redaksirm
TS
redaksirm
Pemerintah Akan Hadirkan Pelayanan Publik 24 Jam Sehari
Pemerintah berencana menghadirkan pelayanan publik kepada masyarakat Indonesia selama 24 jam tanpa henti.




Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur menjelaskan, Indonesia harus mencontoh Jepang dalam menghadirkan pelayanan kepada masyarakat.

Jepang, lanjut Asman, menekankan unsur keramahan dan kesiagaan dalam memberikan pelayanan publik.

"Di Jepang itu ada unsur hospitality untuk pelayanan publik. Indonesia harus mencontoh itu," ujar Asman ketika memberikan sambutan pada pembukaan E-Government Summit 2016 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Oleh karena itu, tambah Asman, pelayanan publik di Indonesia harus disiagakan selama 24 jam sehari untuk menghadirkan peran pemerintah dalam masyarakat.

"Pelayanan publik enggak boleh saat jam kerja saja. Kehadiran pelayanan publik harus 24 jam," kata Asman.

Asman menyatakan, cara pemerintah menghadirkan pelayanan publik ini dilakukan dengan teknologi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Ini bisa diterapkan dengan teknologi sistem elektronik. Kami akan mengawal program ini di seluruh jajaran pemerintahan," ucap Asman.

Selain itu, Asman juga menghimbau semua pemerintah daerah mengimplementasikan konsep kota pintar dalam wilayahnya. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah-daerah di Indonesia.

"Pemerintah daerah juga kita dorong ikut smart city. Sudah ada di beberapa daerah, tinggal contoh. Tidak akan sulit. Yang tidak menerapkan kita kasih sanksi untuk memotivasi, bukan memberi nilai negatif," kata Asman.

SUMBER : http://nasional.kompas.com/read/2016....24.jam.sehari

==================================================================================================

Menpan RB: Pelayanan Publik Harus 24 Jam



Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengakui pelayanan publik di Indonesia belum optimal. Ia meminta pelayanan publik kepada masyarakat bisa dilaksanakan 24 jam.

"Pelayanan publik tidak boleh hanya saat jam kerja. Kehadiran pelayanan publik harus 24 jam," tegas Asman dalam sambutannya pada pembukaan E-Government Summit 2016 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

BACA JUGAe-Government di Indonesia Masih LemahPolri Siapkan Layanan Emergency CallPolri Diharap Jadi Role Model Pelayanan Publik
Brandconnect
Bingung Pilih Cat Eksterior untuk Rumah? Intip 3 Tipsnya Politikus PAN itu juga mencontohkan bagaimana pelayanan publik di Jepang yang optimal. Ia menceritakan bagaimana pengalamannya melihat langsung pelayanan publik di Jepang dengan menyodorkan keramahan kepada masyarakatnya.

Apa yang dilakukan Jepang, lanjut Asman, patut dicontoh. Sebab, selama ini, pelayanan publik di Indonesia belum membuat masyarakat puas.

"Memang tidak bisa terhindarkan lagi, bahwa memang kehadiran pemerintah itu tidak boleh pada saat jam kerja," tutur dia.

Untuk mewujudkan pelayanan publik seperti itu, Asman berharap sistem pemerintahan berbasis elektronik bisa diterapkan sesegera mungkin. Hal ini menjadi elemen pendorong terciptanya pelayanan publik prima.

"Pelayanan publik yang bagus bisa terlaksana di Indonesia, dan saya yakin betul kalau ini sudah kita laksanakan, Indonesia akan cepat lebih maju," ucap dia.


SUMBER : http://news.metrotvnews.com/news/lKY...k-harus-24-jam


Sebagai rakyat pasti dukung kalau pelayanan pemerintah jadi 24 jam. Karena akan membantu rakyat kalau saat mendadak. Tapi semoga ini bukan jadi WACANA saja.
0
1.3K
11
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan