalaman pahit dengan ACC.
Diubah oleh hurricane2 19-09-2016 23:51
0
18.2K
8
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan